Wednesday, 31 August 2016

Melangkah Menuju Masa Depan Cerah Bersama Reksadana

August 31, 2016 11
Assalamualaikum Wr. Wb.


Beberapa waktu yang lalu aku bertemu dengan salah satu saudara yang sudah bertahun-tahun tidak pernah bertemu. Dalam pertemuan singkat yang tidak disengaja itu kami banyak mengobrol tentang kabar keluarga masing-masing. Namanya Mas Wido *nama samaran adalah saudara dari Alm. Bapak. Mas Wido mempunyai dua anak yang kebetulan masih menjadi tanggungan keluarga. Anak pertama masih coas di salah satu RSUD di Solo sementara anak kedua masih SMP dan aku baru tahu ternyata beliau sudah mulai memasuki masa pensiun.



"Bagaimana kabar Cika dan dek Kiko mas?" begitu awal perbincanganku dengannya, aku iseng-iseng menanyakan kabar anak-anaknya setelah tahu kalau beliau sudah mulai masuk masa pensiun.

Tuesday, 30 August 2016

Mencegah dan Menangani Diare pada Anak

August 30, 2016 6
Assalamualaikum Wr. Wb.

Usia 0 - 2 tahun adalah masa-masa dimana anak sangat rentan terkena penyakit diare. Anak dikatakan diare apabila mengalami rangsangan buang air besar yang terus menerus (lebih dari 5 X dalam sehari) dengan tekstur fases yang cair atau banyak mengadung air. Diare biasanya diikuti dengan muntah dan  apabila tidak ditangani dengan baik diare akan berakibat pada dehidrasi akut yang akan membawa kepada kematian. Diare disebabkan karena adanya infeksi didalam salran pencernaan yang umumnya di bawa oleh oleh infeksi gastrointertinal (GI) yang disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Gastrointertinal pada umumnya termasuk infeksi bakteri antara lain infeksi yang disebabkan oleh E.coli dan beberapa virus diare seperti rotavirus yang menyebabkan diare pada bayi. Semua infeksi ini sangat menular. Infeksi diare dapat menyebar melalui tangan yang kotor, makanan atau air yang terkontaminasi dan kontak langsung dengan feses.


Berikut beberapa gelaja diare yang dapat kita amati secara langsung :
  • Dehidrasi
  • Hilangnya nafsu makan
  • Muntah
  • Demam
  • Mual
  • Turunnya berat badan
  • Pergerakan usus yang berair dan terus-menerus
  • Keram perut

Monday, 29 August 2016

Kopdar Mini Exclusive Pumping Mama Indonesia (EPING) SOLO

August 29, 2016 2
Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo Emak-emak Pejuang ASI, Ayah ASI, Sahabat ASI dan semua saja yang mendukung program pemberian ASI Eksklusif kepada buah hati :)

Sebelumnya aku akan sedikit cerita mengenai salah satu Group Facebook yang begitu gencar memperjuangkan ASI beberapa tahun belakangan ini dengan tujuan mewujudkan penerus bangsa yang sehat dan cerdas. Diera digital seperti sekarang ini tidaklah sulit untuk kita belajar dan berdiskusi bersama tentang berbagai pengetahuan. Apalagi munculnya puluhan sosial media yang dapat kita jadikan sebagai media untuk saling berkomunikasi tidak lagi membatasi gerak kita. Dimanapun keberadaan kita, kita akan tetap dengan mudah saling berkomunikasi dengan lancar. Aku join group ini seminggu setelah anak pertamaku lahir dan dari situ aku banyak belajar bagaimana memberikan ASI yang benar dan menyenangkan. Member group ini adalah seluruh malaikat-malaikat yang sadar untuk terus edukASI dan mengASIhi, tidak hanya terbuka bagi ibu-ibu yang sedang menyusui tapi terbuka bagi siapa saja yang mau belajar dan sharing ilmu parenting. Mereka adalah calon ibu, telah menjadi ibu, ayah, tenaga medis dan mungkin juga dari jajaran pemerintah (buktinya Bapak Ganjar Pranowo juga turut mengisi acara Kopdar yang didalangi oleh member EPING regional Semarang). Keren kan?

Tuesday, 23 August 2016

[REVIEW] Sunsilk Hijab Recharge Solusi Rambut Berketombeku

August 23, 2016 2
Assalamualaikum Wr. Wb.

Hallo ^_^
Adakah disini yang punya masalah rambut ? Jujur aja nih aku sudah hampir putus asa ngurusin rambut yang kian hari kian makin rusak. Semenjak habis melahirkan aku mengalami beberapa masalah rambut, gak tau juga itu bawaan ibu menyusui atau memang kulit kepalaku yang sudah gak sehat. Mulai dari masalah rambut rontok, lepek sampai rambut berketombe yang tentu saja sangat menggangu. Dalam keseharian aku memakai hijab dan tentunya rambut akan selalu tertutup, maka dari itu perlu perawatan khusus agar kesegaran dan kesehatan rambut tetap terjaga.



Aku sudah mencoba-coba beberapa shampo tapi hasilnya sama saja, ketombeku masih aja muncul. Beberapa hari terakhir ini aku mencoba salah satu shampo dari Sunsilk yang direkomendasikan untuk wanita berhijab. Ada beberapa varian dalam keluaran terbaru ini, salah satunya adalah Sunsilk Anti Dandurff. Sunsilk Anti Dandurff formulanya dilengkapi dengan Citrus dan Zinc Pyrithione, bekerja dengan lembut di kulit kepala agar rambut halus tanpa ketombe.

Thursday, 18 August 2016

HUT RI 71 : Deg-degan Saat Pasukan Paskibraka Mengibarkan Bendera

August 18, 2016 0
Assalamualaikum Wr. Wb.


Banyak cerita haru yang menjadi pemberitaan media tentang Pasukan Paskibraka yang bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih 17 Agustus kemaren. Berita tentang Gloria Natapraja Hamel yang nyaris gagal ikut menjadi pasukan paskibraka karena kasus kegandaan warga negara atau kasus Silvi Olivia yang kakinya harus diamputasi dan gagal mengibarkan bendera merah putih, dia salah satu korban tabrak truk dari SMP N 1 Mojawarno saat latihan paskibraka dijalan.

Senengnya Bisa Kenalan Dengan Mbak Mei Wulandari

August 18, 2016 2
Assalamualaikum Wr. Wb.

Ini pertama kalinya aku membuat review tentang blog teman semoga Mbak Mei berkenan ya :). Beberapa waktu yang lalu aku sempat membuat kesepakatan sama Mbak Mei untuk saling review blog. Aku yakin deh pasti semua udah pada kenal, siapa coba yang belum kenal sama blogger yang prestasinya segudang ini. Biar makin sayang yuk kenali lebih dekat lagi, Mbak Mei Wulandari adalah blogger kece asli Wonogiri yang sekarang tinggal di Ibu Kota. Aku pertama kali kenal di dunia blogger saat dia membuat postingan tentang tempat favoritnya di Solo. Ternyata kita sama-sama punya kenangan di Solo, kota kecil yang ngangenin katanya. Kita sama-sama lulusan FKIP UNS meskipun dulu saat masih kuliah kita gak pernah kenal. Asal tempat tinggal kita juga tetanggaan, Mbak Mei dari Wonogiri sementara aku dari Pacitan.

Monday, 15 August 2016

Tips Wefie To Create Our Nice Familly Portrait

August 15, 2016 6
Assalamualaikum Wr. Wb.

Kira-kira apa sih yang membuat selfie dan wefie menjadi sangat ngetren beberapa tahun terakhir ini? Mungkinkah karena perubahan gaya hidup yang semakin maju ? Ada yang bilang karena ingin selalu "mengabadikan" moment dalam kehidupan yang mungkin tidak akan terulang lagi. Ada yang bilang karena dipengaruhi kemajuan teknologi, kenapa begitu? menurutku sih begini, sekarang kan kamera atau ponsel dengan vitur kamera bukanlah barang yang mahal sehingga hampir semua orang bisa memilikinya terus rasanya pasti kurang afdol kalau gallery ponsel tidak terisi dengan hasil jepretan atau sekedar hasil selfie kita.

Selain itu sekarang juga marak sekali kontes-kontes selfie dengan hadiah yang sangat menggiurkan dan pastinya itu akan mendorong orang-orang terus berselfie untuk merebutkan hadiah-hadiah itu.  Bagi potografer profesional pasti sudah hafal dengan trik-trik untuk mendapatkan gambar yang bagus secara keseluruhan. Sedangkan untuk yang masih amatiran terkadang mengambil gambar secara selfie terkadang hanya asal yang penting muka kita masuk frame, apalagi kalau selfie dilakukan rame-rame atau yang sering disebut wefie pasti kadang komposisinya kurang indah dan terkesan berjubel memaksakan untuk masuk frame seluruhnya.

Friday, 12 August 2016

ASI Adalah Penawar Sakitku

August 12, 2016 10
Tulisan ini adalah curhatan seorang ibu yang dikit-dikit baper dan kepengen tulisan ini diikutkan dalam Giveaway “ASI dan Segala Cerita Tentangnya” dalam rangka menyambut  


Assalamualaikum Wr. Wb.

Tidak terasa hari ini adalah hari ke 20 bulan untuk Rafa, dia yang dulu lahir sebagai bayi kecil seberat 3100 gr dengan panjang 48 cm kini sudah bisa berlarian kesana kemari, suka nunjuk-nunjuk kalau lagi lihat cicak merayap didinding dan suka ngajak liat "Pus" (red: Kucing) dipagi hari. 

Rafa lahir tanggal 12 bulan Desember tahun 2014 lalu artinya selama 20 bulan aku sudah menjadi seorang ibu, merawatnya, mendidiknya dan selalu berusaha memberikannya yang terbaik termasuk dalam pemberian ASI yang merupakan hak bagi seluruh anak. Selama 20 bulan ini bukanlah hal yang mudah untuk kami lalui, apalagi Rafa adalah anak pertama.