Tips Wefie To Create Our Nice Familly Portrait

August 15, 2016
Assalamualaikum Wr. Wb.

Kira-kira apa sih yang membuat selfie dan wefie menjadi sangat ngetren beberapa tahun terakhir ini? Mungkinkah karena perubahan gaya hidup yang semakin maju ? Ada yang bilang karena ingin selalu "mengabadikan" moment dalam kehidupan yang mungkin tidak akan terulang lagi. Ada yang bilang karena dipengaruhi kemajuan teknologi, kenapa begitu? menurutku sih begini, sekarang kan kamera atau ponsel dengan vitur kamera bukanlah barang yang mahal sehingga hampir semua orang bisa memilikinya terus rasanya pasti kurang afdol kalau gallery ponsel tidak terisi dengan hasil jepretan atau sekedar hasil selfie kita.

Selain itu sekarang juga marak sekali kontes-kontes selfie dengan hadiah yang sangat menggiurkan dan pastinya itu akan mendorong orang-orang terus berselfie untuk merebutkan hadiah-hadiah itu.  Bagi potografer profesional pasti sudah hafal dengan trik-trik untuk mendapatkan gambar yang bagus secara keseluruhan. Sedangkan untuk yang masih amatiran terkadang mengambil gambar secara selfie terkadang hanya asal yang penting muka kita masuk frame, apalagi kalau selfie dilakukan rame-rame atau yang sering disebut wefie pasti kadang komposisinya kurang indah dan terkesan berjubel memaksakan untuk masuk frame seluruhnya.

Lebaran kemaren aku sempat wefie bersama keluarga yang kebetulan sekali bisa full tim karena semua saudara bisa mudik dan ngumpul semua di Solo. Ini moment yang sangat langka loh bagi aku karena beberapa kali lebaran di Solo pasti ada saja salah satu keluarga yang absen karena tidak dapat jatah cuti lebaran. 


Hasil wefie kita memang tidak maksimal sih tapi lumayan lah feelnya tetep dapet dan yang pasti memorable  banget. Ini nih aku kasih beberapa tips wefie bersama keluarga :
  1. Periksa dulu background, saat wefie di rumah jangan sampai nampak tumpukan baju yang belum disetrika, meja makan yang berantakan dan hal-hal lain di latar belakang yang mengganggu ‘keindahan’ foto. Kemaren aku berwefie diteras rumah dengan background dinding, yah lumayanlah masih enak dipandang meskipun tak sebersih hasil foto studio.
  2. Dalam dunia fotografi, pencahayaan adalah salah satu faktor kunci yang dapat menentukan tone, mood, serta atmosfir keseluruhan suatu foto. Muka kita harus selalu menghadap ke sumber cahaya supayakelihatan jelas. Kemaren kita sengaja mengabil foto disiang hari karena kami pikir hasilnya akan lebih jelas. Tapi, berhati-hati juga akan overexposure, yakni ketika kamu membiarkan terlalu banyak  cahaya yang masuk sehingga hasilnya menjadi terlalu terang. 
  3. Komposisi juga sangat penting untuk kita perhatikan sebelum memencet tombol klik. Kemaren kita sengaja meletakkan kamera didepan kita dan disetting timernya karena kalau benar-benar wefie karena gak muat semua diframe.
  4. Perhatikan beberapa aspek seperti framing dan letak kamu berdiri. Mengambil wefie bisa memiliki beberapa tantangan karena kita harus stand out di antara banyak orang dalam ruang yang terbatas.  Seperti kata Dian Sastro bahwa untuk menghasilkan wefie yang fabulous itu yang utama harus terlihat stand-out, dandan dulu sebelumnya. Memastikan semuanya ada di dalam frame. Beri kamera ke siapapun yang paling tinggi untuk mengambil wefie-nya supaya framing-nya bisa jauh lebih luas. Lalu, kalau mau terlihat lebih kecil, ambil posisi di tengah, dan kalau mau terlihat lebih tinggi, ambil posisi di samping.
  5. Ambil foto sebanyak mungkin, gunakan burst mode di gadget. Nanti kita bisa menyortir hasil foto-fotonya. Daripada merusak momen dengan mengajak anak berpose ulang saat tidak puas dengan hasil foto sebelumnya. Bisa-bisa mood anak sudah berubah dan hasil fotonya makin jelek (walaupun ekspresi kesal anak bisa lucu juga sih di foto perhatikan aja tuh muka si Rafa udah bete banget). 


"Keluarga akan selalu berada didekatmu saat kamu berhasil maupun terjatuh, mereka selalu mencintaimu apa adanya"

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6 comments:

  1. Setuju... ambil foto sebanyak mgkn.. buat persiapan kalo ada foto yg ga pas atau blur ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang ini harus siap SDcard yg kapasitasnya gede ya mba hehehehe

      Delete
  2. kalau keluarga besar saya yg mau wefie tetep gak bakalan muat semua di foto, butuh jasa prfessional :D
    Nice share ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mb nyari posisinya susah kalau wefie sama semua keluarga gak muat framenya

      Delete
  3. Mantep banget itu mbak. Wefienya berhasil...
    HAsilnya pun bagus loh... meski nggak di poto studio...
    keliatan asli bnget kok (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi itu udah disortir dari puluhan jepretan mbk 😂

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.