Pengalaman Umroh Bareng UTM (Umroh Tiket Murah)

June 19, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Pengalaman Umroh Bareng UTM (Umroh Tiket Murah).Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Alam Nasyroh: 6). Allah selalu menjanjikan bahwa disetiap kesulitan ataupun musibah yang diberikan kepada umat-Nya maka setelahnya Allah akan memberikan kemudahan. Dengan meyakini ayat Allah itulah aku bangkit dari keterpurukan saat harus kehilangan calon janinku, aku percaya Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik. Sepeninggal janinku dan setelah darah istihadlahku bersih akhirnya aku berangkat ke tanah suci bersama dengan suami bareng rombongan dari UTM. Sesuatu yang terjadi tidaklah mungkin tanpa campur tangan Allah.


Okey, pada tulisan kali ini aku akan fokus sharing tentang pengalamanku umroh bareng UTM (Umroh Tiket Murah) dan tidak akan melo-melo lagi. Sebenarnya aku hampir tidak akan menulis pengalaman ini karena takut riya' tapi karena banyak sekali teman-teman yang bertanya dan memintaku cerita tentang perjalanan ini, yah mau tidak mau akhirnya lebih baik aku tulis aja mengingat aku paling gak bisa ngomong di depan mereka langsung, takut ada informasi yang kelewat. 

Sebenarnya yang paling ngebet banget pengen berangkat umroh adalah suami. Kalau aku sih misal ada kesempatan cepat ya Alhamdulillah tapi kalau belum ya santai aja sih tapi ternyata panggilan ke tanah suci hadir begitu cepat kepadaku. Memang nikmat Allah itu datang dari arah yang tak disangka-sangka. 

Pengalaman Umroh Bareng UTM (Umroh Tiket Murah)
Aku selalu mendukung niat baik suami, bahkan dari awal melihat gelagatnya yang menunjukkan keinginan untuk berangkat umroh aku selalu mendukung dan menyetujuinya. Aku juga sudah berusaha mengalokasikan dana jauh-jauh hari. Namun segala urusan aku pasrahkan padanya, mulai dari persiapan  dan termasuk mencari biro travel, tapi ternyata sampai memasuki tahun 2017 ini dia belum juga menemukan biro travel yang sesuai. Entah dia benar-benar mencari atau tidak. Hingga pada awal bulan Februari aku melihat info bahwa UTM membuka kloter umroh pada 8 - 16 Mei 2017. Langsung saja aku share info tersebut kepada suami. Setelah kami mempelajarinya beberapa saat, tak perlu lagi berpikir panjang untuk issued tiket kemudian segera mendaftar sebelum kuota penuh.

Baca : Tips Meninggalkan Anak Haji dan Umroh

Well, mungkin perlu dibahas apa itu UTM. Bagi teman-teman yang belum tahu yuks baca terus tulisan ini sampai selesai ya :)

Apa itu UTM ?

Umroh Tiket Murah Kloter 8 - 16 Mei 2017
UTM atau kepanjangan dari Umroh Tiket Murah adalah sebuah komunitas dengan menggunakan fasilitas group di Facebook sebagai media diskusi dan sharing informasi. Poin penting dari komunitas ini adalah Tiket Murah. Admin sengaja mencari promo tiket murah yang berangkat ke Arab Saudi kemudian akan menginformasikan jadwalnya di grup, dengan begitu calon jamaah dapat segera memesan tiket sesuai dengan arahan admin. 

UTM adalah komunitas non-profit sehingga calon jamaah dibebaskan untuk issued tiket sendiri tetapi bagi yang tidak bisa admin akan tetap menawarkan bantuan.  UTM bukanlah biro travel yang membiarkan jamaahnya cukup duduk manis tanpa ikut gotong royong mengurus segala administrasi dan keperluan umroh. Tidak ada kata 'pasrah borongan' di UTM hehehe. 

Founder dari grup ini adalah Om  Ikhsan Wahyudi dan dibantu dengan 3 admin lainnya yaitu Uda Zulhendri Bungsu, Uda Muhammad Rio Nugraha dan teh Evie Retnowati. Sampai saat ini anggota UTM telah tembus 40K.

Bagi teman-teman yang ingin bergabung dengan komunitas ini sangat mudah sekali dan selalu terbuka bagi siapa saja tanpa syarat apapun, yang jelas cukup memiliki akun Facebook. Caranya, pertama silahkan search di Facebook dengan keyword "Umroh Tiket Murah" atau bisa langsung akses link ini -->Gabung UTM

Kalau sudah join dan diapprove admin, tugas member selanjutnya adalah silahkan membaca dan mempelajari seluruh informasi di grup termasuk membaca testimoni yang dikirimkan member yang telah berangkat ke tanah suci bareng UTM agar teman-teman semakin mantap. Selalu update informasi di grup ya karena sewaktu-waktu admin akan membuka kloter tanpa broadcast pesan ke masing-masing member. Jadi member dituntut untuk aktif. Bagi calon jamaah yang sudah memegang tiket silahkan inbox admin agar di invite ke grup Whatsapp karena informasi dan arahan admin selanjutnya akan difokuskan perkloter.

Langkah-langkah Mendaftar Umroh Bareng UTM

1. Issued Tiket

Tiket pesawat adalah bagian terpenting dalam perjalanan umroh. Melalui tiket promo juga dapat menekan biaya perjalanan  yang akan kita keluarkan. Jadi jika teman-teman yang sudah berniat untuk umroh bareng UTM maka segeralah issued tiket saat admin  membuka kloter dan menginformasikan maskapai beserta jadwal keberangkatan. 

Bandara Internasional  Adisutjipto
Berikut contoh tiket yang telah aku issued pada perjalanan umrohku bulan Mei yang lalu dengan menggunakan maskapai Air Asia PP Jogjakarta - Jeddah seharga Rp 7.140.000,00 dan dipotong Rp 500.000,00 dengan memasukkan kode voucher di Pergi.com. Harga tiket yang aku bayar adalah Rp 6.640.000,00. Sedikit tips ya jika teman-teman berangkat bareng keluarga jangan issued tiket dengan satu kode booking karena kode voucher hanya dapat digunakan pada setiap transaksi bukan pada masing-masing penumpang.

2. Gabung di Grup Whatsapp

Langkah selanjutnya yang aku lakukan setelah tiket di tangan adalah meminta admin untuk menginvite ke grup di Whatsapp sesuai dengan kloter keberangkatan. Contohnya saya adalah kloter 8-16 Mei 2017.

3. Mempersiapkan Dokumen 

Dokumen kelengkapan Visa dan Asosiasi (sumber : Dok. Uda Muhammad Rio Nugraha)
Berikut list dokumen yang harus dipersiapkan untuk pembuatan visa dan asosiasi :

  • Pas Foto background putih dengan kenampakan muka 80%:
    3 x 4 - 3 lembar (tulis nama lengkap di baliknya)
    4 x 6 - 3 lembar (tulis nama lengkap di baliknya) 
  • Kartu suntik meningitis
  • Paspor asli dengan 2 suku nama
  • Buku nikah asli untuk istri (buat yang pergi bareng suami) 
  • Akte kelahiran yang udah dilaminating.  Wajib bagi : a) Pria umur 17 tahun dan 17 tahun kebawah (Termasuk anak2) dan b) Wanita 45 tahun dan di bawah 45 tahun
  • Tiket keberangkatan-kepulangan asli. Termasuk tiket dari daerah asal keberangkatan. ( Silahkan print tiket yang udah kamu booking sebelumnya) 
  • Anak-anak harus melampirkan KK asli 
4. Membayar LA (Land Arragements), Visa, Asosiasi dan Aksesoris

Membayar LA (Land Arragements), Visa, Asosiasi dan Aksesoris di Bank Mandiri

LA adalah biaya yang meliputi seluruh biaya selama kita Umroh meliputi Hotel, Makan, City tour dan lain-lain. Nominal yang dibayarkan masing-masing jamaah berbeda namun yang membedakan hanya dikamar karena jumlah jamaah dalam kamar pun berbeda – beda, dan disini yang menentukan kompenan biaya LA juga. Berikut tipe kamar yang dapat dipilih oleh masing-masing jamaah :

  • Kamar tipe Quad (Isi 4orang) : USD 385/jamaah
  • Kamar tipe Tripple (Isi 3orang) : USD 440/jamaah
  • Kamar double (Isi 2 Orang) : USD 490/jamaah
Sedangkan biaya pengurusan Visa akan dikenakan biaya 75USD + Asosiasi 15USD sehingga total untuk kita mendapatkan Izin Umroh adalah 90USD. Aksesoris umroh meliputi koper, buku panduan, seragam batik, kartu identitas, tas slempang dan lain-lain juga mesti dibayarkan seharga Rp 700.000,00.

Biaya LA, Visa dan Asosiasi dibayarkan dalam mata uang Dollar ke rekening admin UTM sementara biaya aksesoris dapat dibayarkan dalam Rupiah.

Total Biaya dalam Perjalanan Umroh Bareng UTM

Total biaya ini juga berbeda-beda tiap jamaah tergantung harga tiket yang didapatkan dan kamar yang dipilih selama di tanah suci. Aku dan suami aja harga tiketnya selisih kurang lebih Rp 400.000,00 padahal hanya selisih menitan dalam issued tiket. Berikut ini rincian biaya yang aku keluarkan dari berangkat sampai kembali lagi ke Solo :

  1. Tiket PP Jogjakarta - Jeddah Rp 6.640.000,00
  2. Beli Bagasi Pergi 20 kg dan Pulang 30 Kg, dan makan selama perjalanan PP KUL - JED Rp 1.896.000,00
  3. Vaksin Meningitis Rp Rp 305.000,00
  4. Biaya LA kamar quad USD 385/ Rp 5.120.500,00
  5. Biaya visa umroh dan asosiasi Rp 1.197.000,00
  6. Biaya koper dan aksesoris dan kirim Jakarta-Solo Rp 920.000,00
Total : Rp  16.078.500,00

Fasilitas dan Pelayanan yang Didapatkan Selama di Tanah Suci

1. Hotel

Alhamdulillah UTM memfasilitasi jamaahnya dengan memakai Hotel yang jaraknya sangat dekat menuju Masjidil Haram. Setiap kloter mungkin berbeda-beda hotel yang dipakai tapi rata-rata fasilitas dan kenyamanannya hampir sama. 

Hotel Al Majeedi Madinah
Selama di Madinah aku menginap di Hotel Al Majeedi. Sangat dekat dengan Gate 16 dan 17 Masjid Nabawi. Di hotel ini ada fasilitas pantri lengkap dengan kulkas 2 pintu, microwave dan mesin cuci.

Hotel Rawabi Zam Zam Mekkah
Sementara saat di Mekkah menginap di Hotel Rawabi Zam Zam. Lokasi Rawabi Zam Zam berada dibelakang Hotel Meridien, untuk menuju ke halaman Masjidil Haram sangat dekat dari Hotel juga Zam Zam tower terlihat jelas yang menandakan lokasi hotel dekat. Minusnya jalannya agak naik, tapi jangan khawatir bagi kita semua disediakan semacam mobil golf untuk sampe ke samping hotel Meridien tapi kalo jam rame diutamakan untuk Ibu-ibu dan Bapak-bapak lanjut usia.

2. Catering

Walaupun judulnya Umroh Tiket Murah tapi tak perlu khawatir bakalan kelaparan dan keleleran selama di tanah suci. Setiba di Bandara King Abdul Aziz jamaah akan langsung dijemput menuju Madinah dan selama diperjalanan akan diberikan nasi box dengan menu ayam bakar yang sangat cocok dilidah jawa. 
Nasi Box saat tiba di Bandara Jeddah
Selama di hotelpun jamaah akan dijamu dengan 3 kali makan sehari. Tentunya dengan menu Indonesia yang lengkap dengan nasi, sayur (lebih dari satu), lauk, sambal dan kerupuk. Minuman juga disediakan dalam suhu dingin dan panas. Jamaah bisa memilih sendiri minumannya, pilih teh, jus, atau susu. Setiap waktu makan, menu yang disajikan juga berganti-ganti sehingga tidak akan ada kata bosan.

3. Transportasi Selama di Tanah Suci

Teman-teman tidak perlu takut jika harus mengeluarkan biaya lagi selama perjalanan lokal di tanah suci karena UTM telah menyediakan bus dengan fasilitas yang nyaman untuk mengantar jamaah dari Jeddah, Madinah, Mekah dan City Tour. Bus dengan fasilitas AC dan TV.

Bus super nyaman selama di tanah suci
4. Mutawwif / Pembimbing

Mutawwif (Pak Khafi) memberikan arahan kepada jamaah UTM sebelum Ziarah di Nabawi
Biaya LA juga sudah termasuk biaya Ustadz / Mutawwif mulai dari kita tiba hingga akan kembali ke tanah air, beliau akan membimbing kita mulai dari membaca doa masuk tanah haram, selama tawaf, sai, tahalul hingga kita city tour

Ustazah memberikan pengarahan sebelum jamaah melakukan Ziarah
Pengalaman saat di Tanah Suci awal Mei lalu kami dipandu oleh Mutawwif asal Indonesia yang sudah lama tinggal di Arab Saudi bernama Pak Khafi. Beliau sangat ramah, komunikatif dan yang jelas sangat pandai dalam menyampaikan materi tentang sejarah-sejarah Islam di sana.

5. City Tour

Selama di tanah suci jamaah akan mendapatkan City tour di Mekkah dan Madinah menggunakan bus yang telah disediakan.  Saat di  Mekkah jamaah akan diberi kesempatan untuk mengambil miqot lagi bagi yang akan melaksanakan umroh kedua. Selama kegiatan city tour  akan dibekali dengan air mineral dan snack untuk cemilan dalam perjalanan.

Depan Masjid Quba

Masjid Nabawi

Berikut ini kegiatan city tour yang aku dapatkan pada perjalanan umroh lalu :

  1. Ziarah dalam Masjid Nabawi  yaitu ziarah Baqi, ziarah Makam Rasul SAW, Abu Bakar RA, Umar RA, Raudhah. Bagi jamaah wanita juga akan dipandu oleh Uztazah. Bahkan selama masuk dan beribadah di Roudhah kami dibimbing dan dijaga agar tetap selamat dari desak-desakan jamaah lain.
  2. City Tour ke Musium Al-Quran serta Musium Asmaul Husna
  3. City Tour  ke Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain dan  Masjid Khandak
  4. Miqot di Masjid Bir Ali
  5. Pelaksanaan umroh
  6. Ziarah dalam Masjidil Haram ke Rumah Kelahiran Rasul
  7. City Tour di Mekah   yaitu ke Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Muzdalifah, Mina, Jabal Nur.
  8. Mengambil Miqot di Ji'rannah untuk Umrah ke - 2 
  9. Kuliner di Al-baik Chicken

Jabal Uhud

Jabal Rahmah
6. Lain-lain

Selain 5 fasilitas yang telah aku sebutkan diatas jamaah UTM juga diberikan kemudahan dalam pengurusan barang bawaan di bagasi. Saat  tiba di Bandara King Abdul Aziz kita cukup  memeriksa apakah koper kita sudah tiba atau belum di Terminal Umroh dan bukan nyasar ke Terminal Internasional. Jamaah tidak perlu mengangkat-angkat sendiri kopernya karena sudah ada yang mengurusnya. Koper nantinya akan tiba langsung dilantai hotel tempat jamaah menginap.  Sementara saat akan check out hotel, jamaah cukup menyiapkan kopernya didepan pintu kamar.

Handling bagasi di Bandara Jeddah
Selain handling bagasi, fasilitas lain yang didapatkan adalah Air Zam-zam sebanyak 5 liter bagi masing-masing jamaah yang membayar biaya bagasi.

Baca : Terhindar Dari Ayang-Ayangan Saat Ibadah Umroh Berkat Prive Uri-cran

Alhamdulillah akhirnya aku selesai juga menuliskan pengalaman umroh bareng UTM (Umroh Tiket Murah) kloter 8 -16 Mei 2017. Semoga seluruh doa-doa dijabah Allah. Amiin.... Tentunya tulisan ini semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua yang berniat menjalankan ibadah umroh. Semoga semunya dimudahkan Allah. 

Wassalamualaikum Wr. Wb

Sumber referensi : 
1. https://rionugraha.wordpress.com
Sumber gambar : 
1. https://id.hotels.com
2. http://photo.kontan.co.id
"Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-Insyirah:5-8).

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/05/rahasia-dibalik-setiap-musibah-pasti.html
Terima kasih sudah berkunjung.
"Karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-Insyirah:5-8).

Disalin dari : http://www.bacaanmadani.com/2016/05/rahasia-dibalik-setiap-musibah-pasti.html
Terima kasih sudah berkunjung.

12 comments:

  1. Alhamdulillah ikut seneng baca-bacanya :)...jadi pengen ke sana cepet-cepet...walaupun belum ada dana tapi niat nya setinggi gedung 2 lantai :)...mba mau tanya-tanya boleh khan...saya belum punya paspor dan visa..kalo dalam pemesanan tiket khan harus menyertakan no passport dan visa...berati untuk langkah awal saya bikin passpor dan visa dulu ya baru bisa ikutan isuued ticket..ato kita isued tiket dulu baru bikin paspor n visa?maaf soalnya belum pernah bepergian ke luar negeri...menurut pengalamna mba gimana?kalo di UTM apakah ada yg bisa membantu mengurusinya?mohon masukannya ya mba..makasih banyak :)
    titta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung issued tiket dulu baru bikin pasport mbak. Kalau misal mau umroh bareng UTM jika ada masalah dan butuh bantuan, admn akan siap membantu

      Delete
  2. Izin share mbak.... Semoga banyak yang bisa umroh dg fasilitas mewah dan harga murah ini

    ReplyDelete
  3. AKu gak iri kalau ada yang jalan ke jepang, ke Korea dll, tapi iri kalau ada yang bisa ke tanah suci. Moga kelak bisa ke sana juga sepertimu aamiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin mbak semoga dimudahkan Allah :)

      Delete
  4. Aslmkm mba.
    Makasih tulisanny jd byk dpt info nih.
    Insyaallah aq ikut utm kloter jan 2018.
    Mba aq ada bbrp pertanyaan.
    1. Utk perlengkapan 700rb isi lengkap ny apa aja ya?
    2. Kain ihram utk suami dpt ga mba? Dpt brp lembar mba?
    3. Waktu tahalul apa disediakan alat cukur laki2 dan gunting utk wanita?
    4. City tour itu termasuk di LA ato qt ngeluarin biaya lg bwt sewa bis?
    Haduuuh maap ya mba byk tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wassalamualaikum
      Alhamdulillah ya mbak semoga ibadahnya tahun depan diberikan kelancaran
      1. Isinya tas jinjing, tas samping, slayer, kain batik dan buku panduan umroh
      2. Kain ihram beli sendiri mbak
      3. Biaya LA sudah termasuk biaya city tour
      Semoga bisa membatu :)

      Delete
    2. mba makasih infonya...
      aamiin makasih doanya mba..
      mba lupa yg no 3 ny ttg tahalul alat cukur laki2 disediakan ato tidak ya?

      Delete
    3. Sama2 mbak😃
      Gunting bawa sendiri mbak, klo aku dulu lupa bawa jadi pinjam sama temen rombongan yg bawa heheh

      Delete
  5. alhamdullillah kami jg ikut UTM awal shafar 2017 23- 30 oktober 2017 dengan rombongan 187 jamaah

    vidio :
    https://www.youtube.com/watch?v=zD3wnachhW0&feature=youtu.be

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, videonya keren mbak. Bareng uda Rio ya?

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.