5 Tips Berbelanja Pakaian Menjelang Bulan Ramadhan

March 16, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Bulan Ramadhan tinggal hitungan hari lagi, sudahkah kita bersiap diri menyambutnya? Seluruh umat muslim di dunia pasti menanti-nanti dan bergembira menyambut bulan suci Ramadhan yaitu bulan yang  penuh berkah dan karunia dari Allah Subhanahu wata’ala untuk seluruh muslim di seluruh penjuru dunia. Hal yang identik dengan bulan Ramadhan adalah pelaksanaan ibadah puasa selama sebulan penuh dan dengan diiringi sholat tarawih secara berjamaah.


Sementara puncak bulan Ramadhan adalah perayaan hari Idul Fitri sebagai hari kemenangan atas ibadah yang dikerjakan selama sebulan penuh. Berbicara tentang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri pasti tidaklah luput dari kegiatan belanja. Kegiatan itu adalah dalam rangka menyiapkan hidangan berbuka, sahur dan hidangan untuk tamu atau sanak saudara dibulan Syawal. Selain berbelanja bahan makanan, barang belanjaan yang juga menjadi prioritas adalah busana muslim.
Anggaran yang harus kita persiapkan untuk belanja menjelang bulan Ramadhan dan hari Raya idul Fitri cukuplah tinggi. Maka dari itu kita harus bisa menjadi konsumen yang cerdas, jangan berbelanja hanya karena tergiur diskon. Berikut ini 5 tips berbelanja pakaian menjelang bulan Ramadhan :

1. Buat Wish List Sesuai Prioritas Kebutuhan

Jika kita ingin belanja pakaian sebaiknya rencanakan dahulu apa saja yang memang kita butuhkan, jangan sampai kita kalap hanya karena gelap mata. Kita perlu membuat wish list atau daftar belanjaan. Hal ini dapat menghemat uang selama Ramadhan karena kita dapat mengeluarkan anggaran sesuai kebutuhan yang menjadi prioritas saja.  

Misalkan kita membuat wish list pakaian lengkap untuk satu keluarga seperti baju gamis untuk kita sendiri, sarung dan baju koko untuk suami serta setelan pakaian anak untuk buah hati kita.

2. Memilih Tempat Berbelanja yang Tepat

Misalkan kita berencana membeli pakaian muslim wanita berupa long dress atau gamis maka kita cukup mengunjungi butik khusus muslimah sehingga kita tidak tergiur dengan produk fashion lain jika kita berbelanja ke Supermarket atau Supermall yang tentunya akan memebengkakkan pengeluaran kita. 

Berbelanja online juga bisa menjadi pertimbangan tempat dimana kita akan belanja pakaian. Meskipun kita harus memikirkan biaya ongkos kirim tetapi ada banyak keuntungan lain saat berbelanja online seperti efisiensi waktu dan lain-lain.

3. Pintar-pintar Memilih Model Pakaian yang Sesuai Postur Tubuh

Sebelum memtuskan pergi berbelanja lebih baik kita tentukan terlebih dahulu model pakaian yang akan kita beli. Sesuaikan juga modelnya dengan postur tubuh kita mulai dari ukuran berat badan, tinggi badan sampai pada warna kulit. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kesalahan belanja yang berakhir dengan keinginan berbelanja lagi dengan model pakaian yang lebih tepat. 

Pertimbangan lain, misalnya kita akan membeli gamis sebagai baju muslim di bulan Ramadhan maka pilihlah yang satu seat dengan jilbabnya sehingga kita tidak perlu memikirkan anggaran lagi untuk membeli jilbab. Atau mungkin jika kita sudah banyak memiliki koleksi jilbab kita cukup membeli pakaian yang warnanya senada dengan jilbab koleksi kita dirumah.

4. Melakukan Perbandingan Harga 

Model dan kualitas yang sama terkadang tidak bisa menjamin kesamaan harga disetiap toko atau tempat belanja. Kita tidak perlu terlalu cepat mengambil keputusan dalam membeli pakaian itu ketika melihat label harga, bandingkan dulu dengan tok yang lain.

5. Mencari Penawaran Belanja Online yang Murah

Tidak ada salahnya mencari penawaran pada merek yang kita sukai dengan informasi barang murah secara online. Salah satunya dengan beli gamis di Tokopedia yang hadir dengan banyak penawaran fashion muslim baik untuk wanita maupun laki-laki. Beli gamis di Tokopedia dengan menggunakan kode promo tentunya juga akan menghemat dan memangkas anggaran belanja kita. Selain fashion muslim dewasa di Tokopedia juga menawarkan produk fashion anak terlengkap

Okey, itulah 5 tips berbelanja pakaian menjelang bulan Ramadhan ala aku yang wajib mommies terapkan demi menghemat dan memangkas anggaran belanja. Sehingga efisiensi anggaran dapat kita prioritaskan untuk bersedekah. .

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Regards 
Yenny

2 comments:

  1. Waahh udah mau deket sama lebaran yaaaa, asiikk...

    ReplyDelete
  2. Baca tulisam ini jadi keingetan, sebentar lagi Ramadan ya. Kayanya saya belanja bajunya sekarang aja kali ya. Biar ga ribet antri :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.