Kebiasaan Menabung yang Menguntungkan

December 21, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.




Mungkin sudah dari sekolah dasar, kebiasaan menabung diajarkan. Namun tidak semua bisa melanjutkan dan menerapkannya kemudian hari. Tentu tidak begitu baik karena menabung bisa memberikan banyak keuntungan. Beberapa orang memang masih menganggap menabung sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting. Apalagi jika kehidupannya dirasa kurang, padahal manusia sudah menjadi sifatnya selalu merasa kurang. Cobalah untuk mulai melatih diri menabung karena ada banyak keuntungannya, seperti berikut ini.


☺Keuntungan Menabung☺

Bukan hal yang sulit untuk seseorang menabung, tetapi masih saja ada orang yang malas untuk menabung. Menabung itu menyelamatkan dengan keuntungan-keuntungan berikut.

1. Melatih diri untuk berhemat


Menabung memberikan peranan besar bagi karakter seseorang terutama dalam berhemat. Orang yang terlatih untuk menabung akan lebih bisa berhemat. Sedangkan orang yang malas menabung cenderung boros dan suka menghambur-hamburkan uang. Memang tidak ada yang melarang karena itu uang sendiri. Namun lebih bijak lagi kalau uang yang dimiliki bisa dikelola dengan baik. Salah satunya adalah dengan tidak asal menggunakannya. Gunakan secukupnya untuk sesuatu yang diperlukan dan bermanfaat. Jika hanya untuk bersenang-senang, mudah saja untuk dihabiskan. Mungkin sekali-kali bisa memuaskan keinginan untuk bersenang-senang. Namun tidak dalam waktu yang terlalu sering.

Tidak sebatas menumbuhkan jiwa berhemat, menabung merupakan cara untuk seseorang bisa lebih bertanggung jawab. Tanggung jawab untuk mengelola dan mempergunakan dengan sebijak-bijaknya. Secara tidak langsung, orang yang menabung akan lebih cermat dan berhati-hati dalam membelanjakan uangnya. Jika dirasa tidak perlu, maka lebih baik disimpan. Rasa bertanggung jawab yang tumbuh karena kebiasaan menabung ini sangat baik, bahkan bukan hanya dalam mengelola uang. Kebiasaan bertanggung jawab tersebut akan berpengaruh juga pada hal-hal lain dan di kehidupan pada umumnya.

2. Melatih diri agar disiplin

Manfaat lain dari kebiasaan menabung adalah sikap disiplin yang lebih baik. Sulit untuk seseorang bisa disiplin, apabila tidak dibiasakan dari kecil. Padalah kedisiplinan memiliki pengaruh besar pada kesuksesan sesorang. Orang yang sukses adalah mereka yang selalu disiplin dalam kehidupannya. Dari kebiasaan menabung ini lah, kedisiplinan bisa dilatih. Orang yang menabung, semakin lama cenderung lebih rain dalam menabung. Itu bukti bahwa menabung dapat melatih kedisiplinan sesorang. Biasanya pada awal menabung mungkin masih jarang atau sesuka hati. Namun lama kelamaan karena merasa menabung itu menguntungkan, seseorang akan menjadi lebih giat dan memaksakan diri untuk lebih disiplin. Sehingga tumbuh sifat disiplin dalam jiwa sesorang tanpa disadari.

Saat merasa mendapatkan keuntungan, orang akan lebih bersemangat untuk menabung. Secara tidak langsung, kebiasaan ini juga merambat pada sifat sabar seseorang. Semakin semangat dan giat untuk menabung, seseorang akan semakin bersabar untuk bisa menahan diri agar dapat menabung. Saat seseorang sering membeli apa yang diinginkan, akan sulit untuk mencegah atau menghentikannya. Berbeda jika dibiasakan menabung, secara sendirinya seseorang akan lebih sifat menahan sifat konsumtif yang selama ini dimiliki.

3. Mencegah untuk berhutang

Saat seseorang membutuhkan dana atau uang, salah satu solusinya adalah dengan berhutang. Meminjam kepada orang lain dan mengembalikannya pada periode tertentu dengan tambahan bunga atau tidak. Berhutang memang sering menyelamatkan seseorang yang sedang bermasalah pada keuangannya. Hutang bisa membantu, tetapi hutang juga bisa membuat bangkrut. Terutama untuk hutang-hutang yang harus dilunasi dengan tambahan bunga. Beberapa kasus hutang yang akhirnya tidak sanggup dilunasi bisa menjadi pelajaran. Bagaimana dengan cepatnya seseorang kehilangan harta sebagai ganti karena utang tidak bisa dilunasi.

Hutang sering kali membuat orang ketagihan dan akibatnya hutang menjadi kebiasaan. Hutang untuk membantu sesuatu kebutuhan yang mendesak tentu tidak apa. Namun jika ternyata hutangnya untuk sesuatu yang tidak begitu perlu, tentu rugi yang didapatkan. Kecanduan berhutang membuat seseorang menjadi sulit untuk mandiri. Berbeda dengan orang yang terbiasa menabung. Setiap ada kebutuhan bisa ditangani sendiri dengan menggunakan tabungan yang dimiliki.

4. Menyelamatkan masa depan

Salah satu tujuan utama dari menabung adalah menyiapkan dana untuk kebutuhan masa depan. Menabung merupakan cara untuk bisa menyelamatkan masa depan. Semua orang pasti ingin hidup lebih bahagia pada akhirnya. Sayangnya ada pula orang yang harus kesusahan di masa-masa seharusnya mereka sudah bisa menikmati jerih payah. Kebanyakan karena saat berjuang dulu, semua hasil yang didapatkan langsung digunakan tanpa ada yang disimpan untuk masa depan. Pada saat kesusahan itu tiba, baru lah sadar betapa pentingnya menabung itu untuk menyelamatkan masa depan. Saat membutuhkan, berharap bisa menabung sebelumnya. Tentu saja itu sudah terlambat dan tidak bisa diperbaiki.

Apalagi sebagai manusia, sering kali mengalami kejadian-kejadian yang tidak terduga. Jika yang terjadi adalah hal baik yang menyenangkan, tentu tidak masalah. Namun saat tiba-tiba terjadi hal buruk dan membutuhkan biaya mendesak. Tentu saja yang terjadi adalah kebingungan karena butuh uang mendesak hari ini, namun tidak ada tabungan yang bisa digunakan. Menabung memang memberikan keamanan. Jika tidak terasa sekarang, maka akan disadari di masa mendatang. Apabila tidak ingin mengalami hal tersebut, coba lah untuk mulai membiasakan diri menabung. Menabung tidak merugikan, menabung justru akan memberikan keamanan untuk diri sendiri. Menabung akan membantu menyelamatkan harta kita juga agar bisa bertahan lebih lama di masa mendatang.

5. Menjadi investasi

Tabungan juga bisa menjadi salah satu investasi.  Investasi merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak keuntungan. Investasi dapat mengamankan dan bahkan menambah harta yang telah diinvestasikan. Investasi sering digunakan sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan dan ringan dijalankan. Tanpa bekerja, uang atau harta yang sudah masuk investasi akan bekerja untuk kita. Tidak perlu mengelola harta tersebut, kita bisa mendatangkan  sendiri keuntungan dari harta investasi. Selain harta yang bekerja untuk kita, menabung juga bisa menjadi investasi yang bisa digunakan untuk modal usaha. Tabungan merupakan salah satu solusi saat mencari pinjaman dana tanpa jaminan tanpa kartu kredit untuk kebutuhan usaha atau kebutuhan lainnya.

Mungkin masih banyak orang yang ragu untuk menabung, terutama menabung uang di bank. Biasanya alasan yang digunakan adalah karena menabung di bank akan dikenai biaya bulanan. Selain itu kekhawatiran terjadi inflasi juga menjadi salah satu hal yang menakut-nakuti seseorang untuk menabung uangnya di bank. Apalagi untuk uang-uang dalam jumlah yang besar. Jika tidak terlalu yakin menabung uang di bank, kita bisa menabung dalam bentuk harta lain yang lebih aman dari inflasi. Sebagai contoh adalah emas, kita bisa menabung emas untuk simpanan. Jika tidak mau emas, kita bisa dengan menginvestasikan ke usaha atau bisnis tertentu. Cara ini hampir sama seperti kita menabung, selain harta yang aman juga bisa bertambah dan tentunya menguntungkan.

Itulah beberapa manfaat dari menabung yang sayang untuk diabaikan begitu saja. Menabung tidak berat karena tidak harus dalam jumlah besar.




Waalaikumsalam Wr. Wb.

2 comments:

  1. Aku setuju mbak sama semua poin-poinnya. Aku juga sedang menggalakan menabung untuk diri sendiri dan sekaligus buat jadi contoh buat anak-anak. Kendala terbesarnya mungkin pada bagian komitmen ya, soalnya kadang tergoda untuk spend ke tempat lain ��

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat lagu anak anak di jaman aku kecil dulu tentang ajakan menabung. Perjuangan untuk konsisten dan disiplin menabung nih yang masih kuperjuangkan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.