4 Keseruan Wisata di Tempat “Masa Lalu” Semarang

December 22, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Setiap kota di Indonesia dikenal memiliki sebuah kawasan khusus yang berisikan penginggalan sejarah. Peninggalan ini tentunya  menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satunya ada di Semarang. Di kawasan ini terdapat sebuah tempat yang banyak ditemukan bangunan lama peninggalan Belanda. Kini, kawasan tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang semakin populer. Di beberapa sisi kawasan tersebut terdapat bangunan-bangunan tua yang masih tetap kokoh dan sudah dipugar kembali agar tampil lebih cantik. Kawasan ini dikenal dengan nama Kota Lama atau Semarang Old Town.





Tempat-tempat wisata apa saja yang menarik di kawasan Semarang Old Town ini? Bagi yang baru pertama kali ke Semarang, berikut beberapa tempat yang bisa dikunjungi :

1. Taman Srigunting

Taman Srigunting Kota Lama Semarang (Sumber gambar : arlisajati.blogspot.co.id)

Di kawasan Kota Lama Semarang terdapat sebuah Taman yang bernama Srigunting. Taman ini biasanya sering digunakan sebagai tempat berkumpul wisatawan baik dalam dan luar negeri sebelum menjelajahi berbagai macam tempat wisata di Semarang, khususnya kawasan Kota Lama. Tamannya tidak terlalu besar, namun sering dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh warga sekitar. Dari sini  pengunjung bisa melihat sebuah jembatan dan sisa-sia bangunan cagar budaya di Kota Lama. 

2. Stasiun Tua di Semarang, Tawang

Stasiun Tua Semarang (Sumber gambar : cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Agar kawasan Kota Lama Semarang semakin mudah dijangkau oleh para wisatawan yang ingin menghabiskan weekend atau menikmati libur panjang, layanan transportasi umum yang mendatangkan wisatawan tentunya sangat penting. Hal yang sama terjadi di kawasan Kota Lama. Sebuah stasiun kereta api yang sudah berusia ratusan tahun berada sangat dekat dengan lokasi kawasan Kota Lama. Stasiun Tawang namanya, dan menjadi salah satu stasiun kereta api paling besar di Semarang. Arsitekturnya sangat menarik karena masih menggunakan desain dan ornamen dengan gaya lama. Di stasiun ini para wisatawan yang baru pertama kali datang dapat berfoto dan menikmati beberapa spot foto yang menarik. Wisatawan tinggal melangkahkan kaki beberapa meter saja dan langsung melihat keindahan kawasan Kota Lama. 

Baca juga : "PIKNIK biar gak PANIK"

3. Berburu barang-barang antik di pasar "Klitikan" Kota Lama

Pasar Klitikan Kota Lama Semarang (Sumber gambar : solopos.com)

Di Kota Lama Semarang, terdapat satu tempat yang menawarkan berbagai barang-barang antik. Mulai dari senjata perang, mesin tik, kamera, hingga mobil-mobil tua yang pernah digunakan di masa lalu. Biasanya beberapa pengunjung atau wisatawan dapat berfoto dengan beberapa mobil tua yang sudah tidak terpakai lagi seperti salah satu mobil antik buatani Volkswagen. Bahkan beberapa benda-benda antik tersebut dijual dengan harga yang bervariasi. Hal paling penting, benda-benda antik ini masih bisa ditawar loh, silahkan unjuk kebolehan tawar-menawar saat belanja di sini. 

4. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk Semarang (Sumber gambar : wikipedia.org)

Bagi yang sudah pernah berkunjung ke Semarang atau bertempat tinggal di sekitar Semarang pasti sudah megenal Gereja yang satu ini. Gereja Blenduk isitilahnya. Nama ini diberikan oleh masyarakat sekitar karena Gereja ini memiliki atap yang berbentuk kubah. Letaknya sangat dekat dengan kawasan Kota Lama, sehingga tidak jarang membuat para wisatawan kemudian memalingkan matanya untuk melihat gedung Gereja yang aslinya bernama GPIB Immanuel. Gereja Blenduk sendiri merupakan salah satu Gereja yang paling tua di di Jawa Tengah. Bahan di dalam kubahnya Gereja ini disebut memiliki lapisan perunggu murni di dalamnya.

Belum pernah menjelajahi kawasan Kota Lama Semarang? Wisatawan dapat dengan mudah mengunjungi tempat ini. Cara termudah menuju tempat wisata di Semarang ini adalah dengan menggunakan kereta api. Jika wisatawan berangkat dari stasiun kota-kota besar lainnya di Pulau Jawa bisa langsung turun di Stasiun Tawang, stasiun paling dekat dengan kawasan Kota Lama. 





Selamat menjelajahi Kota Lama Semarang ya!
Waalaikumsalam Wr. Wb.

3 comments:

  1. Aku baru sekali lho ke Semarang..ihihi
    Kemarin baru main ke Lawang Sewu
    Someday, bisa nih menjelajah destinasi lainnya

    ReplyDelete
  2. Insya Allah liburan ini mau ke Semarang, udah masuk list emang kota tua tapi baca ini jadi lebih jelas ke mananya ^^

    ReplyDelete
  3. Lets go to Semarang, meski jaraknya tdk bgt jauh dari Jogja. Tp saya jarang mengeksplore kota satu ini.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.