14 Ciri Ambivert yang Ada dalam Diriku

November 25, 2018
Assalamualaikum Wr. Wb.

"Siapa kamu ?"

"Namaku adalah Mrs. Y dan tinggal di Kota S. Aku adalah seorang wanita, dengan usia yang tidak muda tapi belum juga tua (hohohoho). Seorang istri dan seorang ibu dari 2 anak laki-laki super gemesin bin ngeselin (yang udah bikin hidupku kayak rolling coaster). Seorang Ibu Rumah Tangga sekaligus seorang buruh negara".  

Well, aku yakin semua orang pasti akan menjawab hal yang serupa denganku saat ditanya siapa dirinya. Dengan begitu bisakan diasumsikan bahwa kita telah mengenali diri kita secara utuh? 


Menulis tentang fakta soal diri sendiri ini ternyata menjadi tantangan lumayan berat bagiku. Ah, aku bingung aku ini sebenarnya gimana? Gak mungkin kah cari tau tentang diri sendiri pada internet, tapi oh tapi sebagai orang yang ketergantungan informasi dari internet akupun mencoba gugling-gugling tentang "cara mengenal diri sendiri". 

Dari hasil ngubek-ubek internet berjam-jam akhirnya aku mendapat pertanyaan untuk membantu mengenali diri. Salah satunya adalah tentang kelebihan dan kelemahan diri sendiri baik secara fisik, ekonomi dan sosial.

Kelebihan? kelebihan berat badan kali ya wkwkwkwk (ngenes bener). 

Poin fisikly, gak ada kelebihan berarti sih. Gak cantik juga tapi dulu jaman masih single banyak juga yang naksir sih (lempar 💩 baby Arka). Apapun bentuk fisikku aku sangat bersyukur karena Allah SWT telah menciptakanku begitu sempurna tanpa kekurangan satu apapun. Tubuhku lengkap tanpa ada cacat, semua anggota dan organ tubuhku berfungsi secara baik. Meskipun minus dan silinder tapi setidaknya aku masih jelas melihat dengan bantuan kaca mata. Telinga, mulut dan indra lainnya Alhamdulillah juga baik. 

Sementara kelebihan dalam hal ekonomi yang aku miliki ? Sebenarnya aku tidak ingin banyak membukanya karena tak ingin jadi terkesan sombong atau malah jadi merendahkan diri sendiri. Patut selalu aku syukuri karena dijodohkan dengan suami yang tekun bekerja sehingga nafkah keluarga dan nafkah untuk istri selalu tercukupi. Sebagai seorang working mom sekaligus blogger akupun juga bisa memiliki penghasilan sendiri. Kekurangannya jelas belum kaya raya, belum punya rumah sendiri, belum punya kendaraan mewah hohohoho.

Kelebihan dan kekurangan sosial? Hmm.. terkadang aku bingung apakah aku benar seorang introvert atau extrovert? kalau extrovert kayaknya enggak deh, atau malah Ambivert. Sebagai perbandingan berikut aku kumpulkan ciri masing-masing keduanya :
Introvert
a. Senang menyendiri
b. Pemikir
c. Pemalu
d. Pendiam
e. Lebih senang bekerja sendirian
f. Lebih suka berinteraksi secara langsung dengan 1 orang (1 on 1 interaction)
g. Susah bergaul (kuper)
h. Senang berimajinasi
i. Jarang bercerita, lebih suka mendengarkan orang bercerita
j. Senang dengan kegiatan yang tenang (membaca, bermain komputer, memancing, bersantai dsb)
k. Lebih senang mengamati dalam sebuah interaksi
l. Berpikir dulu baru berbicara/melakukan
m. Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan 

Extrovert:
a. Senang bersama orang
b. Percaya diri (Kadang bisa berlebihan)
c. Aktif
d. Lebih senang bekerja kelompok
e. Lebih suka berinteraksi dengan banyak orang sekaligus
f. Gampang bergaul (supel)
g. Senang beraktifitas
h. Lebih senang bercerita, daripada mendengarkan orang bercerita
i. Senang dengan kegiatan dengan banyak orang (jalan-jalan, pergi ke konser, nongkrong, berpesta dsb)
j. Lebih senang berpartisipasi dalam sebuah interaksi
k. Berbicara/Melakukan dulu baru berpikir
l. Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan kata-kata

Melihat ciri-ciri diatas kayaknya aku perpaduan dari keduanya deh yaitu Ambivert karena dari ciri introvert yang masuk dalam diriku hanya pemikir, pemalu, pendiam dan lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan. Sementara ciri-ciri extrovert banyak yang masuk dalam diriku karena aku senang bersama orang, kadang-kadang percaya diri berlebihan juga, aku lumayan aktif, bekerja kelompok juga mampu, dan seterusnya. 

Nah, sementara ambivert adalah kepribadian manusia yang memiliki 2 kepribadian, yaitu introvert dan extrovert. Manusia dengan kepribadian ambivert dapat berubah-ubah dari introvert menjadi extrovert, atau sebaliknya. Memiliki kepribadian ambivert ini bisa dibilang baik, karena manusia tersebut bisa fleksibel untuk beraktifitas sebagai introvert ataupun extrovert, serta dapat berinteraksi dengan baik. Tidak seperti introvert yang susah bergaul dengan extrovert dan sebaliknya. Namun, kekurangan dari kepribadian ini, karena memiliki kepribadian di antara introvert dan extrovert, orang dengan kepribadian ambivert jadi sering terlihat moody, karena sifatnya yang sering berubah-ubah.

Well, Ambivert sepertinya cocok buat mendeskripsikan siapa diriku karena aku adalah perpaduan antara introvert dan extrovert. Aku adalah si :
  1. Pemikir
  2. Pemalu
  3. Pendiam
  4. Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan 
  5. Senang bersama orang
  6. Percaya diri (Kadang bisa berlebihan)
  7. Aktif
  8. Lebih senang bekerja kelompok
  9. Lebih suka berinteraksi dengan banyak orang sekaligus
  10. Gampang bergaul (supel)
  11. Senang beraktifitas
  12. Lebih senang bercerita, daripada mendengarkan orang bercerita
  13. Senang dengan kegiatan dengan banyak orang (jalan-jalan, pergi ke konser, nongkrong, berpesta dsb)
  14. Lebih senang berpartisipasi dalam sebuah interaksi
Gimana ? Masih ada yang penasaran denganku? Boleh banget loh kalau ada yang mau kenalan heheheh (narsis)

Waalaikumsalam Wr. Wb.

No comments:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.