Melangkah Menuju Masa Depan Cerah Bersama Reksadana

August 31, 2016
Assalamualaikum Wr. Wb.


Beberapa waktu yang lalu aku bertemu dengan salah satu saudara yang sudah bertahun-tahun tidak pernah bertemu. Dalam pertemuan singkat yang tidak disengaja itu kami banyak mengobrol tentang kabar keluarga masing-masing. Namanya Mas Wido *nama samaran adalah saudara dari Alm. Bapak. Mas Wido mempunyai dua anak yang kebetulan masih menjadi tanggungan keluarga. Anak pertama masih coas di salah satu RSUD di Solo sementara anak kedua masih SMP dan aku baru tahu ternyata beliau sudah mulai memasuki masa pensiun.



"Bagaimana kabar Cika dan dek Kiko mas?" begitu awal perbincanganku dengannya, aku iseng-iseng menanyakan kabar anak-anaknya setelah tahu kalau beliau sudah mulai masuk masa pensiun.

"Cika masih menyelesaikan coasnya sampai awal tahun nanti baru bisa sumpah dokter mungkin bulan Februari, kalau dek Kiko Alhamdulillah juga mengikuti jejak kakaknya, pinter juga seperti kakaknya... Dia masuk SMP 4" begitulah Mas Wido menanggapi pertanyaanku. 

Aku salut dengan keluarga Mas Wido sebagai Pegawai Negeri Sipil dengan golongan yang tidak lebih dari III.a dapat menjadi tulang punggung keluarga, membiayai anak pertamanya sekolah Dokter di Universitas ternama, menyekolahkan anak keduanya di SMP favorit di kota kami. Membangun keluarga yang sukses punya banyak investasi masa depan. Rumah, kendaraan, anak-anak yang punya pendidikan tinggi ternyata sudah beliau siapkan matang-matang.

"Semoga selalu dilimpahkan kesehatan dan rejeki ya mas untuk membimbing Cika dan dek Kiko sampai benar-benar jadi orang besar yang membanggakan keluarga. Terus kegiatan Mas Wido sekarang apa?" Obrolan kami masih terus berlanjut, aku sedikit kepikiran dengan kondisi Mas Wido yang sudah pensiun sementara anak-anaknya masih pendidikan semua.

"Dirumah saja dek bantu mbakyumu ngurus rumah.. kan 2 rumah yang Mas beli atas nama Cika dan dek Kiko juga belum ada yang ngurus jadi sementara kegiatan mas ya mengurus kedua rumah itu dan rumah yang sekarang kita tempati" Jawabnya dengan santai.

Sumpah ya aku melongo mendengar jawaban Mas Wido seperti itu, keren juga nih batinku beliau benar-benar mempersiapkan masa depan anak-anaknya sangat sempurna. "Masyallah beruntungnya Cika dan dek Kiko punya orang tua seperti mas" Aku tak tau harus berkata apa, yang ada aku hanya kagum. Sebagai orang tua aku juga kepengen kelak bisa mempersiapkan masa depan yang cerah untuk anak-anakku.  

"Aku cuma menjalankan kewajibanku sebagai orang tua dek, dan berusaha mendidik dan membahagiakan anak-anak yang Allah amanahkan kepadaku dan mbakyumu" Jawabannya begitu menentramkan.

"Kamu pasti berpikir ya dek kok Masmu ini yang cuma PNS golongannya rendah tapi bisa menyekolahkan anak di Kedokteran, SMP favorit, sudah punya rumah untuk masa depan anak-anak...rasanya itu tidak mungkin kan?" lanjutnya dan aku hanya mengangguk masih belum percaya.

"Kamu pernah dengar Reksadana?" Tiba-tiba Mas Wido ganti menanyakan sesuatu kepadaku yang jujur aku sama sekali tidak tahu.

"Apa itu Mas? apakah ada kaitannya dengan masa depan Cika dan dek Kiko?" Aku malah gantian bertanya.

"Betul dek, sebelum menikah dengan mbakyumu, mas sudah mulai membuka investasi di Reksadana, kalau dulu masih offline kalau sekarang lebih gampang...investasi di Reksadana sekarang bisa dilakukan secara online" Jelasnya.

Pertanyaanku membuka obrolan kami tentang Reksadana. Mas Wido begitu gamblang menjelaskan bagaimana beliau bisa memiliki semua itu. Setiap kesuksesan itu tidak ada yang datang secara tiba-tiba semua pasti dimulai dari nol dan kesuksesan Mas Wido disuport oleh Reksadana Online.

APA ITU REKSADANA?

Berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995, pasal 1 ayat 2, reksa dana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan ke dalam portfolio efek oleh Manajer Investasi. Manajer investasi adalah institusi yang mengelola reksa dana. Sederhananya, pada investasi reksa dana, manajer investasi mengumpulkan uang dari banyak investor seperti Anda, kemudian mengelola uang tersebut dengan menginvestasikannya ke berbagai instrumen investasi lain seperti saham, obligasi, dan deposito.


Cara Menghitung Kepemilikan Reksadana
  • NAB (Nilai Aktiva Bersih)/NAV (Net Asset Value) : Total seluruh dana kelolaan bersih yang dikelola oleh manajer investas. NAB dihitung dari total harga pasar atas aset (surat utang, saham, dan deposito) dalam portofolio reksa dana yang ditambahkan dengan biaya pencadangan bunga dari surat utang atau deposito pada portofolio, dan dikurangi biaya operasional seperti biaya pengelolaan, biaya kustodi, pajak maupun biaya lainnya. Dengan kata lain NAB adalah nilai yang sudah bersih atau net dan tidak lagi dikenakan pajak.
  • UP adalah satuan kepemilikan reksa dana. Harga satu UP pada suatu produk reksa dana diambil dari total NAB dibagi total UP. Sehingga satu UP memiliki harga yang disebut dengan Nilai Aktiva Bersih per Unit Penyertaan (NAB/UP), atau dalam bahasa inggris kerap disebut Net Asset Value per Unit (NAV/Unit).
Anda memiliki 1.000 UP produk reksa dana X.
NAB/UP produk reksa dana X ialah senilai Rp 1.500.
Artinya Anda memiliki reksa dana X senilai 1.000 x Rp 1.500 = Rp 1.500.000.

Mas Wido menjelaskan rumus diatas secara real dengan kepemilikan dananya, ringkasnya adalah sebagai berikut, Mas Wido menginvestasikan Emas, setelah dihitung maka nilai UP nya adalah Rp 10.000,00. Sementara NAB emas di Reksadana adalah Rp 1500,00. Maka Mas Wido memiliki investasi di Reksadana senilai  Rp 15.000.000,00.


Apa saja yang bisa di investasikan di Reksadana?
  • Properti : Properti, seperti rumah, apartemen, ruko dan tanah.
  • Emas :  Kelebihan investasi pada emas antara lain emas merupakan aset likuid yang mudah dijual.
  • Obligasi : artinya kita sedang meminjamkan uang kepada perusahaan atau pemerintah. Instansi tersebut akan mengembalikan modal kita sekaligus memberikan bunga untuk pinjaman. Ini seperti kita investasi dalam saldo bank tetapi diberikan bunga tinggi.
  • Saham : Saat kita membeli saham, itu menandakan Anda membeli kepemilikan suatu usaha. Ini memberikan Anda hak keuntungan berupa deviden. Deviden adalah pembagian laba kepada setiap pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.
Keuntungan Investasi di Reksadana

  • Pengelolaan Dana Profesional. Dana yang diinvestasikan ke dalam sebuah reksadana akan dikelola oleh para manajer investasi secara profesional. Para manajer investasi ini tentunya sudah memiliki keahlian dan terlatih dalam mengambil keputusan finansial. Manajer investasi juga memiliki akses khusus untuk menganalisa tren atau informasi terkini yang akan melengkapi data-data riset investasi potensial.
  • Keuntungan Diversifikasi. Reksadana merupakan pilihan investasi yang mudah dan memiliki risiko yang rendah pula. Selain diberi kemudahan untuk berinvestasi tanpa harus repot mengelola investasi  sendiri, kita juga akan memiliki keuntungan lainnya, yaitu keuntungan diversifikasi. Ketika  berinvestasi di reksadana, dana yang kita miliki akan digabungkan ke dalam suatu wadah dimana dana-dana yang dimiliki akan diinvestasikan ke dalam berbagai macam pilihan investasi. Hal ini tentunya akan menguntungkan, karena dengan ditempatkannya dana ke berbagai macam pilihan investasi, maka kemungkinan untuk rugi semakin menurun. 
  • Biaya yang terjangkau. Investasi di reksadana dapat dimulai dari Rp. 100.000,00 saja. Tentunya itu sangat meringankan dan menguntungkan bukan?
  • Transaksi mudah. Reksadana adalah pilihan investasi yang memberikan banyak kenyamanan dan kemudahan bagi para investornya. Segala transaksi reksadana mulai dari pembukaan rekening, pembelian hingga penjualan reksadana dapat dilakukan dengan mudah. Apalagi sekarang sudah banyak manajer investasi maupun agen penjual reksadana lainnya yang mulai memberikan fasilitas reksadana online. 
REKSADANA ONLINE 


Reksadana  sekarang telah membangun sistem online yang dikenal dengan POEMS. Philip's Online Electronic Mart System adalah sistem online trading yang dirancang khusus untuk memberikan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi saham maupun reksadana. Setelah kita terdaftar sebagai parther reksadana, selanjutnya kita bisa mendownload aplikasi POEMS di mobile kita. POEMS juga support terhadap device Blackberry dan Android.

Cara Berinventasi Reksadana Philip


  • Membaca dan memahami isi Propektus Unit Penyertaan Reksadana Philips Rupiah Balanced Fund. Kita bisa mendapatkan brosur dan informasinya dengan mengakses website Reksadana, website Poems atau download brosur di bawah ini.







  • Isi formulir pembukaan rekening dan formulir pemesanan pembelian Reksadana secara lengkap dan benar kemudian diserahkan kepada Manager Investasi dengan melampirkan dokumen kelengkapan.
  • Tranfer dana pembelian dan biaya pembelian ke Bank Kustodian Bank CIMB Niaga Cabang Jend. Sudirman Jakarta Nomor Rekening : 079.01.00573.00.3 atas nama Philip Rupiah Balanced Fund.
  • Kirim bukti transfer dan fotocopy KTP ke PT. Philip Securities Indonesia.
  • Aplikasi diproses setelah formulir pemesanan pembelian dan dana efektif diterima oleh Manager Investasi.
  • Konfirmasi kepemilikan Unit Penyertaan (UP) akan dikirimkan oleh Bank Kostodian paling lambat 7 hari bursa.
* * *

Kira-kira begitulah ringkasan obrolanku dengan Mas Wido, dimana beliau menjelaskan begitu detail tentang usaha investasi yang sedang dijalankan selama ini. 

"Gimana dek sudah pahamkah dengan penjelasan mas? kalau memang masih ngambang kamu bisa langsung aja datang ke kantornya atau menghubungi via telepon custumer servicenya dulu" Tanya Mas Wido kepadaku. 

"Iya mas, terimakasih sudah memberikan rahasia suksesnya kepadaku... aku pasti akan mempertimbangkannya dan segera mencari info tentang Reksadana, aku juga pengen seperti mas yang punya rumah sendiri, punya kendaraan pribadi, punya tabungan pendidikan anak, jaminan kesehatan dan seluruh investasi masa depan" Jawabku berbinar. 

Senang sekali aku bertemu dengan Mas Wido dan mendapatkan banyak informasi tentang Reksadana darinya. Aku jadi punya gambaran tentang masa depan keluarga dan anak-anak kelak.


Sumber :
http://www.reksadanaku.com/
https://www.poems.co.id/

Wassalamualaikum Wr. Wb. 
 


11 comments:

  1. Zaman online bikin banyak urusan jadi mudah ya. Termasuk investasi reksadana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mak ety skrg jamannya serba digital ya

      Delete
  2. Jaman sekarang investasi itu penting ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak karena apa yg kita tanam sekarang akan kita panen kelak :)

      Delete
  3. Minat bgt invest reksadana..tapi masi belum terlalu paham cara kerjanya..

    ReplyDelete
  4. Minat bgt invest reksadana..tapi masi belum terlalu paham cara kerjanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. intinya dana yg kita invest akan dihitung dulu nilai bersihnya (dikurangi pajak, dan biaya lainnya) kemudian dikalikan dengan nilai produk di reksadana. Hasil perkalian itu lah nominal investasi kita mbak... gitu deh singkatnya hehehe

      Delete
  5. aku ngisi formulirnya baru tahap 1 doang, yang detail belum.. hehehehe
    mau investasi juga nih buat mewujudkan impian masa depan

    ReplyDelete
    Replies
    1. weh udah eksekusi langsung nih... memang sih invest minimal 100 ribu aja bisa.. benar2 gak memberatkan

      Delete
  6. Saya tertarik banget mak dengan reksadana ini untuk saving jangka pendek dan jangka panjang. Karena baca-baca dari teman, emang reksadana ini salah satu terbaik untuk investasi
    Philips ini recomended banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak aku juga masih diskusi sama suami untuk memulai invest

      Delete

Powered by Blogger.