Telkom yang Mengcover Kebutuhan Internet di Universitas Sebelas Maret

By yeni susanti - 10:27:00

Assalamualaikum Wr. Wb.


Kita hidup saat dimana sejarah diubah sangat cepat dan kita mulai melihat masa sekarang hanya ketika saat itu telah menghilang (R.D.Laing)

Berbicara tentang fasilitas pendidikan, maka tidak akan luput dari pembahasan mengenai layanan internet. Di dunia yang semakin digital ini telah memaksa seluruh bidang pelayanan baik pendidikan, sosial, budaya, kesehatan untuk bekerja secara digital. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman berkiprah dalam dunia pendidikan yang realitanya tidak pernah lepas dari kebutuhan internet. Bahkan jika terjadi putus jaringan internet maka sebagian besar pekerjaan dan pelayanan pendiidkan akan terhambat. 

Universitas Sebelas Maret atau yang dikenal dengan UNS sebagai salah satu kampus terbesar di Kota Surakarta dengan jumlah mahasiswa terdaftar adalah 35.840 mahasiswa sampai dengan Semester Agustus 2015 – Januari 2016 Tahun Akademik 2015/2016. Sementara untuk menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas, UNS didukung oleh 1.456 Tenaga Pendidik, dimana 390 (26,79%) berpendidikan S-3, 31 (2,13%) berpendidikan spesialis, 995 (68,34%) berpendidikan S-2, 13 (0,89%) berpendidikan dokter, dan 27 (1,85%) berpendidikan S-1. UNS  juga didukung oleh 983 tenaga administrasi yang cukup profesional (Sumber data : www.uns.ac.id). Bisa dipikirkan berapa jumlah kebutuhan kuota internet untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap seluruh civitas akademik di UNS. 

Berapa Kebutuhan Bandwidth UNS Per Tahun?

Berdasarkan data yang saya peroleh dari Unit Pengadaan, setiap semesternya UNS membutuhan 1200 Mbps. Maka total kebutuhan bandwidth di UNS setiap tahunnya adalah sebesar 2400 Mbps. Bandwidth sebesar itu diadakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan internet baik melalui jaringan LAN dan Wi-Fi. 

Adapun spesifikasi kebutuhan tersebut adalah mencakup kepasitas dan
layanan Interkoneksi Local Link sebagai berikut : 
  1. Backhaul NOC UNS (Innercity) 60 Mbps dan Backhaul NOC UNS (Intracity) 5 Mbps.
  2. Menghubungkan antara Lokasi UNS ke FKIP Pabelan (Kap : 20 Mbps),FKIP Manahan (Kap : 5 Mbps),  FKIP Ngoresan (Kap : 3 Mbps), FKIP Kebumen (Kap : 5 Mbps), FKIP Kleco (Kap : 20 Mbps), FK/FE Mesen (Kap : 3 Mbps), FK Tirtomoyo(Kap : 3 Mbps), RS Muwardi/Sekretariat PPDS (Kap : 3 Mbps), Asrama Mahasiswa Ngoresan (Kap : 3 Mbps), IdREN (Kap : 100Mbps), SPEEDY untuk monitoring dan Evaluasi 5 SSL (Kap : 5 Mbps), EOS 1 Paket.
  3. Menggunakan infrastruktur kabel serta optic homogen & mempunyai backup link sejenis atau setara dengan main link.
  4. Tingkat Ketersediaan layanan (SLA) 99 %
  5. Menggunakan layanan QoS 1:1 simetris (kapasitas uplink = downlink) & full duplex.
Dimanakah UNS Berlangganan Bandwidth untuk Mengcover Seluruh Kebutuhan Itu?

Selama kurun waktu satu tahun terakhir ini Universitas Sebelas Maret bekerja sama dengan PT. Telkom Indonesia. Proses pengadaan langganan bandwidth berlangsung melalui proses e-purchasing dan memilih PT. Telkom Indonesia sebagai penyedia jasa. Ada beberapa alasan mengapa panitia pengadaan di UNS memilih perusahaan tersebut dalam proyek ini, diantaranya adalah :

1.  PT. Telkom Indonesia telah terdaftar di Ecatalogue

PT. Telkom Indonesia adalah salah satu penyedia jasa Internet Service Provider yang telah terdaftar di https://e-katalog.lkpp.go.id. Satu-satunya portal pengadaan yang dikelola langsung oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). Penunjukan melalui proses e-purchasing memberikan kemudahaan dan mempersingkat proses pengadaan. Selain itu Penyedia Jasa yang telah terdaftar di LKPP telah memberikan jaminan tingkat kepercayaan yang tinggi sehingga meminimalisir adanya kegagalan proyek pengadaan. Hadirnya  PT. Telkom Indonesia sebagai salah satu penyedia jasa di portal ecatalogue dapat menutup kemungkinan dari tindakan korupsi yang merugikan negara.

Sumber Gambar : www.e-katalog.lkpp.go.id

2. Nilai Kontrak yang sesuai dengan HPS

Membahas nominal nilai kontrak langganan bandwidth antara UNS dan PT. Telkom Indonesia sesuai dengan jangka waktu selama satu tahun  ini, menurutku sudah sangat realistis. Nilai kontrak sebesar kurang lebih 3 Milyar adalah setara dengan kapasitas yang kita terima dan pelayanan yang cukup memuaskan. Mengenai ketentuan harga ini PT. Telkom Indonesia juga terbuka untuk melakukan negosiasi sehingga kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan dengan nominal harga kontrak yang ditetapkan.

Sumber Gambar : www.indotelko.com


3. Memiliki Helpdesk/ Costumer Service 24 Jam dengan Single Number Destination.

PT. Telkom Indonesia  terbesar di keseluruh Indonesia dan memiliki kantor di masing-masing regional. Khusus untuk area Surakarta kantor PT. Telkom Indonesia beralamat di Jl. Mayor Kusmanto 1 Solo, Telepon: 0271-644630, Fax: 0271-647162.
 
Sumber Gambar : www.qwerty.co.id

4. Waktu Installasi yang Singkat 

Sesuai dengan kontrak kerja,
PT. Telkom Indonesia diberikan waktu installasi jaringan di seluruh wilayah kampus Universitas Sebelas Maret selama tidak lebih dari 14 (empat belas) hari. Dengan waktu yang relatif singkat itu, memberikan keuntungan juga bagi user, kami tidak akan terlalu lama menunggu waktu troubleshooting yang tentunya mengganggu pekerjaan dan pelayanan pendidikan.

5. Memberikan Layanan Internet yang Profesional

Berikut ini beberapa wujud nyata dari PT. Telkom Indonesia dalam memenuhi perjanjian dengan Universitas Sebelas Maret :
  • Dengan jaringan FO homogen untuk Global Internet kapasitas 1200 Mbit/s dan Koneksi Domestik IIX kapasitas 100 Mbit/s 
  • Memiliki minimal 2 jalur fiber optic homogen sampai dengan gateway Internasional (ditunjukan dengan dokumen peta/jalur)
  • Memiliki upstream provider minimal 2 gateway internasional dibuktikan dengan cidr report
  • Peering ke Google
  • Menggunakan layanan QoS 1: 1 simetris (kapasitas uplink = downlink) & full duplex
  • Menyediakan reduntant link ke UNS menggunakan medium serat Optic sebagai backup / failover saat main link mengalami gangguan dengan kapasitas backup setara dengan kapasitas main link
  • Tingkat ketersediaan layanan (SLA) 99%
  • Menyediakan layanan Full peering dynamic routing menggunakan protokol Border Getway Protocol (BGP)
  • Mempunyai dukungan IPv6 Backbone supported
  • IPv4 antara Router UNS dengan router penyedian jasa (point2point) menggunakan IP Publik

6. Seluruh Personal Computer (PC) Tersambung Kabel LAN dengan Kecepatan Maksimal

Sejauh ini, kami tidak pernah mendapati lost conection internet saat bekerja dikantor, bahkan seluruh  Personal Computer (PC) di masing-masing Unit Kerja dan Laboratorium mendapatkan kecepatan akses yang cukup tinggi. Berikut ini contoh hasi test kecepatan internet di Personal Computer (PC) yang saya gunakan di kantor :


Semua fasilitas internet yang didukung oleh PT. Telkom Indonesia ini benar-benar memberikan dampak positif terhadap kemajuan perkembangan pendidikan dan pelayanan di kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  
7. Mahasiswa dapat Menikmati Full Wi-Fi di Setiap Hotspot Area

Persebaran area hotspot di kampus Universitas Sebelas Maret ditujukan untuk memberikan fasilitas pendukung belajar bagi seluruh mahasiswa. Mereka akan mendapatkan IP Address untuk bisa terkoneksi dengan internet.



8. Liputan Wisuda di
Usee TV 

Telkom juga memiliki produk yaitu Telkom Usee TV. Sebagai mitra kerja, Universitas Sebelas Maret juga pernah melakukan liputan wisuda yang disiarkan langsung oleh Usee TV. Bagi masyarakat atau sanak saudara yang tidak dapat melihat langsung prosesi wisuda maka dengan fasilitas ini mereka dapat menikmatinya secara LIVE. 

Sumber Gambar : www.useetv.com

Bagi ibu-ibu pekerja yang ruang geraknya terbatas didalam kantor seperti saya ini, terkadang membutuhkan hiburan untuk kembali merefresh otak. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melihat televisi. Berhubung diruang kantor saya tidak tersedia benda elektronik yang satu ini, maka pilihan paling tepat adalah mengakses portal Usee TV. Saya dapat menikmati lebih dari 40 channels televisi hanya dengan mengakses http://www.useetv.com. Di Usee TV saya tidak hanya dapat melihat siaran dari channels lokal tapi juga beberapa channels internasional. Bahkan di portal Usee TV saya juga bisa melihat film-film dari berbagai genre

Sumber Gambar : www.useetv.com

 * * *

Banyak keuntungan yang dapat kita nikmati selama menjadi user  Telkom, karena Telkom telah memberikan kecepatan berinternet tanpa batas. Semua kelebihan itu tentunya berdampak positif terhadap kemajuan Universitas Sebelas Maret untuk menuju Word Class University dan tentunya kemajuan terhadap pelayanan pendidikan kepada seluruh stakeholder. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Telkom Story Telling Competition #IndonesiaMakinDigital yang diselenggarakan oleh Telkom bersama Idblognetwork

Wassalamualaikum Wr. Wb.



  • Share:

You Might Also Like

7 komentar

  1. Kalo utk penggunaan personal di rumah gt..gmn y mbak? Bagus jg kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman temen2 pda pakai speedy lancar jaya mbak

      Delete
  2. Sekarang dimana 2 di dirikan desa digital mb yeni.kmrn disragen yg di gagas olh achmad zacky ceo nya bukalapak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak sekarang memang jamanya berubah serba digital

      Delete
  3. Pas banget tulisannya buat dunia kita dunia blogger .
    Uti doakan menang dsn bermanfaat buat orang banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuk uti, apa daya seorang blogger tanpa koneksi internet...
      Amiinn :)

      Delete
  4. data di HP saya juga pake telkomsel, nice thread *jempol

    ReplyDelete