10 Akun Instagram Parenting yang Layak diikuti Oleh Bu Ibu Milenial

December 05, 2018
Assalamualaikum Wr. Wb.

Pernahkah bu ibu mendengar istilah generasi milenial?

Generasi milenial adalah generasi yang banyak menggunakan teknologi komunikasi dalam hidupnya, media sosial pun tak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-hari. Generasi ini diakui sebagai generasi yang lahir di antara tahun 1980 sampai 2000an.


Lahirnya generasi milenial ternyata juga merubah sudut pandang dan cara berfikir orang tua khususnya ibu-ibu dalam membesarkan anak-anak mereka. Mayoritas ibu milenial telah menyelesaikan pendidikannya dan menyandang gelar sarjana. Ibu-ibu ini cenderung kritis terhadap pola pengasuhan anak. Mereka hidup dengan kemajuan teknologi informasi  terutama adalah internet. hampir seluruh ibu milenial mempunyai 3 sampai 4 akun sosial media yang berbeda seperti Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan Pinterest. Seluruh akun tersebut biasanya mereka pergunakan untuk sharing berbagai informasi masalah parenting.

Baca juga : Media Sosial yang Paling Sering Aku Gunakan

Aku sendiri paling suka dengan media sosial Instagram untuk mencari berbagai informasi karena dengan gambar visual yang menarik akan lebih mudah dipahami dari pada harus membaca informasi yang sangat panjang. Berikut ini 10 akun Instagram parenting yang menjadi favoritku dalam dalam mencari informasi-informasi pengasuhan anak :

1. @parentalk.id


Akun Parentalk hampir setiap minggu mengadakan live dengan pakar atau publik figur seperti pakar laktasi, psikolog dan selebgram yang sering sharing parenting. Dengan hashtag #millennialparenting mereka memkampanyekan cara asuh masa kini. Follow akun ini bisa membuka pikiran ibu-ibu yang masih sering terikat dengan mitos dan kebiasaan pola asuh orang tua jaman dahulu. Parentalk sering menampilkan informasi-informasi tentang mitos dan fakta pola asuh.

2. @ibupedia_id


Hampir sama dengan akun Parentalk, Ibupedia sering sekali membahas mengenai mitos-mitos yang kadang membuat kita bertanya-tanya, bener atau ngga. Selain itu Ibupedia juga membahas tahap perkembangan anak atau kehamilan sesuai usianya. Berbagai fakta dan tips yang ibu-ibu belum tahu juga bisa dilihat di akun ini.   

3. @bidankita


Akun Bidankita ini tentu saja sering menampilkan informasi kehamilan dengan tujuan memberikan edukasi kepada calon ibu agar bisa memberdayakan diri sebaik mungkin untuk menyambut kelahiran buah hati. Fokus pada proses melahirkan yang nyaman tanpa trauma dengan cara Gentle Birth dimulai dengan pemahaman atas kehamilan itu sendiri, upaya pemberdayaan diri baik melalui hypnobirthing, yoga dan berbagai edukasi lainnya. 

Bidankita adalah milik Bidan Yesie Aprillia, seorang bidan yang sangat care dengan kesehatan ibu hamil serta mensupport persalinan normal. Aku paling suka saat Bidankita menampilkan konten proses persalinan, ngeri-ngeri nagihin lah pokoknya.

4. @id_ayahasi


Mengasuh dan mendidik anak memang perlu kerjasama antara kedua belah pihak. Tidak bisa jika hanya ibu saja yang melakukan tugas ini, sementara ayah hanya mengikuti dengan alasan tak punya ilmu apa-apa. Akun Ayah ASI ini bisa jadi akun rujukan untuk para ayah yang ingin memperluas ilmu tentang parenting sehingga bisa mengambil bagian dalam mendidik anak. Akun Ayah ASI sedikit berbeda dari akun-akun parenting pada umumnya, karena semua kontennya dari sudut pandang para suami. Pokonya ayah-ayah wajib follow.

Kalau aku pribadi, alasan lain mengikuti akun Ayah ASI selain sebagai penambah informasi dan ilmu parenting adalah sebagai bahan hiburan. Mimin Ayah ASI sering sekali memberikan jawaban kocak pada netizen yang bertanya tentang masalah perASIan. Bagiku itu bisa bikin ngakak so hard dan jadi booster ASI.

5. @paguyubanbayilangsing


Bu ibu yang memiliki bayi dengan berat badan kurang dari standar bisa banget gabung dengan komunitas Paguyuban Bayi Langsing (PBL) ini. Bu ibu akan menemukan banyak saudara senasib di sini dan bersama-sama mencari solusi setiap masalah yang bu ibu alami terkait perkembangan anak. PBL mengajak para orang tua yang memiliki bayi langsing untuk tetap percaya diri. Tak perlu terlalu khawatir selama Si Kecil sehat dan tumbuh kembangnya normal.

Di akun ini juga sharing berbagai pengalaman ibu-ibu dalam upaya mengejar ketinggalan berat badan dan perkembangan anaknya. Selain itu juga sering melakukan meet up atau kopdar sebagai ajak silaturahmi dan berbagi kisah. Terpenting lagi adalah ilmu yang dibagikan untuk meningkatkan berat badan seperti resep-resep mpasi tinggi kalori untuk boost berat badan bayi, informasi dokter spesialis anak dan ahli gizi yang recomended dan masih banyak lagi.

6. @febyeles


Selebgram Febie Arimbhie (MAMAKE) ini selalu sharing gaya parenting dia terhadap kedua anaknya. Mulai dari sharing daily activities, ASI MPASI, sampai review-review produk ibu dan bayi. Semua informasi tersebut sangat bermafaat bagi kalangan ibu-ibu milenial macam aku ini.

7. @elizabeth.zanifer


Akun ini juga milik selebgram yang biasa dipanggil mom Eliz. Aku mulai mengikuti akunnya sejak kelahiran anak pertama karena memang informasi yang dibagikan benar-benar berfaedah dan tidak menggurui, tidak sekedar sharing teori tetapi berani jujur saat dia menceritakan kegagalan demi kegagalan serta lesson learn yang dialaminya saat membesarkan David.  Anaknya yang lahir dengan berat badan rendah (BBLR), tidak bisa direct breastfeeding, dan perkembangan berat badan yang lambat. 

Mom Eliz benar-benar memudahkan followernya untuk menemukan informasi yang mereka cari karena dia telah membuatkan semacam direktori hastag biar gampang nyari materi tersebut.

8. @mamalyfe.id


Akun yang dibuat oleh seorang ibu muda bernama Lorensia Sanvira Santoso ini ada sejak akhir Juni 2018. Konten yang ditampilkan di Mamalyfe merupakan hasil riset, membaca referensi dari buku, dan menceritakan pengalaman pribadinya. Berbagi kiat sesederhana mungkin dan bisa diterapkan dengan mempertimbangkan pendapat para ahli.

Baca juga : 6 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Pernikahan

Tidak hanya diisi dengan konten parenting, Lorensia juga sering membagikan kiat-kiat membangun hubungan rumah tangga yang harmonis.

9. @asiku.banyak


Akun Asiku banyak ini selain sebagai olshop juga sering sekali membagikan informasi-informasi dunia perASIan. Akun ini membagikan tips-tips untuk memperbanyak produksi ASI, membagikan cara untuk relaktasi dan lain sebagainya.

10. @olevelove


Akun Olevelove adalah milik seorang banker muda dengan segudang kesibukannya sebagai seorang working mom tetapi sukses memberikan ASI kepada kedua buah hatinya. Punya 3 freezer ASIP yang bikin ibu ibu lain terpacu untuk semangat menuntaskan kewajibannya menyusui sampai 2 tahun. Selain berbagi tentang managemen ASI bagi seorang ibu pekerja, pemilik akun ini yang dikenal dengan nama Mak Citra Ayu Mustika juga sharing tentang upaya menjaga hubungan suami istri dengan hastagnya #teronglyfe.

Paling suka baca-baca konten Instagramnya yang lagi bahas masalah sex setelah punya baby. Suatu kebutuhan yang terkadang dinomorsekiankan karena prioritas beralih kepada si anak. Hal ini bisa menjadi masalah serius jika terus dibiarkan karena rumah tangga bisa jadi taruhannya. 

Waooo, pegel juga ngetik segitu panjang. Tak apalah, akhirnya aku bisa merangkup 10 akun Instagram parenting yang selama ini sangat bermanfaat bagiku.

Waalaikumsalam Wr. Wb.  

No comments:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.