Olababy Feeding Spoon for Arka's Preparation MPASI

July 23, 2018
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yayy, bulan ini adek Arka sudah berusia lima bulan, artinya sebulan lagi dia bisa mencicipi makanan padat pertamanya sebagai pendamping ASI. Meskipun sudah anak kedua ternyata rasa excaited ibu masih tetap luar biasa nih. Segala hal tentang MPASI sudah ibu pikirkan, mulai dengan membaca-baca jurnal/panduan dari WHO, membaca artikel-artikel mengenai kebutuhan gizi bayi, mengikuti sharing dengan beberapa komunitas sampai dengan persiapan peralatannya termasuk feeding spoon yang aman dan mudah dipakai. Tentu saja dengan harapan bisa menyiapkan menu MPASI homemade yang padat gizi biar adek tumbuh sehat jadi anak yang kuat hehehe. Ternyata jadi ibu Generasi Y (milenial) itu gak mudah.


Baca juga : 5 Cara Praktis Menyiapkan MPASI Sehat Bagi Ibu Bekerja

Kebetulan dirumah masih ada beberapa perlengkapan MPASI milik Mas Rafa dulu dan masih sangat layak dipakai seperti slow coocker, food prosessor, saringan, dan warmer. Sedangkan peralatan yang harus ibu lengkapi salah satunya adalah feeding spoon karena punya Mas Rafa sudah pada rusak dan bahkan ada yang hilang. Sebelum belanja, tentu saja ibu cari tau sana sini dulu tentang berbagai review feeding spoon yang recomended untuk pertama kali memberikan makan bayi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli feeding spoon antara lain :

๐Ÿ‘ถ Pilih bentuk yang sesuai dengan tingkat perkembangan bayi

Ibu mesti memilih feeding spoon yang mudah dipakai sehingga si kecil bersemangat dan mudah untuk makan. Saat bayi mulai belajar makan, umumnya mereka belum bisa memegang sendok di bagian yang pas sehingga bisa membuat hidangan jadi acak-acakan serta mulut menjadi kotor. Feeding spoon yang berfungsi untuk membantu menyuapi si kecil berbeda dengan baby spoon yang dirancang agar bayi bisa makan sendiri. Saat si kecil sudah mulai belajar makan secara mandiri, kita bisa pilih baby spoon dari pada  feeding spoon.

Baca juga : Tentang Metode MPASI Anak

Saat bayi mulai makan dengan makanan padat yang bervariasi, kita bisa pilih sendok bayi yang didesain dengan cekungan ke dalam dengan ujung melengkung sehingga mampu menampung makanan lebih banyak. Selain itu, sendok bayi yang cekung akan membuat anak lebih cepat makan karena volume makanan yang masuk lebih banyak.

๐Ÿ‘ Pilih berdasarkan bahan

Bayi yang berada pada tahap perkembangan tertentu akan terlihat aktif, termasuk memegang dan mengayun-ayunkan berbagai barang seperti sendok atau garpu. Feeding Spoon yang terbuat dari bahan silikon, memiliki karakteristik yang ringan untuk diayunkan sehingga tidak akan membuat cedera jika terjatuh dan menimpa bagian tubuh bayi. Bahan silikon juga memiliki sifat yang relatif kuat sehingga akan aman dan tidak mudah rusak jika terlempar. Hampir sama dengan bahan plastik hanya saja bahan silikon lebih lunak.

Sebenarnya ada banyak feeding spoon lainnya yang terbuat dari bahan-bahan selain silikon yaitu dari plastik, stainless steel, dan kayu. Semunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

๐Ÿ‘ Pilih feeding spoon dengan wadah yang mudah dibawa pergi

Beberapa bayi bisa memiliki peralatan makan favorit yang membuat mereka merasa nyaman. Ketika kita mengajaknya bepergian, kadangkala mood bayi bisa berubah sehingga sulit untuk makan tanpa dengan menggunakan peralatan selain yang menjadi favoritnya. Jadi kita bisa memilih feeding spoon yang praktis dan dilengkapi wadah sehingga mudah dibawa-bawa kemana-mana.

Tiga hal di atas sangat penting untuk diperhatikan sebagai panduan dalam membeli feeding spoon bayi. Sendok juga berfungsi sebagai media stimulasi perkembangan bayi sehingga bagus untuk merangsang saraf-saraf di otak agar tetap aktif. Tugas ibu adalah menjadikan pengalaman mengeksplorasi dunia yaitu dimulai dengan menjelajah makanan di piring si kecil.

Dari hasil pencarian yang cukup pelik itu akhirnya Ibu menentukan pilihan pada Olababy Feeding Spoon dengan berbagai kelebihan yang ditawarkannya. Berikut sedikit review dari si sendok lucu tersebut :
๐Ÿ™… Bisphenol-A (BPA) free

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ikatan BPA yang tergolong tidak stabil dapat menyebabkan sejumlah kecil zat kimia ini terlepas ke dalam makanan atau minuman yang menjadi isi suatu kemasan yang mengandung BPA. Akhirnya lepasan BPA tersebut kemudian dapat tertelan oleh manusia. Pelepasan zat kimia ini akan terjadi semakin banyak saat botol/wadah terkena panas seperti saat direbus atau disterilisasi. 


Para ilmuwan menyebutkan bahwa BPA dapat menjadi senyawa “pengganggu hormon” karena berpotensi mengganggu fungsi normal dari sistem hormon, baik itu pada manusia maupun pada hewan yang menimbulkan efek merugikan pada kesehatan, reproduksi, perkembangan, serta masalah tingkah laku (behavioural).

Mengerikan banget kan kalau senyawa berbahaya di atas dapat tertelan bayi. So, carilah tanda “BPA-free” pada setiap perlengkapan makan bayi. Untuk produk feeding spoon dari Olababy ini dapat dipastikan 100 %  BPA free, jadi aman untuk bayi.
   
๐Ÿ‘Œ Terbuat dari 100% Silicone Food Grade yang bebas racun

Food grade adalah satu istilah untuk menjelaskan golongan  material yang layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan makan. Suatu material dianggap food grade apabila material tersebut tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang berbahaya/beracun ke makanan yang akan kita makan.


Olababy feeding spoon terbuat dari Silicone Food Grade yang bebas racun sehingga sangat aman digunakan bayi dan dapat di sterilkan serta aman digunakan pada mesin pencuci piring. Dirancang sempurna untuk memberi makan bayi dengan mudah. Terinspirasi oleh elemen tumbuhan alami, sendok menyerupai bentuk tunas sementara ujungnya menyerupai daun.

๐Ÿ’‹ Ergonomis desain untuk tangan orang dewasa

Olababy feeding spoon ini dikemas dalam box mika berbentuk kotak persegi panjang yang simple dan mudah dibawa-bawa. Ukuran kemasannya cukup kecil dan mudah dibawa pergi. Sedangkan spoon-nya berukuran panjang 15 cm. Saat dipegang tidak terlalu pendek sehingga mempermudah Ibu untuk menyuapi si kecil. Satu set feeding spoon berisi 2 buah dengan ukuran serta bentuk yang sama. Hanya saja warnanya agak bergradasi sedikit, satunya berwarna hijau gelap sedangkan satunya berwarna hijau terang.


Ibu sudah mencobanya untuk memberikan ASIP pada adek Arka dan ternyata memang sangat membantu. ASIP tidak akan tumpah-tumpak karena bentuk sendoknya sedikit cekung tetapi ukurannya tidak terlalu besar namun sangat pas di mulut bayi yang munggil. 

๐Ÿ‘† Sendok bisa diletakkan berdiri agar tetap higienis



Jujur aku baru pertama kali melihat ada sendok yang dapat diletakkan berdiri seperti produk Olababy ini. Sendok pada umumnya selalu dibuat pipih, kalaupun mau diposisikan berdiri harus diletakkan dalam wadah lain. Jelas sekali desain ini sangat berfungsi dalam menjaga sendok tetap steril.
 
๐Ÿ’ฅ Dapat dimasukan ke mesin steril

Meskipun bentuknya silikon, Olababy feeding spoon ini tidak akan meleleh saat dipanaskan dalam mesin sterilizer.

๐Ÿ‘ Flexible Material to Scoop Food at Any Angle

Bahan yang fleksibel memudahkan untuk menyendoki, memotong, atau bahkan mengiris. Makanan yang berada di sudut-sudut wadah makan dapat dengan mudah diambil tanpa harus memiring-miringkan atau mengangkat wadah. Olababy feeding spoon adalah alat yang sempurna untuk bayi memualai belajar makan makanan padat.



๐Ÿ’ซ Harga dan Cara Pembelian

Olababy feeding spoon dapat kita miliki dengan harga  IDR 260.000 melalui website www.mooimom.id


Oke deh, itu sedikit yang dapat Ibu sharing tentang persiapan MPASI adek Arka. Tunggu next blogpost yang akan membahas reaksi pertama Arka menerima makanan padat perdananya. Doain Ibu sukses memberikan MPASI buat adek Arka ya.

Waalaikumsalam Wr. Wb.


Sumber : 
https://www.mooimom.id
https://my-best.id
https://evgust.wordpress.com


2 comments:

  1. terima kasih sharingnya mba, lumayan ni info buat anak kedua :D

    ReplyDelete
  2. bentuk spoonnya lucu tapi berguna sekali ya

    anggiputri.com

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.