Media Sosial yang Paling Sering Aku Gunakan

November 24, 2018
Assalamualaikum Wr. Wb.

Bagiku sosmed adalah kayak permen nano nano. Kadang bisa jadi hiburan atau bisa menjadi tempat media me time walaupun hanya scroll-scroll olshop. Kadang juga bisa bikin baper sampe pengen buru-buru quit sosmed.

Semenjak mengenal smartphone aku langsung menginstal beberapa sosmed dan mulai aktif di dalamnya. Bisa juga merasa kecanduhan sampai berubah kayak zombie hanya karena keterusan mantengin layar hape. Pernah ngalamin kebodohan-kebodohan nyata karena mata fokus pada benda super pintar itu. 

Beberapa sosmed yang tetap aktif aku gunakan dari dulu sampai sekarang antara lain :

1. WhatsApp

WhatsApp seperti penggganti SMS. Aplikasi pesan yang terbilang simpel ini memang banyak dipakai oleh orang Indonesia. Tak hanya kaum muda, orang tua atau kakek-nenek sekalipun saat ini butuh dan bisa bermain WhatsApp. Paling tidak digunakan untuk sekadar memberi kabar kepada keluarga yang jauh ataupun teman. Tampilannya yang tak neko-neko serta emoji yang menjadi ciri khasnya membuat semua kalangan bisa memakai aplikasi ini dengan mudah. Dengan Aplikasi WhatsApp kita juga bisa mengirim pesan dalam bentuk gambar maupun file dokumen. 

Sumber gambar : www.altoastral.com.br/
Terpenting lagi adalah adanya fitur group dengan kapasistas member yang lumayan banyak hingga 200 lebih. Fitur ini sangat memudahkan kita untuk membuat berbagai perkumpulan, misalnya grup keluarga, grup wali murid, grup rekan kerja sampai dengan komunitas parenting, blogger dan lain sebagainya.


2. Facebook

Facebook adalah medsos paling melegendaris di kalangan netijen hehehe. Pengguna bisa mengunggah foto pribadi dan mengenal banyak orang baru lewat situs ini. Situs buatan Mark Zuckerberg ini telah banyak mempertemukan orang-oarang dengan teman lamanya. 

Sumber gambar : https://smeaker.com/
Sama seperti WhatsApp di Facebook kita juga dapat membentuk sebuah grup yang terdiri dari orang-orang yang memiliki kepentingan yang sama untuk memudahkan berbagi informasi, namun kapasitasnya lebis besar lagi karena memang Facebook adalah sjejaring sosial terbesar di dunia.


Banyak sekali manfaat yang aku ambil dari medsos fenomenal ini. Informasi sekecil apapun bisa aku temukan di dalamnya, sungguh sangat mempermudahku dalam mencari berbagai informasi sekaligus sharing pengalaman dan permasalahan terutama urusan parenting dan education

Sebagai pengguna Facebookpun kita sebaiknya bisa bijak mempergunakannya, jangan sampai menjadikannya media untuk mnyebar isu-isu palsu (Hoax) atau menyebar kebencian dan permusuhan. 

Sejauh ini, aku menggunakan Facebook sebagai media sharing artikel blogpostku untuk menarik viewer. Sebagai publish hasil review sebuah produk agar dapat diambil manfaatnya oleh pengguna lainnya. Mencari kabar teman-teman lama yang sekarang sudah berjauhan domisili agar tetap dapat menjalin silaturahmi. Menjadi ladang bisnis untuk jual beli dagangan yang pernah aku tekuni beberapa tahun yang lalu dan segudang manfaat lainnya.

3. Instagram

Aku paling suka dengan media sosial Instagram karena bagiku foto adalah sebuah karya estetika yang dapat menyegarkan mata. Pada dasarnya, media sosial ini merupakan aplikasi yang memang sangat dikhususkan untuk para penikmat dan praktisi fotografi. Jadi, dari fungsi tersebutlah bisa diperoleh sejumlah manfaat yang bisa menciptakan hasil-hasil optimal.

Sumber gambar : https://d3ukzap5f2wa8d.cloudfront.net
Sayangnya banyak pengguna media sosial mempergubakan sebagai alat narsis, hampir setiap orang, baik sadar maupun tak sadar berulang kali mempraktikkannya. 

Instagram merupakan alat promosi yang sangat ampuh. Kecenderungan para pengguna internet ialah lebih tertarik pada bahasa visual. Nah, dibandingkan dengan media sosial lainnya, Instagram lebih memaksimalkan fiturnya untuk komunikasi melalui gambar atau foto. Ketika bahasa visual mendominasi dunia internet, dari situlah para pelaku bisnis bisa memanfaatkan peluang yang terhampar di depan mata. Well, kuakui akupun tergila-gila dalam keindahan foto-foto produk para olshoper, seperti produk-produk pakaian dan aksesoris wanita juga bayi dan anak-anak.

4. Twitter

Aplikasi yang sudah cukup lama merambah dunia media sosial ini juga banyak diminati masyarakat. Jujur walapun masih terpasang di smartphoneku, aplikasi ini sudah jarang aku akses karena entah aku yang belum menguasainya atau memang aku mulai bosan. Aku tipe pengguna yang banyak nulis, banyak gambleh istilahnya hohoho jadi kurang enjoy dengan ruang yang diberikan si Twitter karena hanya dibatasi dengan beberapa karakter saja, butuh berkali-kali ngetwit kalau mau banyak sharing.

Sumber gambar : https://icdn2.digitaltrends.com
Selama ini aku masih setia menggunakannya sebagai media buzzer, influencer atau sharing url blog.

Nah, itulah empat sosmed yang paling sering aku gunakan dan tentunya menjadi favorit banget bagiku. Bagaimana dengan kalian?

Waalaikumsalam Wr. Wb.
 

No comments:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.