Seminar Peran Orang Tua dalam Stimulasi Tumbuh Kembang Anak oleh Komunitas E-ping Solo

March 13, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.


Alhamdulillah akhirnya seminar parenthing yang beberapa hari terakhir telah banyak menyita waktu dan pikiran dalam persiapannya, akhirnya terlaksana dengan lancar dan sukses. Seminar yang dihadiri lebih dari 120 peserta di Aula Gedung MERC Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret ini mengangkat tema tentang Child Development yaitu Peran Orang Tua dalam Stimulasi Tumbuh Kembang Anak dengan menghadirkan  Prof. Dr. dr. Harsono Salimo, Sp.A (K) - Dokter Spesialis Pediatrik Sosial & Tumbuh Kembang Anak dan Rr. Siti Novi Hikmah M.R, Sst, RPT - Fisioterapis Tumbuh Kembang Anak sebagai narasumber. 


Seminar dimulai pukul 09.00 WIB dengan ice breaking dan sambutan ketua penyelenggara. Tepat pukul 09.30 WIB Prof. Dr. dr. Harsono Salimo, Sp.A (K) sebagai narasumber pertama memaparkan tiga poin tentang tuumbuh kembang anak yang wajib diketahui oleh orang tua. Ketiga poin penting tersebut adalah : Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, Pentingnya ASI dalam tumbuh kembang anak dan Peran orang tua dalam stimulasi tumbuh kembang anak. 


Rr. Siti Novi Hikmah M.R, Sst, RPT sebagai narasumber kedua memaparkan tentang Deteksi Dini dan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. Pada sesi ini narasumber juga memberikan praktik langsung bagaimana cara memberikan stimulasi kepada anak sesuai dengan tahapan usianya.


Stimulasi merupakan salah satu upaya untuk mencerdaskan anak. Stimulasi harus dilakukan sedini mungkin, bahkan sejak masih dalam kandungan. Sebaiknya dilakukan stimulasi terhadap semua aspek perkembangan dengan melibatkan semua anggota keluarga. Peran orang tua sangan sentral dalam keberhasilan stimulasi. Tentu saja faktor gizi terutama pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan sampai anak usia 2 tahun sangat menunjang keberhasilan tersebut.



Wassalamualaikum Wr. Wb.

Regards
Yenny

2 comments:

  1. aLHAMDULILLAH acaranya sukses ya mbak, coba aku masih di Solo, mungkin bisa ikutan juga hehehe
    Btw seneng gitu bisa dapat ilmu sekaligus praktik langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak Mei ikutan next event insyallah di Cirebon

      Delete

Powered by Blogger.