2 Produk Asuransi Jiwa yang Seharusnya Menjadi Prioritas

September 15, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb. 

Seiring dengan perkembangan pemahaman masyarakat terhadap kesejahteraan masa depan, perkembangan perasuransian di Indonesia juga semakin meningkat. Kesadaran masyarakat akan manfaat dan pentingnya asuransi jiwa juga semakin meningkat. Masyarakat mulai berpikir bahwa asuransi jiwa adalah salah satu invenstasi berjangka yang akan memberikan proteksi diri dan keluarga untuk masa depan. 
Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya terlalu cepat atau hidupnya terlalu lama. (Wikipedia.org)
Berinvestasi dengan mengikuti program asuransi jiwa tidak hanya sekedar menabung secara konvensional seperti saat kita menyimpan uang di bank tetapi juga memberikan jaminan ekonomi jika terjadi suatu resiko. Resiko yang dimaksud adalah misalnya jika kita mendapat musibah seperti kecelakaan atau bahkan jika kita meninggal yang mengakibatkan keterpurukan ekonomi. Meskipun musibah ataupun kematian tidak dapat kita hindari tetapi dengan kepemilikan asuransi jiwa maka kebutuhan ekonomi keluarga masih dapat tercover dengan perencanaan keuangan yang baik.


Jika dijabarkan akan banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari program Asuransi Jiwa tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Memiliki dana yang cukup saat menghadapi sebuah resiko. Seperti yang aku jelaskan diatas bahwa resiko itu bisa datang kapan saja tetapi dengan kepemilikan asuransi jiwa maka keluarga kita masih dapat terhindar dari keterpurukan ekonomi. Contoh sederhana adalah saat  kita mendapatkan musibah kecelakaan  maka dana untuk kelangsungan hidup  keluarga selama masa penyembuhan dan pemilihan pasca kecelakaan itu masih dapat dipenuhi dengan asuransi yang telah dimiliki.
  2. Memastikan bahwa keluarga kita dapat mempertahankan standard kualitas kehidupan manakala kita meninggal. Tanpa proteksi dari asuransi jiwa, kejadian tersebut mengakibatkan sumber penghasilan keluarga hilang sehingga standard kehidupan keluarga kita  selanjutnya mengalami penurunan. Kondisi tak terduga dan dampak negatif tersebut bisa diminimalisir bahkan dieliminasi bila kita  sudah memiliki polis asuransi jiwa. Polis asuransi yang dimiliki akan memberikan kompensasi finansial dalam bentuk uang pertanggungan dan manfaat asuransi lainnya bagi keluarga sebagai ahli waris. Sudah tentu, kompensasi yang didapatkan oleh keluarga kita sesuai dengan program asuransi yang telah kita beli.
  3. Membiayanyai pendidikan anak-anak dimasa depan. Biaya pendidikan dari waktu kewaktu selalu mengalami peningkatan. Jika kita sudah mengikutsertakan anak-anak kita dalam asuransi jiwa berupa asuransi pendidikan maka sedikit banyak akan mengurangi beban kita dimasa mendatang. Biaya masuk perguruan tinggi favorit yang mahalnya bikin pusing kepala sebagian orang mungkin tidak akan lagi menjadi kendala bagi kita untuk mengantarkan anak-anak menggapai cita-citanya.
  4. Memenuhi kebutuhan kita di masa tua. Saat kita sudah memasuki usia senja tentu saja produktivitas kita juga menurun. Saat sudah menjadi lansia tidak mungkin lagi kita masih bisa aktif bekerja dan menambah penghasilan keluarga. Sementara biaya hidup dimasa tua kita juga tidak sedikit. Saat itulah, premi yang kita bayarkan untuk keperluan hari tua akan bisa membantu dalam mencukupi beragam kebutuhan.
Asuransi jiwa sendiri memiliki banyak produk, dua diantaranya yang menurutku menjadi prioritas untuk dibeli adalah Asuransi Kesehatan dan Asuransi Pendidikan
Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. (Wikipedia.org)
Dengan membeli produk asuransi kesehatan, kita akan memperoleh tanggungan biaya berobat jalan ataupun rawat inap. Besarnya tanggungan yang dperoleh, ini tentunya tergantung dari besarnya premi yang kita bayarkan. Jadi sebelum membeli produk asuransi kesehatan ini, baca lebih teliti dan detail apa saja yang akan diterima apabila kita mengalami gangguan kesehatan. Hal ini juga tergantung pada masing-masing perusahaan asuransi yang tentunya memiliki produk yang berbeda-beda pula. 

Asuransi kesehatanpun ada dua macam yaitu asuransi kesehatan swasta atau pemerintah. Asuransi kesehatan swasta dapat kita beli di perusahaan-perusahaan asuransi milik swasta seperti ASTRA Insurance, AXA, Manulife, Prudential dan masih banyak lagi. Sedangkan asuransi kesehatan milik pemerintah contohnya adalah BPJS Kesehatan, Askes, KIS dan lain-lain.

Asuransi kesehatan sangat penting karena dana kesehatan adalah hal vital yang tidak bisa kita abaikan. Kita juga tidak bisa memperkirakan kapan kita sakit karena sakit dapat datang kapanpun mengingat zaman sudah semakin tua yang mengakibatkan virus dan sumber penyakit semakin ganas menyerang manusia.

Selain asuransi kesehatan, produk asuransi jiwa yang tak kalah penting adalah asuransi pendidikan. Saat ini asuransi jiwa terkait investasi untuk dana pendidikan merupakan sebuah solusi cerdas untuk menjamin pendidikan anak di masa depan.
Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap pendidikan anak. Dengan asuransi pendidikan, maka kita dapat memberikan perlindungan akan biaya pendidikan yang nantinya harus dikeluarkan.
Asuransi pendidikan memberikan perlindungan kepada sang pemberi nafkah sekaligus memberikan jaminan dana atau keuangan pada waktu tertentu sehinggan kita bisa memenuhi kebutuhan pendidikan anak dimasa mendatang. Besarnya dana yang diperoleh tergantung dari besarnya premi yang kita bayarkan dan usia dari tertanggung/anak. Produk ini memberikan jaminan yang pasti untuk biaya pendidikan anak tanpa dipengaruhi oleh hasil investasi dan besarnya suku bunga yang fluktuatif. Itulah mengapa aku menganggap bahwa asuransi pendidikan sangat penting. 

Itulah alasan mengapa aku menganggap bahwa asuransi kesehatan dan asuransi pendidikan seharusnya menjadi prioritas invenstasi paling utama meskipun produk-produk asuransi jiwa lainnya juga tak kalah penting. Jika kita sudah mantap untuk membeli asuransi jiwa, kitapun tetap harus cermat dalam memilih perusahaan mana yang akan dipercayakan untuk mengurus semua itu.

Wassalamualaikum Wr. Wb. 


1 comment:

  1. Wah sebuah inspirasi baru nih. Suka deh

    jangan lupa visit back www.nathanblog.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.