Nestle Dancow Explore Your World, Yuk Katakan "IYA BOLEH" untuk Dukung Eksplorasi Si Kecil

September 12, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Kalau diingat-ingat ternyata aku adalah salah satu orang tua yang sering sekali melarang anak untuk melakukan aktivitas tertentu dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Dalam sehari mungkin hanya beberapa kali saja aku mengatakan "IYA BOLEH" kepada si kecil saat dia meminta ijin untuk melakukan sesuatu. Aku terlalu kuwatir jika si kecil melakukan aktivitas yang menurutku berbahaya. Meskipun aku sadar semua itu justru akan menghambat proses belajarnya.

Baca juga : Aku Harus Belajar Menjadi Ibu yang Lebih Sabar Lagi


Membiarkan si kecil bereksplorasi adalah bentuk stimulasi yang merupakan salah satu faktor pendukung perkembangan anak disamping nutrisi dan perlindungan orang tua. Stimulasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk merangsang kemampuan dasar anak agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Stimulasi tumbuh kembang anak dapat dilakukan oleh setiap orang yang berinteraksi. Setiap anak perlu mendapat stimulasi rutin sedini mungkin dan terus menerus pada setiap kesempatan. Kemampuan dasar anak yang dirangsang dengan stimulasi terarah meliputi 6 aspek perkembangan yang meliputi kemampuan kognitif, atensi, memori, psikomotorik, penyelesaian masalah (promblem solving) dan bahasa.

Stimulasi harus dilakukan dengan dilandasi rasa cinta dan kasih sayang baik dari ayah dan bunda ataupun orang-orang terdekat si kecil. Orang tua juga sebaiknya selalu menunjukkan sikap dan perilaku yang baik karena anak akan meniru tingkah laku orang-orang yang terdekatnya. Memberikan stimulasi sesuai dengan kelompok umur si kecil juga wajib dipahami oleh setiap orang tua. Beberapa contoh sederhana dalam memberikan stimulasi kepada anak antara lain adalah dengan cara mengajak anak bermain, bernyanyi, bervariasi, menyenangkan, tanpa paksaan dan tidak ada hukuman atau dengan kata lain membiarkan anak mengeksplor apa saja yang ingin dia ketahui.

Selain stimulasi, nutrisi juga kebutuhan terpenting si kecil yang wajib orang tua penuhi. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan adalah tahapan pertama dalam pemberian nutrisi kepada si kecil dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI yang padat gizi dengan berpedoman pada standard WHO.

Baca juga : 2 Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak Menurut Pakar Tumbuh Kembang Prof. Harsono Salimo

Nestle sebagai salah satu perusahaan yang concert dalam produk makanan cair dan padat saat ini telah banyak mendukung ayah bunda dalam melengkapi elemen nutrisi si kecil. Saat ini Nestle juga mengeluarkan inovasi baru yaitu Nestle Dancow Advanced Excelnutri + yaitu susu pertumbuhan yang diformulasikan untuk memenuhi gizi anak usia diatas 1 tahun. Nestle Dancow Advanced Excelnutri + mengandung bakteri baik Lactobacillus Rhamnosus, serat pangan Inulin serta Tinggi Vitamin A, C, E, D, Fe, Selenium, & Zink. Ketiga komponen itu memberikan 3 perlindungan untuk mendukung perlindungan saluran pernafasan, daya tahan tubuh dan saluran cerna.

Nestle Dancow Advanced Excelnutri + meluncurkan 3 varian yaitu :
  1.     DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ adalah susu pertumbuhan anak usia 1 – 3,
  2.     DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ adalah susu untuk anak usia  3 – 5, dan
  3.     DANCOW Advanced Excelnutri+ 5+ adalah susu untuk anak usia 5-12  tahun.

Selain meluncurkan inovasi baru susu pertumbuhan, Nestle Dancow juga mengadakan event Nestle Dancow Explore Your World dengan mengusung tagline #IYABOLEH dibeberapa kota untuk mendukung ayah bunda dalam mengembangkan kemapuan dasar si kecil. Solo sebagai salah satu kota yang dipilih untuk mengadakan event ini, berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 9 - 10 September 2017 di Atrium Solo Square, Jalan Brigjend Slamet Riyadi No.451-455, Pajang, Laweyan, Kota Surakarta.

Ayah bunda bisa mendapatkan tiket masuk dengan menukarkan struk pembelian salah satu produk Nestle Dancow Advanced Excelnutri + di Hypermart, Lottemart, ADA, Giant atau on the spot di store Dancow yang ada di lokasi event Dancow Explore Your World.

Setelah memperlihatkan tiket kepada petugas, ayah bunda dapat langsung mengajak si kecil untuk mengeksplorasi seluruh zona yang ada. Di sana juga ada banyak sekali aktivitas yang dapat diikuti mulai dari mengembangkan kreativitas di zona ART CENTER, mengasah kemampuan motorik di Zona PLAY PARK, sampai mengasah kemampuan memecahkan masalah dan berkeksplorasi mengenal berbagai macam hewan secara virtual di zona CENTRAL PARK. Tak lupa juga ada AJANG BAKAT bunda bersama si kecil yaitu dengan mengikuti lomba Colouring, Fashion Show, dan Got Talents. Saat menunggu si kecil bereksplorasi, ayah bunda juga dapat berkonsultasi dengan ahli Psikologi dan Nutrisi si kecil.

Inilah cerita singkat Rafa selama berada di  Dancow Explore Your World :

1. Art Center

Di Art Center Rafa bersama ayahnya mencoba melakukan aktivitas hand painting dengan cara mencelupkan telapak tanganya di cat warna kemudian menempelkannya di kertas kosong sehingga akan tergambar lukisan dan ukuran telapak tangannya yang mungil.


Hand Painting di Art Center
Di area yang sama juga disediakan berbagai mainan berupa Lego. Di situ Rafa kembali mengeluarkan kemampuannya  untuk menyusun lego membentuk mobil-mobilan dan kereta api. Sebelahnya lagi ada zona mewarnai, si kecil akan difasilitasi dengan pensil warna dan kertas gambar.


Bermain Lego di Art Center

Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam proses belajar tentang pengembangan motorik halus yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil, tetapi memerlukan koordinasi yang cermat seperti mengamati sesuatu, menjumput, menulis, dan sebagainya.

Colouring di Art Center
Di ujung Art Center juga terdapat fasilitas konsultasi bagi orang tua yang meliputi konsultasi psikologi dan nutrisi. Ayah bunda dapat berkonsultasi dengan ahli psikolog atau ahli nutrisi terkait perkembangan si kecil.

Konsultasi Psikologi

Konsultasi Nutrisi Anak
2. Central Park

Rafa sangat antusias memasuki zona Central Park, mulai dari memasuki taman buatan yang dipenuhi dengan berbagai tanaman dan hewan serta menikmati hujan buatan. Sebelum memasuki taman Rafa dipakaikan mantel sehingga tidak akan basah saat hujan turun. Di taman si kecil juga dapat mengamati proses perubahan cuaca, mulai dari terang, gelap, hujan kemudian munculnya pelangi.

Eksplorasi di Central Park
Di sini si kecil dapat mengembangkan kemampuan atensi dengan cara mengamati perubahan cuaca, mengamati berbagai macam tumbuhan dan hewan. Atensi adalah cara-cara aktif memproses sejumlah informasi yang terbatas dari sejumlah besar informasi yang disediakan oleh indra, memori yang tersimpan, dan oleh proses-proses kognitif kita yang lain.

Stimulasi motorik halus dengan memerah susu sapi
Selesai mengelilingi taman, Rafa kemudian beralih untuk mencoba memerah susu sapi yang ada disebelah taman. Aktivitas memerah susu sapi sangat baik untuk mengembangkan motorik baik motorik kasar maupun halus.

3. Play Park

Area ini yang paling ramai diminati oleh anak-anak, mereka dapat bebas mandi bola, memanjat, perosotan dan berayun. Orang tua juga disarankan untuk tetep memberikan pengawasan terhadap aktivitas si kecil. Di Zona ini si kecil dapat berlatih mengembangkan seluruh kemampuan dasarnya. Kemampuan motorik kasar dengan bergerak aktif. Kemampuan bahasa yang berhubungan dengan kemampuan untuk memberikan respon terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah dan sebagainya. Serta kemampuan psikomotorik yang meliputi sosialisasi dan kemandirian yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak, berpisah dengan ibu/pengasuh anak, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya, dan sebagainya.

Mandi Bola di Play Park
4. Photo Booth

Sebelum keluar dari wahana  Dancow Explore Your World jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan berfoto di Photo Booth yang telah disediakan. Ayah bunda dapat membawa hasil jepretan yang telah dicetak dan dibingkai manis secara gratis di zona ini.

Mengabadikan foto di Photo Booth
***

Wah ternyata memberikan kesempatan si kecil untuk bereksplorasi sangat bermanfaat besar terhadap perkembangannya kan bunda? Yuk selalu katakan "IYA BOLEH" untuk mendukung eksplorasi si kecil dengan catatan harus selalu berada dalam pengawasan ayah bunda serta dukung perkembangannya dengan memberikan nutrisi terbaik untuknya.

Bagi ayah bunda yang belum berkesempatan mengunjungi Dancow Explore Your World jangan berkecil hati karena event ini akan hadir kembali di kota Makassar  tanggal 7-8 Oktober 2017 mendatang.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Regards
Yennys

2 comments:

  1. Acaranya seru ya Mbak. Bisa membuat anak2 mengeksplor kemampuan mereka sekaligus mengajari kita untuk bilang "iya boleh"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak seru banget rafa sampai ogah-ogahan diajak pulang

      Delete

Powered by Blogger.