Manfaat Senam Hamil

January 08, 2018
Assalamualaikum Wr. Wb.

Kehamilan memang sering membuat tubuh gampang sekali kelelahan. Malakukan aktivitas sebantar saja sudah membuatku ngos-ngosan. Kalau dituruti rasanya hanya pengen males-malesan dan berbaring diatas kasur sambil mainan handphone. Padahal nih ya berdiam diri tanpa bergerak aktif di masa hamil justru  membuat tubuh menjadi tidak bugar dan akan mempersulit proses persalinan.

Manfaat Senam Hamil
Memasuki minggu-minggu akhir kehamilan aku disarankan dokter untuk banyak melakukan gerak terutama gerakan-gerakan ringan yang dipercaya dapat memaksimalakan persiapan persalinan. Contohnya adalah rutin melakukan jalan-jalan kecil minimal 30 menit setiap hari, melakukan senam hamil atau prenatal yoga

Menjaga kebugaran dan meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk proses persalinan adalah dengan secara rutin melakukan olahraga tersebut tetapi kadang masih terkalahkan dengan rasa malas juga situasi hatic dipagi hari untuk menyiapkan kakak berangkat sekolah serta menyiapkan diri ke kantor (ya, sampai sekarang aku masih aktif bekerja dan belum mengambil jatah cuti bersalin). Tapi sepertinya aku harus memaksa diri untuk berolahraga karena aku tidak ingin menyesal dikemudian hari. 

Well, akhirnya setelah mengalami pergolakan jiwa (heleh bahasanya) aku mampu mewujudkan niatku untuk ikut senam hamil saat mulai memasuki trimester ketiga. Aku memulainya pada usia kehamilan 32 minggu atau orang-orang bilangnya usia 8 bulan. Aku lebih memilih olah raga ini karena relatif aman meskipun usia kehamilan sudah tua. Pada umumnya senam hamil meliputi latihan-latihan untuk meningkatkan fleksibilitas, kekuatan otot, dan menjaga sistem kardiovaskular sehingga dapat mempercepat serta memperlancar proses persalinan. Senam hamil dapat dilakukan selama 30 sampai 90 menit. Aku sendiri memilih untuk melakukaknnya selama 60 menit karena jika lebih lama rasanya sudah terlalu letih.


Secara spesifik senam hamil memiliki banyak manfaat yang dapat diambil oleh ibu hamil. Berikut ini 7 manfaat senam hamil :

1.  Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan

Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil pasti akan mengalami kelonjakan kenaikan berat badan, apalagi jika sudah memasuki trimester ketiga. Ibu hamil trimester ketiga akan mengalami kenaikan berat bedan minimal 0,5 kg setiap minggunya bahkan ada sebagian ibu hamil yang mengalami peningkatan lebih dari itu. Jadi alangkah baiknya jika kenaikan berat badan tersebut tetap terkontrol untuk tetap berada pada batas normal dan sehat. Nah dengan melakukan latihan atau senam hamil dapat menekan resiko kenaikan berat badan yang berlebih selama dan pasca kehamilan.

2.  Membuat tidur lebih nyenyak

Kesulitan tidur atau bahkan insomnia kerap kali dialami oleh para ibu hamil, hal itu dikarenakan sulitnya untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Ternyata dengan melakukan senam hamil dapat membantu ibu hamil tidur lebih nyenyak.

3.  Memperkuat jantung dan paru-paru

Senam hamil juga diikuti dengan latihan olah nafas yang berfungsi untuk memperkuat jantung dan paru saat mengadapi kontraksi serta proses persalinan. Dengan memiliki jantung dan paru-paru yang kuat tentu saja dapat melancarkan persalinan serta mengurangi rasa nyeri. Selain itu tubuh ibu hamil tidak akan cepat lelah.

4.  Memperkuat sendi

Nyeri sendi sering sekali dialami oleh ibu hamil sehingga membuatnya tidak nyaman. Nah, dengan melakukan latihan atau gerakan senam hamil dapat membantu tubuh untuk mengurangi rasa nyeri karena kehamilan seperti rasa nyeri punggung betis dan kaki.

5.  Mengencangkan otot

Gerakan senam hamil juga dapat meningkatkan peredaran darah sekaligus memperkuat otot perut, otot paggul dan otot paha yang nantinya akan bekerja keras saat proses persalinan. 

6.  Meredakan nyeri dan sakit yang dirasakan di masa kehamilan

Dengan melakukan peregangan dan serangkaian latihan gerak penguatan otot, dapat menjaga punggung agar tetap berada di jalurnya meskipun bebannya semakin bertambah selama kehamilan. Senam hamil ini dapat membantu meredakan nyeri dan sakit punggung yang umum dirasakan oleh ibu hamil.

7.  Mengurangi stress selama kehamilan dan pada masa pasca melahirkan

Beberapa penelitian yang membuktikan bahwa senam hamil dapat mengatasi kecemasan bagi ibu hamil. Senam hamil secara rutin dapat mengurangi stress bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan kadar serotin dalam tubuh yang mempengaruhi mood.


Dapat melahirkan secara normal tanpa jahitan adalah bonus dari usaha ibu-ibu selama ini dengan rutin berolah raga. Namun tujuan utamanya adalah menjaga kebugaran ibu hamil sehingga dapat melahirkan secara gentlebirth tanpa adanya trauma. 

Well, itulah yang dapat aku sharing dengan ibu-ibu pengunjung setia blog ini tentang manfaat senam hamil. Kira-kira ada yang pengen tahu gak aku ikut latihan gerakan senam hamil dimana?




Oke, aku kasih bocoran ya tapi ini khusus di Solo aja hehehe. Aku rutin ikut senam hamil bersama mbak-mbak instruktur yang kece-kece di Klinik Mommies, Jl. Gajah Mada No.134, Ketelan, Banjarsari, Solo. Kalau ada yang ingin bergabung bisa loh langsung reservasi ke WA 08112955666.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

4 comments:

  1. Kemarin pas kamu watsapp story ttg ini aku mupeng banget Mbak Yen. Soalnya nyari2 tempat senam hamil di Klaten belum nemu padahal pengin banget. Apalagi buat latihan nafas. Soalnya sekarang aku gampang banget capeknya padahal cuma jalam beberapa meter.

    ReplyDelete
  2. 3x hamil belum pernah coba senam hamil, hamil selanjutnya jd mau coba senam hamil *ehhh

    ReplyDelete
  3. Pas hamil coba senam 2x selanjutnya olahraga di rumah😂

    ReplyDelete
  4. Selamat Datang
    S1288poker.com
    Menang Ceme
    Bandar Ceme
    Ceme Online
    Ceme 99
    Qiu Ceme
    Contact Person :
    WA : 087782869981
    BBM - 7AC8D76B

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.