TRIP TO LOMBOK ! LOW BUDGET TAPI TETAP NYAMAN BAWA BAYI

September 27, 2016

Assalamualaikum Wr. Wb.

Anak sudah semakin besar, sudah semakin mandiri, sudah bisa berlari-lari dan sudah banyak beraktivitas tanpa bantuan ayah dan ibunya. Melihat perkembangannya saat ini membuat keinginan untuk travelling mulai kembali membara. Bagaimana jika si anak 2 tahun ini diajak menyebrangi pulau ke Lombok untuk mewujudkan Liburan Impian? Pernah terbesit keinginan untuk mengajak Rafa liburan ke Pulau Lombok yang katanya adalah salah satu pulau yang layak disebut surga wisata.


Mau ngajak bayi kenapa jauh-jauh sih kan kasihan anakmu ?
Pertanyaan itu pernah muncul dari orang tuaku saat aku bercerita wacana untuk ngajak Rafa jalan-jalan dan Lombok jadi wishlist pertama. Sebenarnya aku pengen ke Bali tapi pernah berdiskusi dengan suami, dia bilang tidak tertarik sama sekali dengan Bali alasannya terlalu ramai dan kita tidak akan bisa menikmatinya. Selain itu, suami juga mengaku sudah sering ke Bali sebelum menikah. Sebenarnya bisa saja sih ke Lombok lewat bali tapi pasti akan memakan waktu lebih. Kalau gak bawa buntut sih oke-oke saja tapi kan ini pengennya si anak ikut serta menemani ayah ibunya liburan.

Baca : List Barang Bawaan Saat Liburan Bersama Si Kecil
Baca : Travelling to Singapore

Okey akhirnya kita sepakat untuk merencanakan travelling ke Lombok, Insyallah awal tahun nanti. Masih lama udah direncanakan dari sekarang? Iyalah karena bagiku bepergian itu butuh perencanaan yang matang apalagi mau ngajak bayi. Persiapan yang terpenting adalah estimasi dana. Khusus untuk anggaran, dipersiapkan jauh-jauh hari akan sangat sangat lebih baik dari pada dadakan/spontan. Semakin lama kita menabung untuk mempersiapkan travelling maka akan semakin banyak pula tabungan, efeknya nanti adalah longgarnya biaya sehingga bisa tenang saat berangkat maupun saat berada ditempat tujuan. Apalagi liburan menyeberang pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, identik dengan biaya mahal

Pernah sharing dengan salah satu teman yang pernah melakukan travelling ke Lombok dengan mengajak bayi  usia kurang dari 1,5 tahun dan ternyata mereka enjoy karena telah dipersiapkan matang-matang mulai dari tujuan wisata favorit, tempat menginap, tempat makan, transportasi, peta lokasi, informasi jarak dan waktu tempuh dari spot satu ke yang lain. Apalagi jika kita akan travelling model backpaker tanpa biro jasa, semua hal dari yang sepelepun harus kita pikirkan. 

Hasil sharing dengan teman itu salah satunya adalah menyusun itinerary yang disesuaikan dengan estimasi anggaran. Lalu apa saja sih itinerary yang perlu kita susun ? Berikut ini penjabarannya :

1. Objek Wisata Tujuan

Sebelum memilih objek wisata yang akan kita tinggali jejak lebih baik kita cari tahu terlebih dahulu informasi-informasi tentang obek wisata di Pulau Lombok. Pertama, kita harus banyak membaca dan searching informasi wisata di Pulau Lombok. Kedua, mencoba untuk bertanya kepada teman yang telah melakukan travelling ke Lombok terutama dengan teman yang telah mengajak bayi. Ketiga, memahami peta lokasi dan alat transportasi saat berada di Lombok.

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan, kebanyakan objek wisata di Pulau Lombok adalah beach.  Berikut tempat tujuan yang kami jadikan list saat sampai di Lombok :
Gili Trawangan
Gili Trawangan menawarkan keindahan yang luar biasa dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Pulau yang juga lazim disebut "Gili T" oleh para turis ini terkenal dengan panorama pantai yang eksotis dan menawan.
1

Sumber : http://transwisatatour.com
Lalu apa saja yang ingin aku lakukan saat di Gili Trawangan ?

Pertama, menikmati panaroma dan kepopulerannya. Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke barat maupun timur. Pantainya pun memiliki pesona yang berbeda di setiap sisinya. Pantai yang berada di timur lebih ramai oleh wisatawan dan penduduk lokal karena dekat dengan dermaga dan merupakan pusat aktivitas ekonomi di pulau tersebut. Berbeda dengan pantai di sisi barat yang lebih sepi.  Apalagi yang lebih menggiurkan daripada bersantai di tempat tidur gantung tepi pantai sembari mengenalkan kuasa Allah SWT kepada Rafa atau sekadar menikmati suara ombak dan sayup angin? Sewaktu-waktu ingin berenang, kita tinggal melangkah karena laut sudah didepan mata.  Kala sore tiba, aku juga ingin duduk manis menanti matahari terbenam bersama keluarga tercinta.

Kedua, sejenak bersantai menghilangkan penat. Tinggal dan beraktivitas di kota yang terkenal dengan kepadatan penduduk dan ramainya kendaraan membuatku ingin mengunjungi Gili Trawangan. Aku benar-benar ingin sejenak jauh-jauh dari suara dan polusi kendaraan. Kita tidak akan menemui kendaraan bermotor di seluruh sudut pulau, sebab kendaraan bermotor dilarang keras beroperasi di pulau ini. Sebagai gantinya, transportasi yang digunakan baik oleh penduduk lokal dan wisatawan untuk mengitari pulau adalah sepeda dan cidomo. Cidomo adalah kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Ketiga, snorkeling dan melihat penyu. Aktivitas berenang atau snorkeling di gili Trawangan secara umum bisa dilakukan di tepi pantai gilinya. Terdapat beberapa spot pantai di gili ini yang memang disediakan khusus untuk berenang karena area pantainya yang berpasir putih, bersih dan jernih. Berhubung aku berencana mengajak bayi, kegiatan snorkeling bisa dilakukan bergantian dengan suami.
Pantai Senggigi
Masih menurut cerita dari salah satu teman yang telah ke pantai Senggigi, dia mengaku jika pantai ini juga memiliki pesona yang tidak kalah dengan Gili Trawangan. Pada dasarnya Senggigi adalah nama Wilayah di Lombok barat, sepanjang wilayah senggigi bagian barat adalah tepi pantai. Tetapi jika melihat di peta dengan memasukkan kata “Pantai Senggigi” maka akan merujuk ke bagian senggigi yang berbentuk cekung. Senggigi berpasir pantai hitam keabuan, pantainya landai, ombak sedang cenderung kecil, dan cocok untuk melihat sunset. Di senggigi juga terdapat obyek wisata Pura Batu bolong. 


Sumber : http://wiki-wisata.blogspot.co.id

Pantai di Lombok Selatan
Deretan Pantai di Lombok Selatan yang ingin kami kunjungi adalah Pantai Mawun, Tanjung A’an, dan Kuta Lombok. Pantai Mawun serupa cekungan yang dikelilingi dua buah bukit, Pantai Tanjung A’an lebih memanjang dengan banyak tebing tinggi di beberapa sudutnya, Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai yang sangat panjang, hampir satu kilometer. Ketiganya cantik, eksotik, membuat pengunjung menghela nafas panjang melegakan, menyegarkan pikiran

Sumber : http://lombok.panduanwisata.id

Taman Narmada
Taman Narmada tidak hanya mempunyai kolam air sebagai daya tarik. Di kompleks yang oleh pemerintah ditetapkan sebagai kompleks bangunan Cagar Budaya juga terdapat Pura Kelasa. Di Pura ini setiap tahunnya diadakan upacara Pujawali.



Sumber : https://www.wisatania.com

Mengunjungi semua objek wisata diatas kitapun harus menyiapkan anggaran untuk membayar tiket masuk dan biaya tak terduga lainnya. Rata-rata harga tiket masuk pantai adalah Rp 10.000,00 dan lebih amannya bisa kita siapkan anggaran Rp 500.000,00 dengan persiapan jika saat di lokasi wisata ingin naik kuda, speedboat dan lain-lain.

2. Transportasi

Transportasi pertama yang wajib kita pikirkan adalah perjalanan pulang pergi Solo-Lombok dan Lombok-Solo. Berikutnya adalah transportasi saat di Lombok untuk perjalanan menuju spot lokasi wisata. Berhubung rencana travelling ke Lombok nanti akan mengajak bayi maka kami memilih perjalanan udara karena dapat menyingkat waktu dan meminimalisir rasa capek terutama bagi bayi kami. Meskipun harganya lebih mahal dibandingan perjalanan darat tapi ini lebih efisien.

Ada dua pilihan keberangkatan yaitu langsung dari Bandara Adi Soemarmo Solo (SOC) atau dari Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta (JOG) menuju Lombok, Mataram (LOP) keduanya sama-sama transit di Jakarta atau di Surabaya. Jika dibandingkan berdasarkan biaya penerbangan ternyata penerbangan SOC-LOP lebih mahal dibandingkan JOG-LOP, berhubung niatnya cari yang low budget jadi kita akan memilih penerbangan dari Yogyakarta. Sedangkan perjalanan dari Solo ke Yogyakarta bisa ditempuh 1 jam perjalanan dengan kereta seharga @ Rp 20.000,00.

Berikut ini perbandingan biaya penerbangan SOC-LOP vs JOG-LOP :


Transportasi saat di Lombok, mau berencana  menyewa rental kendaraan di Lombok atau model backpaker dengan naik kendaraan umum? Berhubung kita benar-benar masih buta peta lokasi Lombok ditambah lagi akan membawa bayi maka keputusan terbaik yang akan kita ambil adalah menyewa rental kendaraan beserta drivernya. PIlihan ini memang membutuhkan biaya lebih tetapi lebih aman dan nyaman terutama bagi anak kami. Hasil searching di internet, ternyata harga sewa rental mobil di Lombok berkisar Rp 500.000,00 untuk fullday. Jika rencana di Lombok selama 3 hari maka kita harus menyisihkan anggaran sekitar Rp 1,5 juta.

3. Hotel

Travelling ke luar Jawa artinya kita harus memikirkan tempat menginap. Dengan perkembangan dunia internet seperti saat ini akan memberikan kemudahan bagi kita untuk memesan/booking hotel. Banyaknya situs layanan pemesanan hotel diera digital ini juga menuntut kita untuk lebih selektif dan cermat membandingkan harga atau kualitas hotel yang ditawarkan oleh masing-masing situs online. Tidak hanya cukup memesan online, untuk memastikan ketersediaan kamar kita juga harus konfirmasi langsung by telepon. Dari sekian banyak situs online penyedia layanan pemesanan hotel, aku memilih Tixton.com.

Mengapa harus Tixton.com? bukannya masih banyak situs lain yang serupa....


Setelah melakukan beberapa penggalian informasi dan survei internet akhirnya kami memutuskan untuk booking hotel di Senggigi dan di Gili Trawangan. Hari pertama kedatangan kami akan checkin di hotel Puri Bunga Cottages Jl Raya Senggigi, Senggigi Lombok, Lombok Indonesia karena rencananya tour pertama kita adalah Pantai Senggigi. Hotel Puri Bunga Cottages adalah hotel bintang 3 bagi kami sudah termasuk bagus demi menghemat anggaran. Di Tixton.com harga yang ditawarkan IDR 574.950 setelah mendapat potongan harga 27 %. 


Hotel Puri Bunga Cottages

Berikut deskripsi Hotel Puri Bunga Cottages di Tixton.com :

"Kompleks liburan yang dikelilingi oleh keindahan alam pohon-pohon palem yang bergoyang dan perairan berwarna pirus Laut Bali ini menawarkan liburan pulau yang sempurna. Anda dapat mengikuti kursus menyelam di kolam renang hotel dan melakukan scuba diving terdekat untuk mengamati ikan yang berwarna-warni dan menyaksikan kura-kura laut, atau pergilah ke bagian selatan pulau untuk merasakan selancar terbaik di dunia. Bungalo asli ini memiliki desain eksotis dengan ukiran perabotan kayu dan balkon pribadi. Setiap bungalo dilengkapi minibar, TV kabel, akses internet Wi-Fi gratis, dan AC sehingga Anda tetap dapat menikmati kenyamanan modern sambil menghabiskan waktu di surga pulau yang unik ini. Anda dapat bersantai di hot tub atau berenang di kolam renang luar ruangan yang luas yang dikelilingi dengan taman tropis yang rimbun dan dapat menikmati layanan kamar 24 jam atau menyantap masakan ala Indonesia dan internasional di restoran hotel selama liburan yang indah"

Malam kedua kami berencana menginap di Gili Trawangan dan pilihannya jatuh pada Ocean Jambuluwuk Resort yang beralamat di North Gili Trawangan Island 83352 Lombok Indonesia, Lombok Indonesia. harga yang ditawarkan adalah IDR 659.500 setelah dipotong diskon sebesar 27 %. Berdasarkan gambar yang ditampilkan di situs Tixton.com, Ocean Jambuluwuk Resort memiliki kamar yang bersih dan sangat bagus. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap.

Ocean Jambuluwuk Resort

Aku cenderung puas dengan pelayanan di situs web Tixton.com karena detail kamar hotel sangat spesifik sehingga kita mempunyai dasar perbandingan dengan hotel lain. Tixton.com juga menawarkan harga hotel termurah bayangkan saja saat aku booking Ocean Jambuluwuk Resort yang setara hotel bintang 5 aku hanya membayar IDR 659.500. Semua it hanya bisa kita dapatkan melalui Travel Wish Tixton.

Apa & bagaimana cara ikut Travel Wish Tixton ?
Travel Wish Tixton adalah promo berhadiah tiket pesawat PP dan juga uang tunai berlaku mulai 17 Agustus hingga 16 November 2016 nanti.  Untuk ikut program Travel Wish Tixton dan event PROMO WISATA TIXTON caranya gampang banget, 
  1. Pertama adalah langsung mengakses alamat website www.tixton.com.  
  2. Kedua masuk ke menu Travel Wish dan mengisinya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
  3. Ketiga, kita akan mendapatkan email masuk terkait informasi Travel Wish yang kita buat. 
  4. Keempat, ada dua pilihan yaitu menunggu Genie merespon travel wish yang telah dibuat atau langsung registrasi.
  5. Kelima, setelah Genie menemukan kamar yang cocok makan kita akan mendapatkan email yang berisi tautan untuk memesan kamar dan bisa langsung membayarnya melalui credit card atau Bank Transfer.
  6. Keenam, pemesanan kamar hotel berhasil dilakukan dan kita tinggal menunjukan voucher yang telah dikirimkan ke alamat email kita saat checkin.
Keuntungan lain  ikut program Travel Wish Tixton dan event promo wisata tixton selain mendapatkan harga hotel murah adalah berkesempatan memenangkan Uang Saku 5 Juta Rupiah dan Tiket Pesawat untuk 2 orang dengan periode travel 1 Desember 2016 - 28 Februari 2017.


Nah kira-kira itulah itinerary yang aku susun untuk mewujudkan Liburan Impian ke Lombok. Setelah dihitung dan direncanakan matang-matang maka anggaran yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Estimasi Anggaran Trip to Lombok 3 hari 2 Malam



No Kegiatan  Biaya 
1 Tiket Pesawat                                                         4,000,000.00
2 Rental Mobil                                                         1,500,000.00
3 Hotel                                                          1,234,450.00
4 Biaya lain-lain termasuk tiket wisata                                                         1,000,000.00
JUMLAH                                                         7,734,450.00

Ternyata perkiraan biaya untuk travelling ke Lombok selama 3 hari 2 malam untuk 2 orang dan 1 bayi masih dibawah 10 juta dan aku pikir semua itu karena biaya hotel yang cukup murah. Budget travelling ternyata bisa ditekan jika kita pandai-pandai mencari promo dan membandingkan harga. Harga hotel murah itu hanya bisa kita dapatkan di Tixton.com. Keterangan lebih lanjut mengenai Promo Wisata Tixton dapat dibaca di media sosial Tixton:
  • Website: www.tixton.com.
  • Blog: tixton.com/blog.
  • Facebook: TixtonAsia.
  • Twitter: @tixtonasia
  • Instagram: @tixtonasia.



Adakah yang akan merencanakan Liburan Impian sebagai realisasi Wish Akhir Tahun Tixton atau Awal Tahun? Mari menabung mulai dari sekarang !

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

16 comments:

  1. Pantainya Lombok bikin mupeng euy.
    Liburan bareng anak dua tahun? Pastinya perbekalannya harus komplit.
    Mainan dan p3K jangan ketinggalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak segala tetek bengeknya harus ready semua

      Delete
  2. Wahhh pas ke lombok aku gak ke taman narmada. Jd pengen ke lombok lagi... penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak ke Lombok lagi, taman Narmada kayaknya sejuk banget

      Delete
  3. pengeeen ke sana, nabung dulu kali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mas nabung dari sekarang sehari 20 rb akhir tahun berangkat hehehe

      Delete
  4. Lombok, Travel Wish yang belum kesampaian T.T

    ReplyDelete
  5. Eh...liburannnya sama nih mbak.... :) Semoga terkabul ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jangan2 nanti kita bakal ketemu di Lombok hehehe

      Delete
  6. Traveling sama balita under 2 y.o emang nggak mahal karena belum kena charge pesawat ya hihihi tapi coba kalo udah di atas 2 thn huhuhh *kekepin atm
    Lombok emang surga pantai, pengin banget ke sana tapi tunggu momen aja dlu hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mbak brarti harus segera brgkat nih sebelum genap 2 thun si anak hehehehe

      Delete
  7. setelah baca-baca artikelnya jadi makin yakin besok kalau udah punya baby mau kuajak travelling juga. makasih ya postnya mbak, berguna banget buat calon ibu macam aku hehehe

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Punya mbak indri juga keren tuh semoga kita beruntung ya mbak :)

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.