Mainan Edukasi Paling Cocok Untuk Hadiah Dia yang Kreatif

April 04, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Setiap pagi, selalu ada lambaian tangan kecil yang mengantarkan langkahku untuk pergi memenuhi peranku sebagai seorang ibu bekerja. Jika pagi itu aku beruntung aku pasti mendapati senyuman candu dari bibir mungilnya. Senyuman itulah yang membakar semangatku menjalani hari untuk lebih baik dalam bekerja. Senyuman itulah yang selalu menjadi alasanku untuk segera ingin menjumpai sore hari.


Sore hari, ketika suara mesin kendaraanku meninggi, saat itu jugalah terdengar decitan gagang pintu ditarik. Kemudian diikuti dengan langkah kecil yang terburu-buru sambil melengkingkan suara memanggilku "ibu...ibu...ibu", seketika lelahku hari itu terbayar sudah. Ya, setiap pulang dari kantor aku harus menarik gas motorku lebih kencang agar si roda dua ini bisa masuk kehalaman rumah karena  posisi halaman  kami lebih tinggi dari badan jalan. Seolah-olah anak kecil itu sudah hafal dengan suara kendaraanku karena hampir setiap sore dia selalu menyambutku pulang. Oh, anak yang manis.

Tuhan begitu baik kepadaku, dipertengahan tahun pertama usia pernikahan kami Dia mengirimkan malaikat kecil dirahimku.  Malaikatku, dia tak pernah menyusahkan. Selama sembilan bulan aku mengandungnya tak pernah aku merasakan kesusahan ataupun kesakitan. Akhir tahun 2014 dia memilih waktu dan jalannya sendiri untuk melihat dunia. Seorang bayi laki-laki yang kami beri nama Arrafa Frinianto - Kebahagiaan yang hadir di hari jumat, sekarang telah tumbuh menjadi anak yang luar biasa. 

Usianya kini hampir 2.5 tahun dan selama itu pulalah dia melengkapi hidup kami. Menjadikannya lebih berwarna dengan gelagak tawanya.  Anak pertama kami, si kecil yang rela bersusah payah dan bersabar menemani ayah ibunya memulai sebuah babak baru dalam kehidupan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa anak pertama kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat karena sebagian dari mereka lahir dimasa-masa sulit ketika kedua orang tuanya baru memulai sebuah perjalanan hidup. Semoga itu benar adanya semoga kelak dia menjadi sosok lelaki yang mandiri dan bertanggungjawab.

Dia adalah harta paling berharga yang aku miliki. Satu-satunya yang membuatku takut kehilangan. Dia adalah sosok yang selalu aku sebut namanya dalam setiap doa. Satu-satunya alasan aku rela memompa ASI (Air Susu Ibu) setiap hari hanya agar dia menjadi anak yang cerdas dan tercukupi nutrisinya. Alasan kami rela menemui Dokter Spesialis Anak tersohor untuk memastikan kesehatan dan tumbuh kembangnya baik. 

Ya, dia adalah 'alasan' kenapa kami terus berjuang. Sementara jika ditanya apa alasan kami menyanyanginya, entahlah kami tidak pernah tahu apa jawabannya, yang pasti  karena 'dia adalah darah daging kami'.

Anyway, semenjak kehadirannya aku jadi lebih tertantang untuk memperluas ilmu dan informasi tentang edukasi kepada anak. Mulai dari ikut komunitas, ikut seminar, ikut kuliah online tentang tumbuh kembang dan montesensori serta berbagai aktivitas yang aku kira bisa mengupgrade pengetahuanku tentang parenthing

Mulai sering kepo-kepo situs belanja yang menyediakan mainan edukasi dan buku-buku tentang anak. Berbeda dengan ayahnya, aku lebih suka membelikan mainan yang merangsang kecerdasan seperti puzzle, board games, music games ataupun buku anak. Sementara ayahnya sering memilih mainan edukasi yang lebih meningkatkan branding seorang anak laki-laki seperti mobil-mobilan dan building block/toys. Kami mengakui perbedaan minat kami dalam menyediakan mainan edukasi kepada anak justru memperluas kreatifitasnya, jadi kami saling mendukung dalam memberikan fasilitas bermain.

#Rafa building his house

#Rafa service his car
Ternyata setelah kami amati, si kecil lebih menaruh minat kepada mainan pilihan ayahnya. Dia lebih sering memainkan beberapa macam hotwheels ataupun lego meskipun terkadang juga masih sering memainkan board games pilihanku. Dari situ aku jadi berpikir untuk memberikan hadiah berupa Mainan Lego yang kualitas dan fiturnya lebih baik.

Setelah menjatuhkan pilihan mainan edukasi berupa lego, baru deh searching-searching market place yang rekomended. Satu, dua, tiga dan ternyata dari sekian market place, Elevania paling banyak menjual  Lego. Banyak banget jenis lego yang dapat dibeli mulai dari Lego Creator, Duplo,Technic, Movie ataupun edisi Star Wars. Masalah harga bisa disesuaikan dengan budget loh karena harga lego di Elevania mulai dari puluhan ribu sampai jutaan tinggal kita sesuaikan dengan kemampuan anak dan yang pasti sesuai kantong.

Sumber gambar : http://www.elevenia.co.id
Ckckckck pusying deh mau pilih yang lego yang mana semuanya keren-keren dan dijamin si anak bakalan suka banget kalau dibelikan. Untungnya nih di Elevania juga dilengkapi informasi produk yang lengkap jadi kita bisa membandingkan kualitas dari masing-masing produk. Selain itu dengan belanja di Elevania tak perlu pusing jika uang belum mencukupi karena pembayaran dapat kita cicil. Satu lagi yang paling asyik belanja di Elevania adalah promo yang selalu diberikan setiap transaksi, misalnya kita bisa memakai delivery voucher untuk menghemat biaya ongkos kirim.

Setelah melakukan berbagai pertimbangan akhirnya aku menjatuhkan pilihan pada LEGO Technic Pick Up Tow Truck 9395 sebagai hadiah buat si manis Rafa. Di Elevania harga lego ini adalah Rp 2.220.000,00. Hadiah yang sangat cocok buat dia yang kreatif dan tertarik pada dunia mesin.

#LEGO Technic Pick Up Tow Truck 9395

#LEGO Technic Pick Up Tow Truck 9395
Anak adalah investasi paling berharga bagi setiap orang tua jadi memberikan fasilitas semahal apapun tidak akan rugi dan sia-sia asalkan diberikan dengan pemahaman yang bijak kepada anak. Pemberian hadiah kepada anak juga sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang dicapainya sehingga anak merasa dihargai dan semakin semangat untuk terus belajar. Maksud pemberian hadiah bukanlah semata-mata karena hasil yang dicapai seorang anak, melainkan dengan hasil yang telah dicapai anak itu, pendidikan bertujuan membentuk kata hati kemauannya lebih baik dan lebih keras kepada anak.

Baca : Mengajak Anak Membereskan Mainan? Gak Susah Kok Mom, Cobalah 5 Trik Berikut

Memang sebagai  orangtua tentunya kita ingin  membahagiakan anak kita dengan cara apapun, termasuk dengan memberi hadiah. Selain sebagai bentuk ekspresi kasih sayang kita kepada anak, sebuah hadiah juga dimaksudkan sebagai penghargaan atas prestasi atau perilaku positif yang ditunjukkan anak. Hadiah (reward) itu bisa dengan pemberian materi dengan segala bentuknya atau cukup dengan kasih sayang tulus yang ditunjukkan lewat seulas senyum, kata-kata pujian, ciuman dan pelukan hangat.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Regards
Yenny

8 comments:

  1. Legoo... Ponakanku juga suka lego. Sehat sehat selalu ya pujaan Mama

    ReplyDelete
  2. 2 lelakiku jg hobi lego mak...., lmyn mihil juga.tp yen beli benar2 disimpen rapet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak kalo yg bags mesti harganya mahal2 ya, musti nabung dulu

      Delete
  3. Wah anak cowok mainannya Lego. Anakku cewek semua mbak. Salam kenal y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cewe juga boleh loh mbak main lego hehehehe ada lego jenis creator buat building rumah2an gt. Salam kenal kembali :)

      Delete
  4. Anakku pasti juga seneng mainan kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijamin deh mbak anak2 suka hehehe

      Delete

Powered by Blogger.