5 Cara Praktis Menyiapkan MPASI Sehat Bagi Ibu Bekerja

By yeni susanti - 15:46:00

Assalamualaikum Wr. Wb.

Seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi ternyata juga memberikan pengaruh besar terhadap tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat. Menerapkan pola hidup sehat bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan karena membutuhkan kekonsistenan yang tidak bisa dinegosiasikan. Sukses atau tidaknya penerapan pola hidup sehat juga dipengaruhi oleh niat, gaya hidup, pengetahuan, kesadaran, biaya dan dukungan orang-orang disekitar. Konsisten menjalankan pola hidup sehat dimulai dari sejak manusia masih dalam kandungan, karena semua itu adalah aset jangka panjang. 



Saya merasa beberapa tahun belakangan ini kesadaran masyarakat terutama dalam pemberian ASI Eksklusif dan MPASI Sehat kepada buah hati mengalami peningkatakan yang begitu melejit. Kondisi seperti ini tidak lain lagi juga dipengaruhi oleh kemajuan ilmu yang mengupas tentang pentingnya nutrisi dan gizi seimbang kepada bayi dan balita. Informasi-informasi terkait hal itu sekarang bukanlah hal mahal untuk kita pelajari, semuanya telah tersebar dan dapat kita pelajari secara gratis berkat kemajuan teknologi dan informasi. Melalui media internet kita dapat mengakses seluruh informasi ASI-MPASI.

Kali ini aku akan lebih fokus menulis tentang MPASI karena beberapa postingan sebelumnya sudah banyak membahas tentang ASI. Maraknya MPASI instan saat ini ternyata tidak banyak mempengaruhi ibu-ibu muda untuk meninggalkan MPASI Homemade. Namun pada kenyataannya menyiapkan MPASI Homemade yang sehat bukanlah hal yang gampang apalagi bagi ibu-ibu bekerja. Pada tulisan kali ini aku akan memberikan beberapa tips atau cara praktis menyiapkan MPASI sehat bagi emak-emak bekerja yang sering dikejar-kejar waktu ngantor.

Berikut cara/tips dari saya :

Bergabung dengan Group atau Komunitas MPASI Sehat

Seperti yang saya tulis diatas bahwa sekarang kemajuan teknologi informasi sangat pesat, salah satunya dengan munculnya beragam media sosial. Media sosial seperti Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan sebagai media diskusi dengan membuat sebuah group atau komunitas tentang salah satu topik. Dengan bergabung Group atau komunitas tentang MPASI kita bisa menggali ilmu dan tips-tips dalam menyiapkan MPASI yang sehat untuk buah hati.

Saya merekomendasikan untuk join group berikut di Facebook :






Membuat Jurnal MPASI

Membuat jurnal atau catatan tentang menu MPASI sangat disarankan pada tahap awal MPASI. Berguna untuk memonitoring tingkat alergi anak terhadap makanan tertentu. Jurnal MPASI juga bermanfaat untuk evaluasi jika terjadi masalah kesehatan dan perubahan makan pada anak. Jurnal MPASI ternyata juga sangat membantu bagi ibu bekerja yang terkadang kehabisan ide menu karena kita bisa mengulang menu di awal minggu dengan menu yang sama.



Resep-resep MPASI sekarang sudah dengan mudah kita dapatkan di internet bahkan aplikasi resep juga bisa kita download dan diinstall di ponsel. Jaman digital memang sangat memudahkan bukan?

Membeli Alat Tempur MPASI yang Mendukung

Terkadang cara konvensional dengan memasak MPASI diatas kompor dirasa kurang praktis dan memakan banyak waktu. Berikut beberapa alat MPASI yang perlu dimiliki oleh ibu bekerja agar dapat menyingkat waktu :
1. Slow Cocker. 

Bagi ibu-ibu yang mempunyai bayi dan balita yang sudah mulai belajar makan saya rekomendasikan untuk melengkapi alat dapurnya dengan Slow Cocker.  Selain digunakan untuk membuat bubur MPASI, Slow Cocker juga dapat kita gunakan untuk membuat berbagai macam masakan yang membutuhkan waktu masak lama seperti sop daging, semur, kaldu dan lain-lain. Saya akan sedikit memberikan review salah satu slow cocker yang paling populer di kalangan ibu-ibu sekarang yaitu merk Takahi.

Saya sendiri memakai slow cocker Takahi yang ukuran sedang yaitu 1,2 Liter. Ukuran terkecil dari Takahi adalah 0,7 Liter. Sebagai ibu bekerja, saya merasa sangat terbantu dengan Takahi  ini karena semua bahan MPASI tinggal dicemplungkan berbarengan dengan urutan bahan dari yang teksturnya keras dan yang paling atas adalah bahan yang mudah lunak. Slow cocker bagiku adalah alat terpenting dalam MPASI Rafa sebelum dia bisa makan nasi utuh sama seperti orang dewasa.



Takahi 1,2 Liter berbeda dengan 0,7 Liter karena telah dilengkapi dengan settingan kecepatan memasaknya yaitu setting ke aturan slow, high atau auto. Pada saat kita menyalakan setting slow kita membutuhkan waktu memasak bubur selama 4-6 jam, pada settingan high cukup 2 jam sementara pada setting auto lebih fleksibel karena setelah bubur masak sesuai dengan tekstur yang diinginkan  slow cocker akan off dengan otomatis.

Saya memasak nasi tim untuk Rafa langsung untuk 3x makan dan biasanya mengabiskan beras 4 sendok makan. Saya sengaja memisahkan nasi dengan sayur dan lauknya, jadi biasanya saya menggunakan slow cocker hanya untuk membuat nasi lembek/nasi tim sedangkan sayur plus lauknya dimasak manual di atas kompor. Berikut tips sukses menggunakan slow cocker Takahi ala saya :
  • Menyiapkan beras sebanyak 4 sendok makan, kemudian dicuci bersih.
  • Siapkan tembikar Takahi dan masukkan beras yang telah dicuci kedalam tembikar.
  • Tambahkan air mendidih sebanyak 300 cc. Air panas dapat diganti dengan air dingin biasa hasilnya sama hanya saja saya memakai air mendidih agar mempercepat proses memasak dan meratakan tingkat kematangan nasi.
  • Jika menginginkan kekentalan bubur/nasi tim yang lebih cair bisa ditambahkan air lagi.
  • Hindari menyalakan slow cocker saat bagian bawah tembikar masih basah dengan air. Lebih baik lap dan keringkan tembikar terlebih dahulu.
  • Letakkan tembikar pada basis slow cocker dan sambungkan pada arus listrik.
  • Setting pada aturan high untuk waktu memasak 2 jam.
  • Bisa ditinggal aktivitas lain atau ditinggal tidur lagi dan pagi hari nasi tim siap untuk breakfast si kecil.
Apabila kita ingin memasak sekaligus dengan bahan pelengkap dan lauknya kita tinggal memasukkan secara bersamaan dengan beras dan ditambahkan air secukupnya. Ada pro kontra pada proses memasak seperti ini, ada yang berpendapat jika memasak sayur dengan slow cocker akan menghilangkan nutrisi dan kandungan gizinya karena dipanaskan dalam waktu lama. Ada pula yang berpendapat memasak dengan slow cocker tetep baik dan tidak akan menghilangkan nutrisi karena dimasak dengan panas yang stabil dan air sarinya tetap berada dalam tembika slow cocker karena ditutup rapat. Ini semua kembali pada momisan mau yakin pada pendapat yang mana.

Slow Cocker Takahi 1,2 Liter yang saya punya seharga Rp 550.000,00 beli di www.adikbayi.com

2. Saringan

Saringan sangat direkomendasikan sebagai alat untuk mendapatkan MPASI yang cair diawal-awal MPASI dibandingkan melunakkan dengan  food processor. Melunakkan MPASI dengan Blender/Food Processor akan menghilangkan cita rasa alami makanan dan ada yang berpendapat dapat membuat anak sulit mandiri atau naik tekstur makannya.



3. Food Processor/Blender

Blender/Food Processor biasa saya pakai untuk membuat jus segar atau smoothies.


 Referensi Tempat Belanja yang Lengkap

Bagi ibu bekerja terkadang belanja merupakan jadwal mingguan. Ibu bekerja tidak seperti ibu rumah tangga yang full dirumah sehingga bisa sewaktu-waktu pergi ke supermarket atau pasar untuk belanja kebutuhan dapur. Ibu bekerja diharuskan mampu membagi dan memanage waktu antara urusan rumah dan kantor. Menurutku belanja setiap minggu sekali di akhir pekan merupakan pilihan terbaik bagi ibu-ibu bekerja. Maka dari itu kita harus memiliki referensi tempat belanja yang lengkap sehingga dalam sekali belanja kita bisa mendapatkan semua kebutuhan. Hal tersebut tidak akan banyak menyita waktu. 

Kalau dirasa belanja ke Supermarket sendiri juga sangat merepotkan,  sekarang kita juga bisa memakai jasa food delivery seperti Grab Food, Go-Food dan lain-lain untuk membeli kebutuhan MPASI seperti sayuran, buah, daging dan kebutuhan lainnya.


Beberapa bahan yang direkomendasikan WHO untuk ditambahkan dalam MPASI seperti lemak tambahan semacam EVO, ELO, Unsalted & Salted Butter, Keju, Oat dan Yogurt dapat kita beli di seluruh supermarket baik Hypermart. Carefour, Giant, Superindo, dan lain-lain.

Membuat Stok Frozen Food

Stok frozen food bagi ibu bekerja sangat-sangatlah membatu karena saat kita dikejar waktu dipagi hari sementara bahan MPASI segar habis, kita bisa mengeluarkannya. Kita bisa membuat stok frozen food saat weekend untuk kebutuhan seminggu kedepan sehingga kita tetap dapat menyiapkan MPASI sehat homemade buatan sendiri.

Frozen food yang dapat kita stok dan proses pembuatannya juga mudah antara lain seperti nugget daging/ayam yang ditambah sayuran, bakso, siomay etc. Bagi bayi yang baru memulai MPASI kita dapat menyimpan frozen food berupa pure buah/sayur dengan aturan dipisah-pisah antar bahan. Pure yang difrozenkan sebaiknya digunakan tidak lebih dari seminggu, kalau saya sarankan maksimal 3 hari.
Itulah tips dan cara praktis yang dapat saya share kepada emak-emak pembaca setia blog saya. Semoga bermanfaat ya :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Share:

You Might Also Like

13 komentar

  1. Menarik banget tulisannya mak!
    Saya lagi tahap MPASI si kecil juga dan sering banget kelimpungan nyari resep *hiks dan emang bener google itu penyelamat! Kadang juga saya explore sendiri resepnya :D jadi resep ala-ala deh.
    Saya pemalas ih bikin jurnal MPASI padahal penting ya :( dan gabung di grup MPASI sepertinya ide baagus daripada saya kehabisan ide terus ya >.<

    Tfs mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak dengan gabung group2 MPASI ternyata bikin nambah ilmu

      Delete
  2. Aiiih, baca artikel ini jadi inget masa2 remping ngasih MPASI buat dua anakku. Remping sih, tapu ngangenin :')
    Dulu suka bikin jus, terus dicetak pakai cetakan es batu dan disimpan di kulkas. Begitu juga aneka kaldu. Praktis deh :).

    Salam kenal btw ya Mba, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mbak... Kalo aku rempong tu pas pagi hari mbak blm nyiapin keperluan si kecil, keperluan suami blm lagi waktu mepet masuk kerja hehehe

      Delete
  3. wahhhhh saya kurang tau soal ginian... masih muda soalnya....hehehe
    salam kenal aja ya mbak...

    ReplyDelete
  4. Iya mba alat pendukung yg memudahkan kita buat menyiapkan makanan si buah hati makin banyak dn kalau ngga cermat milihnya jadi mubajir.makanya hrs pinar milih bahan yg baik dan yg aman buat keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul uti aku juga hanya manfaatin alat2 dapur yg sudah ada... Tp bagiku slow cocker itu wajib punya hehehehe

      Delete
  5. Tipsnya ,siap in sya Allah dsiapkan nanti kalau my baby sudah 6bln ke atas.
    Mak slow cockernya whattnya gedhe tak?

    ReplyDelete
  6. Iyaa internet sekarang jadi penyelamat kala kehabisan ide menuuu ya maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mak... siap2 kuota internet aja semua pasti rebes hehehhe

      Delete
  7. Iya ya..mestinya bikin jurnal ya, biar ngga bingung dan ada persiapan setidaknya sehari sebelumnya. Thanks for sharing mak.. :)

    ReplyDelete