Resep Buat Kolak Lengkap dan Hangat

December 22, 2017




Assalamualaikum Wr. Wb.

Penghujung tahun selalu ditemani dengan hujan yang cukup membuat tubuh dingin. Makanan berkuah dengan sensasi hangat cocok untuk disantap bersama. Apalagi kalau sudah di rumah dan terjebak hujan gak bisa kemana-mana. Tak ada lagi pilihan selain menyiapkan makanan hangat atau bersembunyi dibalik selimut dengan perut keroncongan.

Salah satu menu makanan hangat yang bisa dicoba karena mudah dan praktis mulai dari bahan dan cara pembuatannya adalah kolak. Kolak bisa disantap kapan saja, entah sebagai makanan pengganjal perut, makanan penutup atau bahkan sekadar cemilan sambil ngobrol. Yang pasti saat cuaca dingin kita ingin kolak hangat, sedang saat cuaca panas, kolak dingin bisa dihadirkan. 

Resep Buat Kolak Lengkap dan Hangat

❤ Resep dan Bahan Membuat Kolak ❤

Nah buat ibu-ibu yang kebetulan ingin buat kolak istimewa sendiri di rumah, ibu bisa kok melakukanya. Mengingat untuk membuat kolak tidaklah butuh keahlian khusus. Cukup ikuti langkah dan cara dibawah ini. 

Berikut adalah bahan dan bumbu yang bisa Ibu siapkan :

1. Pisang, ketela, singkong, nangka, durian, kolang-kaling, titik genik.

Untuk bahan utama ini, Ibu bisa memilih minimal satu. Semakin lengkap akan semakin gurih. Meski hanya pisang atau ketela saja itu juga sudah nikmat. Untuk porsi empat orang, Ibu bisa mengambil lima hingga delapan pisang plipit akan semakin enak. Sesuai selera. Jika Anda menggunakan ketela atau singkong, rebus dulu kedua bahan itu hingga matang baru dicampurkan untuk membuat kolak.

2. Santan

Sasa, Santan, Kelapa, Kreasi, Masakan, Resep
Ibu bisa memilih antara santan instan satu bungkus atau seperempat kelapa. Untuk lebih praktis sangat menyenangkan menggunakan santan instan. Tapi untuk kenikmatan dan kesegaran rasa santan yang nikmat, santan dari kelapa yang diparut meski lama menjadi pilihan. Eits, itu teori lama. Sejak hadirnya Sasa Santan Kelapa, kita tak perlu memarut kelapa sendiri lalu memerasnya hanya untuk mendapatkan kesegaran rasa santan. Pasalnya, Sasa Santan Kelapa adalah santan segar yang dikemas dengan teknologi modern. Sehingga waktu sampai ke tangan konsumen masih dalam keadaan segar. Apalagi, santan instan yang satu ini dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Jadi kamu tak perlu lagi memasaknya. Juga, cocok untuk segala jenis masakan, makanan, dan minuman, tak hanya untuk buat kolak saja. tentunya santan yang ini memiliki aroma dan rasa sesegar kelapa yang langsung diperas. Dan perlu diketahui juga ia tanpa pengawet. 

3. Gula pasir atau gula merah

Untuk porsi empat orang, bisa ditambahkan lima sendok makan gula pasir atau dua blok gula merah berukuran kecil (setengah bola). Tapi ya sesuai selera, apakah bu ibu suka yang manis, atau sedang-sedang saja. 

4.  Jahe

Ibu bisa menggeprek jahe agar rasa kolak semakin sedap. Untuk rasa jahe yang benar-benar strong, bisa memarutnya bersama kelapa.

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sekarang waktunya masak.
  1. Masukan semua bahan utama (pisang, ketela, singkong, nangka, durian, kolang-kaling, titik genik) dan santan ke dalam panci,
  2. Aduk terus menerus hingga mendidih. Jangan lalai agar santan tidak pecah. Rasa santan yang pecah cukup menganggu di tenggorokan,
  3. Saat Sasa Santan Kelapa mendidih masukan gula dan jahe. Aduk hingga gula larut dalam santan. Sekitar 5 hingga 10 menit,
  4. Matikan kompor setelah selesai, dan
  5. Sajikan ke dalam mangkok dan selamat menikmati bersama keluarga tercinta.
Waooo mudah dan simpel banget kan? Semua jelas lebih mudah berkat Sasa Santan, Aslinya Santan. Yuk bu ibu siapkan Sasa Santan untuk setiap masakan lezat ibu.
Selamat mencoba !

Waalaikumsalam Wr. Wb.

10 comments:

  1. Uncch tampak lezat.. Kolak ini identik sama ramadhan ya, kalau ga ramadhan emang mesti bikin sendiri. Resepnya mau nyoba ahhh .
    Makasih mbak share nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak, keknya kolak adalah menu wajib buka puasa deh hehehe

      Delete
  2. Saya jarang banget di dapur, jadinya kurang update sama bumbu-bumbuan atau pelengkap masakan. Sampai enggak tahu kalau sekarang ada santan yang siap pakai. Widiiihh, ini mah bikin kegiatan di dapur makin asyik ya mbak. Terima kasih sharingnya, mau nyobain resepnya, segera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang semuanya jadi lebih praktis mbak, hayuk semangat ke dapur hehehe

      Delete
  3. Kalau ada yang santan yang instan, bikin kolak jauh lebih mudah

    ReplyDelete
  4. enakyaa sepertinya.. dirumah juga suka bikin kolak hangat, apalagi dicampur kacang ijo dan durian beeuhh

    ReplyDelete
  5. Caranya milih pisang buat kolak yang bagus, gimana sih mba? Ada jenis pisang tertentu yang bakalan enak banget dijadiin kolak nggak sih?

    Pas banget nemu resep begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang yang kolak lebih enak pakai pisang jenis pisang kepok mbak

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.