Berkat Kerajinan Wayang Kulit Dukuh Butuh, Sidowarno, Klaten Terpilih Sebagai Kampung Berseri Astra

December 07, 2018
Assalamualaikum Wr. Wb. 

PT Astra International Tbk (ASII) sampai saat ini terus berupaya untuk menggalakan program Kampung Berseri Astra (KBA). Program yang telah berjalan sejak tahun 2013 ini sudah mempunyai 77 KBA di 34 Provinsi. Program ini fokus pada 4 bidang yang pengembangannya mengintegrasikan 4 pilar, yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan. Melalui program ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Source : Okezone.com
Saat ini Solo telah terpilih sebagai Kampung Berseri Astra (KBA) tepatnya adalah Dukuh Butuh, Sidowarno, Klaten. Mengunjungi kampung  ini kita tidak perlu kuwatir kesasar karena di sepanjang jalan telah dipasang petunjuk jalan dengan sangat rapi. Saat memasuki gapura Dukuh Butuh pengunjung dapat langsung membaca peta lokasi home industri yang tersebar di kampung ini. Ada zona home industri membuat mannequin dan zona home industri pembuatan wayang kulit.

Source : Okezone.com
Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah sebagai petani dan pengrajin. Ada sekitar 70 pengrajin wayang kulit dan sisanya ada yang membuat Mannequin. Pembuatan wayang kulit pertama kali dilakukan pada tahun 1965. Awalnya hanya beberapa orang saja yang membuat wayang, kemudian terus berkembang dan sampai sekarang banyak warga yang menjadikan wayang sebagai mata pencariannya.

Para pengrajin itu mengaku bahwa membuat wayang itu tak sulit, yang sulit adalah memunculkan seni (rasa cinta) dihati pembuat wayang kulit itu sendiri. Kalau seni tak keluar, maka hasilnya kurang memuaskan dan wayang yang dihasilkan hasil jadinya kasar. Dan pemesan pun bisa kecewa kalau hasilnya kurang memuaskan. Menariknya, tak ada rasa persaingan bisnis dengan pengrajin wayang lainnya di Dukuh Butuh ini. Justru sebaliknya, para pengrajin saling membantu bila salah satu pengrajin memenangkan suatu tender pembuatan wayang.

Source : nonobudparpora.wordpress.com

Source : Okezone.com
Berkat kerja keras dan kegigihan penduduk yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (Kube) pengrajin wayang kulit akhirnya Dukuh Butuh terpilih sebagai  Kampung Berseri Astra (KBA). Warga akan diberikan kesempatan membuat program, semantara pihak Astra akan menyetujuinya dan mendanainya dalam bentuk fresh money maupun berupa sarana, pelatihan, alat - alat yang dibutuhkan untuk membuat atau mempromosikan produk-produk. Harapannya Dukuh Butuh ini mampu berkembang sesuai potensinya yaitu wayang kulit.

Baca juga :  Program Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL) Sebagai Bentuk Konstribusi Sosial Astra Selama 60 Tahun Ini

Karena program ini baru  dimulai, tentu pemetaan masalah akan terus dilakukan. Selanjutnya adalah perumusan program kerja dalam jangka waktu setahun kedepan. Sementara itu untuk melihat keberhasilan program KBA, setiap tahun akan dilakukan evaluasi. Dan ditargetkan, 2-3 tahun kedepan sudah dapat terjadi perubahan dan dirasa manfaatnya oleh masyarakat di Dukuh Butuh Klaten.

Source : Klatenpedia.com
Itulah seklumit cerita tentang Dukuh Butuh Klaten yang saat ini dicanangkan sebagai Kampung Berseri Astra dengan menekankan pada potensi budaya yaitu pada kerajinan wayang. Kedepan diharapkan kampung ini menjadi tujuan wisata budaya yang dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap kesejahteraan penduduknya.

Waalaikumsalam Wr, Wb.




No comments:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.