Jalan-Jalan Bareng Anak 2 Tahun di Jatim Park 2

March 09, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Akhirnya setelah sekian lama 'kurang piknik', akhirnya weekend kemaren berkesempatan jalan-jalan ke Jawa Timur. Ngapain ke Jawa Timur bukannya aku asli Jatim? Yes, aku memang kelahiran Jawa Timur tepatnya di pinggiran Pacitan sana tapi sampai segede eh setua ini aku belum pernah menginjakkan kaki dibelahan bumi Jawa Timur bagian Batu Malang. Yah, betul banget jalan-jalan kemaren itu adalah ke Batu Malang. 


Seneng sih akhirnya kesampean bisa kesana. Dulu aku merelakan tidak ikut kesana saat rombongan teman-teman kantor piknik ke Malang dan ternyata sekarang ada kesempatan kesana lagi bersama keluarga dan temen-teman kantor suami. salah satu tujuan wisatanya adalah Jawa Timur Park 2.

Sudah sering ya aku tulis dalam beberapa tulisan sebelumnya di blog ini jika aku berserta anak dan suami adalah satu paket yang gak bisa pergi sendiri-sendiri. Kami selalu melakukan perjalanan bersama. Well, dan jalan-jalan ke Batu Malang kemaren kita berangkat bertiga, Rafa juga ikut serta. Awalnya aku ragu untuk mengajak Rafa ikut serta karena kami harus berangkat pagi-pagi usai Subuh menggunakan bus. Itenerary yang disusun juga begitu padat, aku kuwatir Rafa kecapekan. But, siapa sangka dia sangat kooperatif dan ceria sepanjang perjalanan.

Jawa Timur Park 2 berada di Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu Kota Malang. Dikompleks ini terdapat 3 titik wisata yang dapat dieksplorasi yaitu Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Pohon Inn. Pada kesempatan itu kami focus mengeksplorasi seluruh rute di Batu Secret Zoo yang ternyata benar-benar menguras tenaga untuk menyusuri seluruh rutenya.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Batu Secret Zoo buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB. Sementara harga tiketnya adalah sebagai berikut :
Senin sampai dengan Kamis: Rp.75.000,00
Jum’at dan Minggu: Rp.105.000,00
Harga tiket tersebut termasuk wahana Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Zona Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo terbagi menjadi beberapa area/zona yang dibagi berdasarkan kategori hewan yang meliputi:
  1. Zona Reptile. Berbagai macam reptil yang dipajang di akuarium dengan penataan interior sesuai dengan habitat aslinya bisa Anda temui di area New Reptile Garden.
  2. Zona Aquarium. Berbagai koleksi binatang air tawar maupun air laut bisa membuat kami terkesima. Rafa aja gak mau keluar dari zona ini karena dia menemukan ada ikan (mirip) nemo.
  3. Zona Savanah. Zona ini berupa sebuah lorong kaca tempat pengunjung bisa menikmati hewan-hewan Afrika dengan kondisi habitat yang dibuat semirip aslinya. Pengunjung juga diajak untuk menambah wawasan dengan media interaktif tentang hewan di savannah ini. 
  4. Pasar Afrika. Pasar Afrika adalah rute yang kami lewati selanjutnya, yaitu lingkungan yang dibuat sedemikian rupa agar seperti kondisi di benua Afrika. Di area ini, kami juga bisa memberi makan gajah dengan tangan di jam-jam yang telah ditentukan.
  5. Fantasy Land dan Adventure Land. Di area ini  anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai macam wahana permainan seru termasuk kolam bermain air yang sangat menarik. Kami juga bisa mencoba tur River Adventure sambil melihat replika Kapal Nabi Nuh dengan berbagai macam patung hewan di atasnya.
  6. Zona Tiger Land. Di area terakhir ini, kami melihat hewan-hewan yang dikenal sebagai raja rimba seperti harimau dan singa yang ditempatkan di kandang terbuka yang cukup luas. Dinding kaca yang tebal membatasi interaksi kami dengan hewan buas tersebut tanpa harus kehilangan momen untuk menikmati tingkah laku mereka sehingga semuanya aman.





 Aktivitas Yang Dapat Dilakukan di Batu Secret Zoo
  1. Menikmati wahana play ground gratis di dalamnya. Di play ground tersebut terdapat carousel, kereta listrik, bom-bom car dan wahana permainan menarik lainnya.
  2. Menunggang gajah dengan mengitari rute yang telah ditentukan.
  3. Naik perahu atau kendaraan wisata air lainnya berkeliling danau buatan.
  4. Berfoto bersama binatang terlatih seperti burung dan ular dengan biaya hanya Rp 5.000,00.
  5. Melihat koleksi lukisan art trick untuk bisa foto dengan efek 3D.
  6. Melihat atraksi menarik di beberapa lokasi seperti Savannah, Pasar Afrika, Tiger Land, River Adventure, Safari Farm, Hippo & Croc Garden, dan lainnya.


Tips Wisata di  Batu Secret Zoo dengan Anak 2 Tahun
  1. Berjalanlah sesuai dengan rute yang sudah ditentukan agar tidak ada yang terlewat. Jika mengikuti rute tanpa memotong perjalan memang butuh waktu kurang lebih 2-3 jam jadi jika mengajak anak lebih baik bawalah pockit atau kereta dorong.
  2. Karena tempatnya yang luas, disarankan datang di pagi hari agar tidak kepanasa, kasihan anak-anak jika berangkat tengah hari.
  3. Sedia payung, topi dan jaket untuk berjaga-jaga terhadap cuaca panas atau hujan.
  4. Untuk mengelilingi seluruh area ini minimal memerlukan waktu 2 jam, jadi sebaiknya membawa bekal minum atau snack untuk anak. Pengalaman kemaren Rafa berkali-kali minta minum sampai kehabisan bekal minum dan mau-tidak mau harus beli di kantin yang berada di kompleks Batu Secret Zoo. Ini sangat merugikan kalau menurutku karena harga snack dan minuman di sana harganya 3 x lipat dengan toko di luar.
  5. Siapkan stamina dan fisik jika ingin mengelilingi Batu Secret Zoo dengan jalan kaki, areanya sangat luas, cukup menguras tenaga.
  6. Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan seperti sandal jepit atau sneakers dan hindari high heel.
  7. Berjalanlah dengan santai sambil memberikan informasi kepada anak tentang satwa yang dia lihat.
  8. Bila kita tidak cukup kuat menjelajah are wisata, kita bisa menyewa e-bike. Biaya penyewaan e-bike ini pun beragam, mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah. Mudahnya lagi, jika awalnya  memutuskan untuk tidak menyewa e-bike namun di tengah perjalanan Anda merasa lelah, kita  bisa langsung menelpon ke pos penyewaan e-bike di nomor 0858-1547-9991 dan e-bike pun akan segera diantar ke lokasi tempat kita berada.
Okey, itulah beberapa pengalaman dan review yang dapat aku tulis selama menikmati objek wisata Batu Secret Zoo dengan mengajak anak usia 2 tahun. Semoga lain waktu dapat kesana lagi untuk lebih mengenal tentang satwa di seluruh benua.

Baca : Weekend in Jogja

Sumber : https://wisatapedi.com

Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 comment:

  1. seru yaaaa, wahananya juga banyak, jadi makin banyak yang diketahui

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.