Inilah Macam-macam Gendongan Bayi Model Sling yang Perlu Mommies and Daddies Ketahui

By yeni susanti - 11:25:00

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Apa kabar hari ini mom? Kali ini aku akan sedikit mengulas tentang masalah gendong-menggendong anak. Kayaknya gak ada yang istimewa ya kalau kita ngomongin tentang gendongan anak. Bukannya itu sudah hal biasa banget buat semua ibu. Eh, tunggu dulu mom ternyata hal yang kita anggap sepele ini bisa jadi masalah kalau kita tidak cermat dan terus mencari tahu tentang hal yang satu ini. Menggendong itu bukanlah hal mudah yang tidak memerlukan teknik dan tanpa ada ilmunya. Buktinya belakangan ini telah banyak kita temui pakar-pakar baby wearing yang mulai gencar mensosialisasikan teknik menggendong bayi kepada seluruh mommies and daddies di seluruh dunia.

Zaman awal-awal punya anak dulu, aku tahunya gendong bayi itu pakai selandang yang orang jawa menyebutnya kain "jarik". Lebih kerennya pakai ring sling yang dijual di swalayan dengan harga kurang dari Rp 100.000,00. Ternyata oh ternyata sekarang kita bisa memilih berbagai macam jenis gendongan yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan mulai dari pertimbangan berat badan bayi, usia, keamanan sampai pertimbangan harga.

Okey, di tulisan ini aku akan lebih spesifik membahas tentang gendongan bayi yang dalam bahasa internasionalnya disebut SLING. Gendongan bayi atau sling ini ternyata juga memiliki banyak macam atau tipe yang dapat kita pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan mommies and daddies. 

1. Pouch Sling

Pouch Sling berbentuk kantong kain dengan bentuk sederhana, selembar kain yang dijahit kedua ujungnya.  Gendongan tipe ini memiliki ukuran tertentu, disesuaikan dengan ukuran tubuh pemakainya agar lebih nyaman. Sebagian dari gendongan ini dapat diatur panjangnya sehingga dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Namun jenis gendongan ini juga terdapat keluaran yang  tidak bisa diatur ukuran dan panjang pendeknya. Pouch Sling relatif berukuran lebih kecil sehingga tidak menghabiskan banyak tempat di dalam diaper bag, lebih mudah dan cepat untuk digunakan dan dilepaskan, dan terbuat dari bahan dengan motif yang menarik dan fashionable.

Sumber gambar : www.pupsik-pouch-baby-sling
2. Ring Sling 

Ring Sling juga digunakan pada satu bahu tetapi dapat diatur panjang pendeknya dengan menarik kain melalui cincinnya. Pada dasarnya Ring Sling merupakan kain selendang dengan 2 buah lingkaran (ring) dari bahan plastik atau besi yang menempel di salah satu ujungnya. Kedua lingkaran itu menggantikan fungsi simpul untuk mengikat gendongan seperti yang biasa digunakan pada gendongan kain tradisional misalnya kain Rebozo di Meksiko atau selendang jarik di Indonesia. Ada Ring Sling yang memiliki bantalan padding di posisi bahu atau di sepanjang gendonganAda juga tipe yang agak berbeda dengan tipe tradisional, di mana ujung kainnya dilipat dan dijahit sedemikian rupa sehingga membentuk tali. 
Sumber gambar : www.hoppediz.de
3. Mei Tai

Gendongan tipe ini merupakan versi modern dari gendongan tradisional Cina bernama Mei Tai yang ditambahkan panel badan, tali sabuk di bahu dan pinggang. Versi modern dari Mei Tai ini biasanya memiliki tali sabuk bahu yang lebar dengan bantalan (padding), atau tali sabuk yang ekstra lebar, tanpa bantalanyang menyerupai baby wrap untuk memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Gendongan Mei Tai juga menawarkan berbagai fitur seperti headrest (tempat sandaran kepala bayi) atau sleeping hood (tudung untuk menutup kepala bayi ketika tidur), kantong untuk menyimpan popok atau keperluan lainnya, dan berbagai pilihan bahan dari mulai yang sederhana sampai yang mewah.

Sumber gambar : www.cdn3.bigcommerce.com
4. Soft Structured  Carrier

Gendongan ini juga memiliki panel badan dan sabuk bahu dan pinggang, di mana fungsi simpul ikatan digantikan oleh sabuk serta adanya penambahan bantalan tebal pada bahu dan pinggang. Secara penampilan, gendongan tipe ini jauh berbeda dari Mei Tai. Gendingan Soft Structured Carrier ini menawarkan kenyamanan sabuk pengikat seperti tas ransel namun dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menggendong bayi dengan aman. Gendongan ini bisa digunakan untuk menggendong bayi baru lahir sampai usia balita – tergantung merknya.

Sumber gambar : www.babble.com
5. Stretchy Wrap

Stretchy Wrap yaitu wrap yang dibuat dari kain yang cenderung bisa melar, sehingga mudah digunakan menggendong newborn / bayi yang masih kecil.  Stretchy Wrap terbuat dari  kain semodel knit jersey/kain bahan kaos dari bahan campuran katun dan spandex/lycra. Sebagai misal, kain berbahan 95% katun dan 5% lycra akan cocok digunakan sebagai stretchy wrap karena bahan lycranya membuat si wrap bisa stretch yang memudahkan untuk menggendong si kecil, tapi persentasenya cukup kecil sehingga kain wrap tetap kokoh dan aman untuk menggendong bayi.

Sumber gambar : www.slingsandthings.co.uk
6. Wopen Wrap

Woven wrap, yaitu wrap yang dibuat dari kain yang lebih sturdy (tidak melar/elastis) sehingga bisa digunakan untuk menggendong dari newborn sampai toddler juga. Beberapa jenis kain yang diminati biasanya cotton gauze, osnaburg, atau muslin. Untuk bahan, biasanya kain berbahan 100% katun atau perpaduan katun dan linen sangat diminati karena bahan katun membuat si wrap cenderung adem dan tidak panas. Intinya, cari kain yang kuat untuk digunakan menggendong bayi, tapi tetap ringan dan tidak terlalu tebal sehingga membuat bayi dan ibu kepanasan. Barangkali untuk di Indonesia, jika bisa mendapat bahan kain batik seperti gendongan batik pada umumnya, tapi bisa beli meteran, maka bahan itu bisa jadi kandidat yang cocok.

Sumber gambar : www.littlepossums.co.uk
7. Stretchy Hibryds

Stretchy Hibryds lebih fleksibel dan lentur. Dapat digunakan dengan berbagai posisi dan berbagai umur. Stretchy Hibryds memberikan dukungan yang sangat baik untuk bayi mulai dari pinggul sampai kepala. Selain itu juga memberikan kemudahan pengaturan size bagi penggendong/orang tua. Stretchy Hibryds sangat melar sehingga cepat dan mudah untuk keluar masuk bayi tanpa harus melepas ikatan apapun.

Sumber gambar : www.carrymeaway.com
Yeah, itulah beberapa macam gendongan model sling yang dapat mommies and daddies pilih untuk menggendong si kecil agar nyaman, aman sesuai usia dan berat badannya. Semoga bermanfaat ^_^

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber :
http://ummiummi.com/membuat-baby-wrap-sendiri
https://anakbayibalita.wordpress.com/2010/10/28/pedoman-memilih-gendongan-bayi/ 



  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aq dulu pake yg strachy wrap itu mbak...lentur dan masi bisa kepake sampai skg..tp Oma nya narend ga suka pakai itu, ribet katanya..hehhe

    ReplyDelete
  2. Aku punya yang carrier sama sling itu. Seringnya pake model sling, padahal enakan carrier yak karena beratnya seimbang. Nah masalah aku itu susah pake jarik >.<

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak banget macam sling, aku mah tahunya jari, ring sling, dan Soft Structured Carrier... wong punyanya juga cuma 3 itu... heheh

    ReplyDelete
  4. Aku punya sekitar 4-5 gendongan, tapi alhasil jarang kupakai hehe
    Lbh suka gendong dgn tangan :D
    Tapi kalau disuruh milih lbh suka carrier krn mudah dilepasnya dan gak ribet makenya :D

    ReplyDelete