Program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) Sebagai Bentuk Konstribusi Sosial Astra Selama 60 Tahun Ini

December 08, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.




Semakin meningkatnya pengguna kendaraan bermotor sering kali signifikan dengan peningkatan kecelakaan lalu lintas. Apalagi jika pengendara tidak dibekali dengan pengetahuan mengenai safety riding. Menghadapi kenyataan seperti ini sudah tentu diperlukan sosok pelopor aman berkendara, dengan harapan dapat memberikan inspirasi dan konstribusi berkelanjutan kepada masyarakat untuk membukakan pemahaman terhadap keselamatan berkendara. 

Astra sebagai salah satu industri bisnis yang selama ini dielu-elukan paling berhasil dalam mewujudkan filosofi perusahaan (Catur Dharma) telah banyak memberikan manfaat kepada bangsa dan negara salah satunya adalah memalui Program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL)

Pelatihan IAABL di SMA Batik 2 Surakarta, 4 Agustus 2017 (Sumber gambar : GATRANews/Dok. Astra)

Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) adalah wujud pelayanan Astra untuk mengajak dan mengingatkan kesadaran masyarakat Indonesia agar senantiasa aman berkendara dan berlalu lintas, sekaligus wujud kepedulian Astra di bidang keamanan berlalu lintas. Tidak hanya sekedar berani bicara tetapi Astra melalui IAABL selalu terjun langsung memberikan berbagai pelatihan dan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat dengan road show ke berbagai wilayah.

Beberapa hal yang selalu ditekankan oleh IAABL untuk meningkatkan keselamatan berkendara adalah melakukan pengecekan rutin terhadap kendaraan. Apapun kendaraannya baik mobil atau motor, pengecekan terhadap mesin kendaraan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Satu hari sebelum perjalanan sebaiknya  dilakukan pengecekan dan service ringan terhadap mesin kendaraan, termasuk kondisi tekanan udara ban, minyak, oli, kondisi rem, kaca spion dan lampu. 

Selanjutnya adalah tidak lupa membawa kelengkapan surat kendaraan, membawa kelengkapan keamanan, mematuhi peraturan lalu lintas, dan tepat perhitungan dalam berkendara. Maksudnya tepat perhitungan adalah mengurangi kecepatan ketika melewati keramaian atau perkampungan, dan menambah kecepatan dijalan lurus dan kosong. Berusaha agar berkendara pada siang hari agar pandangan tidak tergangu. 

Bentuk lain dari program IAABL yang merupana kepedulian Astra  adalah dibukanya Astra Motor Safety Riding Center yang terpusat di Kota Yogyakarta. Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta ini tak hanya untuk masyarakat umum, mahasiswa, dan pelajar SMA yang sudah bisa mengendarai sepeda motor, tapi juga pelajar SMP, SD, bahkan Taman Kanak-Kanak. Sebab, Astra ingin memberikan edukasi mengenai keselamatan berkendara serta pengetahuan lalu lintas dimulai sejak dini.
 
Selain membuka  Astra Motor Safety Riding Center, IAABL juga membuat Aplikasi Anavigo untuk para pemudik sebagai salah satu bentuk pelayanan terbaik Astra kepada mayarakat. Aplikasi yang mempunyai slogan 'Bukan Navigator Biasa' ini dapat memberikan layanan berupa navigasi melalui fitur Trip Plan. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Find Places, yakni sebuah fitur yang mampu melakukan pencarian berbagai lokasi tempat yang dibutuhkan pengguna dalam radius 5 km dari posisi yang ditentukan. Ada juga fitur Car Emergency yang merupakan dukungan dari Astra World, dimana fitur ini berfungsi menanggulangi kebutuhan darurat pemudik ketika berada di perjalanan serta Traffic Report yang berfungsi untuk mengetahui kondisi terbaru dari akun Twitter penyedia informasi lalu lintas secara realtime.

Alikasi Anavigo
Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) hanyalah sekelumit tentang aspirasi Astra selama 60 tahun ini, masih banyak lagi konstribusi lain yang terus dikembangkan karena Astra ingin menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, menghargai individu dan kerjasama serta senantiasa berusaha mencapai yang terbaik.

Sukses selalu untuk PT Astra International Tbk.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.