Terimakasih Mama, Di Usia Cantikmu Engkau Telah Mengantarkanku ke Kehidupan Seperti Saat Ini

November 21, 2016
Assalamualaikum Wr. Wb.

"Alloohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa"

Usia Cantik ? Sebenarnya apakah yang dimaksud usia cantik ? Wanita akan selalu bertranformasi dalam setiap jengkal perjalanan hidupnya. Saat mulai menjalani hidup di usia 35 sampai 45 tahun itulah saat-saat dimana kita mengarungi waktu usia cantik pada diri kita. Mengapa demikian? Karena pada usia itulah wanita dianggap benar-benar matang secara fisik maupun psikologis. Berbicara tentang usia cantik, aku jadi teringat perjuangan mamaku. Perjuangan yang begitu kuat untuk tetap bertahan menjadi wanita yang kokoh. Ya, mama adalah satu-satunya sosok wanita yang aku idolakan, satu-satunya sosok wanita yang menjadi inspiratorku. Thanks mama.


Di usia cantik mama telah banyak menghadapi berbagai rasa pahit manis kehidupan. Banyak hal yang bisa aku banggakan darimu mama,  cara yang mama tempuh untuk survive dalam menghadapi getirnya cobaan hidup ini. Bagaimana mama begitu teguh dan sabar menuntunku menjadi wanita mandiri dan berilmu. Jujur aku ingin hatiku secantik hatimu mama, saat kelak aku memasuki usia cantikku.

Usia cantik mama kini hampir berakhir dan semoga Allah SWT senantiasa memanjangkan umur mama untuk manapaki usia-usia selanjutnya. Kini mama telah berusia 44 tahun, artinya setahun lagi usia mama mungkin tak lagi disebut usia cantik tapi bagiku dan bagi orang-orang disekitar, mama tetap secantik bidadari surga dihati kami.

Terimakasih mama. Mungkin aku adalah anak yang kurang tahu diri karena yang bisa aku lakukan hanyalah berucap itu atas semua pengorbanan dan perjuanganmu untukku mama. Dipertengahan usia cantik, mama harus menghadapi rasa kehilangan yang begitu dalam sepeninggal papa. Dipertengahan usia cantik mama harus berjuang seorang diri menjadi single parent. Status yang sangat berat untuk dijalani seorang wanita tapi ternyata mama berhasil melampaui masa-masa kalut dengan kesedihan itu. Mama masih terus berjuang membesarkan aku dan adek, seorang diri. Ya, you are my hero mama. 

Pentingkah aku menceritakan bagaimana perjuangan mama di usia cantik? Bagiku itu sangatlah penting, bukan untuk diketahui orang lain atau menyombongkan diri tetapi karena perjalanan mama adalah inspirasi terhebatku. Aku ingin menjadi ibu yang sebaik mama bagi anak-anakku. Aku juga ingin menjadi istri setaat mama untuk menantumu ma. Dan aku juga ingin menjadi menantu yang sesabar mama.

Mama, inilah beberapa hal yang telah mama perjuangkan di usia cantik, yang selalu tersimpan di memoriku :

Status Single Parent Tak Pernah Menyurutkanmu, Mama

Secuil cerita tentang perjuangan mama menjadi single parent telah aku tulis diatas. Statusmu memang single parent kala itu mama, tetapi bagiku mama tak jauh berbeda dengan sebelum mama menyandang status itu. Justru bagiku mama jauh lebih matang dan memiliki pola pikir yang luar biasa. Mama yang kala itu harus menjalani peran sebagai papa sang pencari nafkah dan ibu sang guru madasrah bagiku dan adek harus menyesuaikan ritme hidup baru. Belas kasihan dan cibiran orang lain atas status baru itu  justru memecut semangat berapi-api mama untuk membuktikan bahwa mama bukanlah wanita yang layak dikasihani. "Tak perlu mengasihaniku !" Begitu tegas mama mengucapkanya.

Hampir habis waktu mama, hanya untuk menyiapkan seluruh kebutuhan anak-anakmu ini. Waktu tidurmu juga terampas habis. Namun ternyata, aku justru melihat wajah mama semakin bersinar. Mama tetap ceria menjalani hidup hanya bertiga. Ya bertiga saja, ada mama, aku dan adek. Aku yakin Allah SWT selalu membuat wajah mama bersinar, melalui air wudhu yang mama basuhkan setiap lima waktu dan di setiap waktu tengah malammu. Guratan wajah dan senyuman mama begitu cantik ma. Itulah yang menjadi alasan bagiku agar dapat menyelasaikan pendidikan dan menggapai karir yang lebih baik.

Terimakasih Mama, Kau Hadir dalam Upacara Wisuda Sarjanaku Meski Seorang Diri 

Berkat perjuangan mama yang luar biasa akhirnya aku dapat menyelesaikan pendidikan sarjanaku kurang dari 4 tahun. Disitulah aku merasa mama berada pada puncak kebahagianmu kembali. Raut wajah bangga dan semakin percaya diri tersirat jelas digaris senyumanmu.

Hari itu, awal bulan September tahun 2012 mama menumpangi bus Aneka Jaya meluncur ke Solo demi menghadiri hari kelulusanan putrimu ini. Mama begitu berani, tak seorangpun yang mengantar mama menuju kota ini tapi mama bisa sampai dengan membawa senyuman bahagia ditengah peluhmu mama. Seluruh wisudawan selalu didampingi kedua orang tuanya bahkan seluruh sanak saudara dibawa untuk menghadiri acara bersejarah itu, tapi itu tak berlaku bagi kita mama. Kala itu hanya kita berdua.


Tahukah mama, perasaanku begitu bahagia dan bangga terhadap perjuangan mama selama ini. Sebagai seorang single parent yang hanya kerja serabutan tetapi mama berhasil memberikan gelar sarjana di belakang namaku. Hari itu kita bahagia sekali, mama. Kita mengabadikan banyak foto.

Akhirnya Mama Menemukan Pendamping Hidup Lagi

Sebagai sosok wanita mandiri, cantik dan masih berada dalam usia cantik bukanlah hal yang sulit bagi mama untuk menemukan belahan jiwa kembali. Mama adalah independent women yang berdedikasi tinggi jadi banyak lelaki matang yang siap mengimami mama. Mama bukanlah wanita egois yang hanya mementingan kepentingan dan perasaan mama sendiri. Mama tak pernah malu mendiskusikan hal sensitif tentang lelaki dan sosok ayah bagiku. Mama tetap sabar untuk meluluhkan hatiku yang sekeras batu, mama tetap sabar membukakan hatiku tentang sosok ayah yang baik. Maafkan aku mama, yang kala itu aku bersikukuh tidak akan menerima lelaki manapun sebagai pengganti papa dikehidupan kita.

Waktu terus berputar. Sosok ayah yang mampu mengayomi hidup kita kini telah dikirimkan Allah SWT.  Pilihan mama aku akui memang sangat tepat ma,  mama telah membuktikan bahwa papa baruku mampu menentramkan hidup mama dan menggantikan sosok ayah seperti halnya yang dilakukan papa dimasa hidupnya. Semoga mama papa bahagia selalu dengan kehidupan baru ini.

Terimakasih Mama Sudah Mengantarkanku Menemukan Jodohku

Masih berada di usia cantik tapi mama sudah berhasil mengantarkanku kepada jodohku. Terimakasih mama, kau telah memberikan restu atas pilihanku. Sosok suami dan sosok menantu yang sama-sama kita harapkan kini telah ada dihadapan kita. Dialah yang sekarang menggantikan tanggungjawab papa atas putrimu ini. Aku memang sekarang bukan milikmu seutuhnya lagi mama, tapi percayalah cinta ini tak pernah berkurang sejengkalpun. Mama sama berartinya bagiku.


Allah SWT ternyata memudahkan jodohku, setahun setelah aku menyelesaikan pendidikan sarjanaku akhirnya mama memilihkan hari untuk pernikahanku yaitu tepat di tanggal 21 Oktober 2013.

Mendekati akhir usia cantik, mama sudah bisa menimang cucu

Di usia mama yang sekrang 44 tahun, mama sudah bisa mengajak bermain cucu pertama mama yang sekarang hampir berusia 2 tahun. Dengan hadirnya cucu telah mengubah hidup mama lebih berwarna. Dunia yang dulu sepi sekarang begitu ramai dengan celotehan cucu. Maafkan aku mama, yang sampai saat ini aku masih terlalu sering merepotkanmu. Terlalu sering meminta mama untuk menjagakan cucu saat aku dan suami bekerja.
* * *
Jujur mama, aku diam-diam mencari tahu selain karena basuhan air wudhu apa sebenarnya yang membuat wajah mama bersinar dan teduh saat dipandang. Mama yang telah berada di fase usia cantik benar-benar bisa cantik luar dan dalam. Tolong ma tuturkan rahasia itu pada putrimu ini.

Mama dengan status janda yang sering dipandang sebelah mata dan dicibir masyarakat akhirnya dapat menemukan pendamping hidupnya lagi. Apa rahasinya mama? Hingga akhirnya mama dilirik lelaki sebaik papa sekarang?

Mama diusiamu yang sekarang hampir meninggalkan fase usia cantik ternyata tetap sehat dan kuat menghandle banyak urusan sosial di kampung sana. Katakan padaku rahasianya apa mama?

Setelah berulangkali aku menanyakan segudang pertanyaan itu akhirnya mama luluh juga untuk membuka rahasia sehat dan cantiknya. Aku berpikir alangkah baiknya rahasia itu aku tulis, alih-alih sebagai self noted bagiku.

1. Ambil Air Wudhu Sesegera Mungkin Setelah Mendengar Adzan

Air wudhu adalah salah satu terapi kecantikan yang sangat banyak manfaatnya. Setiap kali wudhu maka kulit wajah akan seperti dirawat dan dibersihkan dari gangguan atau kotoran. Semua debu-debu yang menempel akan bersih dengan sendirinya. Maka wajah akan tampak segar, bersih dan sehat.

2. Menjaga Pola Makan dan Gaya Hidup Sehat

Wanita yang usianya 40 + lebih rentan mengalami banyak permasalahan kesehatan. Makanan merupakan sumber energi bagi tubuh agar semua organ tubuh dapat berfungsi secara optimal. Pola makan yang sehat dapat menjadikan tubuh kita sehat, sebaliknya dengan pola makan yang tidak sehat maka tubuh kita akan rentan terhadap berbagai penyakit. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar kita mempunyai pola makan yang sehat, antara lain (1) jumlah makanan yang kita konsumsi; (2) jenis makanan; (3) jadwal makan.

Jumlah makanan yang dikonsumsi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori tubuh. Jenis makanan yang kita makanpun harus sehat dan berupaya menghindari makanan-makanan yang mengandung banyak lemak  jenuh yang menambah resiko penyakit. Agar tubuh kita sehat dan energi tetap terjaga, jadwal makan yang tepat waktu juga wajib kita terapkan dengan baik. Mama juga hobi banget minum air putih, ternyata kebiasaan itu sangat baik untuk tubuh mama.

Untuk mengimbangi semua itu, perlu pula kita melakukan olahraga. Mama termasuk wanita yang senang jalan-jalan pagi untuk menyegarkan tubuh.

3. Menjaga dan merawat kesehatan kulit

Mama dengan jujur bahwa kulit cantik adalah sebuah nilai estetika yang wajib dimiliki wanita khusunya dihadapan suami. Mama juga memperlihatkan salah satu produk perawatan kulit yang dipakai sehari-hari. Mama dengan yakin mempercayakannya dengan serangkaian produk Revitalift Dermalift L’Oreal Paris Skin Expert.

Produk kecantikan yang ini memiliki kandungan tanaman Centella Asiatica yang infonya gue lihat mulai banyak beredar di berbagai media. Pro Retinol A dan Dermalift Technology yang terdapat dalam produk ini mampu mengurangi kerutan sebanyak 27% dan meningkatkan kekencangan sebanyak 35% di 8 zona utama wajah yang rawan dan mudah tumbuh garis penuaan.


Ada 3 rangkaian perawatan dari  Revitalift Dermalift L’Oreal Paris Skin Expert yang mama gunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini yaitu :

Milky Cleaning Foam. Sama seperti halnya sabun muka pada umumnya, berfungsi mengangkat sisa make up, kotoran dan debu, menjadikan kulit bersih. Menyiapkan kulit untuk perawatan rutin Anti-wrinkle + firming untuk hasil yang lebih maksimal. Cleaning foam ini diperkaya dengan BHA + Glycerin yang secara lembut membantu mengangkat sel kulit mati dan menjadikan kuit mama tampak muda. Mama rutin menggunakan produk ini dipagi hari dan malam hari menjelang tidur.

Revitalift Day Cream. Teknologi Baru Dermalift meningkatkan produksi 8 natural lifters yang merawat kekencangan kulit dari dalam. Mengandung Centella Asiatica dengan 2 aksi yaitu mencegah timbulnya kerutan dari dalam dan memperbaikin kerutan dari luar. Day cream ini adalah formula baru Dermalift yang berperforma tinggi ketika dikombinasikan dengan Pro Retinol A memiliki aksi intensif untuk merawat kekencangan kulit & anti-kerut secara efektif, dan memberikan perlindungan terhadap UVA & UVB untuk mencegah penuaan dini. Teksturnya lembut dan ringan meresap dengan cepat ke dalam kulit.

Revitalift Night Cream. Saat malam, kulit beregenerasi 2x lebih cepat, krim dengan formula innovatif yang menstimulasi 8 natural lifters pada kulit wajah untuk mengoptimalkan regenerasi kulit wajah. Saat bangun tidur, kulit terasa lembab, lembut dan nyaman. Kulit terasa lebih halus dan elastis, kerut tersamarkan.

4.  Menjadi Wanita yang Bermanfaat Bagi Sesama

Aku akui, mama bukanlah sosok wanita yang introvert sepertiku. Mama adalah wanita yang mudah bersosialisasi dan bergaul. Karena sosoknya yang mudah beradaptasi itulah pada suatu waktu akhirnya mama dipilih warga di kampung sana sebagai Ketua RT (Rukun Tetangga) dan kader PKK. Distulah mama memberanikan diri untuk terus menyebar ilmu dengan sesama wanita. 

Menjadi leader memang bukan cita-cita mama, tetapi mama memang mempunyai kemampuan untuk memimpin. Walaupun cakupan kepemimpinannya tak luas tapi bagiku itu tetaplah sebuah prestasi yang patut dibanggakan. Tetap semangat menebar kebaikan ya mama. 

Andaikan aku bisa meminta kepadaNya, aku hanya ingin meminta selalu diberikan waktu bersama untuk menemani masa tua mama kelak.  

“Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift

Wassalamualaikum Wr. Wb.

14 comments:

  1. Ibu memang sosok yang teruji. Dibalik kelembutannya beliau bisa menjelma jadi sosok yang tangguh ketika keadaan memaksanya. Semoga Mama, sehat selalu ya Mba Yenny.
    Saya jadi inget ibuku, hiks, sayang jauh jadi gak tiap saat ketemu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn makasih mak ety, saling mendoakan juga ya buat mamahnya mak ety semoga kita bisa menemaninya disepanjang usia mereka

      Delete
  2. Mak Yeni..salut untuk Mama. Ngga mudah menjadi seorang single parent ya Mba..

    Mama masih muda yaa..masih cantik juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mabk arin, mungkin kalo aku diposisi mama belum tentu aku bisa sekuat mama

      Delete
  3. Ibu itu memang sosok yang kuat, tangguh dan tegar, namun dibalik semua itu ada sifat yang lembut dan berhati mulia. Sehat - sehat trus Mamanya Mbak Yeni :)

    ReplyDelete
  4. Semoga Mama selalu diberi kesehatan ^^

    ReplyDelete
  5. Wah mamanya seumuran kakakku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak iparku juga seumuran mamaku mbak heheheh

      Delete
  6. Mamanya sosok kuat dan inspirtif y mbak. Beruntung jadi putrinya pasti :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.