Perubahan yang Aku Alami pada Kehamilan Trimester Kedua

October 07, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Masih belum menyangka waktu berjalan begitu cepat. Rasanya baru kemaren aku melihat ada strip dua di testpackku dan sekarang usia kehamilan ini sudah memasuki pertengahan trimester kedua. Banyak perubahan yang aku rasakan pada pertengahan usia kehamilan ini yang tentunya berbeda dengan masa-masa awal kehamilan. Jika di trimester pertama dulu aku lebih banyak menjalani bedrest karena sempat kram perut dan flek serta mual muntah maka di trimester kedua ini aku sudah merasa lebih nyaman dan rileks menjalani kehamilan.

Baca juga : Pernah Memiliki Riwayat Abortus, Berikut 5 Cara yang Aku Lakukan dalam Menjaga Kehamilan pada Trimester Pertama



Berikut ini beberapa perubahan yang aku rasakan pada trimester kedua kehamilan ini :

1. Berat Badan Melonjak Cepat

Pada trimester pertama kenaikan berat badan yang aku alami tidak begitu terlihat, dalam sebulan maksimal hanya menglami kenaikan sebanyak 1 kg. Berbeda dengan timester pertama, pada trimester kedua ini kenaikan berat badan yang aku alami sangat pesat. Dalam sebulan berat badanku bisa naik antara 2 sampai 3 kg.

2. Merasakan Gerakan Janin

Ini adalam moment yang paling mengharukan dalam masa kehamilan yang selalu ditungu-tungu oleh setiap ibu hamil. Dulu aku sempat kuwatir karena sampai usia 18 minggu aku belum juga merasakan adanya gerakan janin padahal sebagian ibu hamil lainnya sudah mulai bisa merasakan adanya gerakan janin sejak usia 10 minggu dengan ditandai adanya rasa kedutan di sekitar rahim.

Di timester kedua ini akhirnya aku dapat merasakan gelombang cinta dari janin yang selama ini aku tunggu-tunggu. Ibu-ibu yang pernah mengalami masa hamil pasti mengerti bagaimana perasaanku saat ini, antara haru, cemas dan tentunya bahagia.

3. Sakit Pinggang

Sejak awal kehamilan, aku memang sudah merasakan sakit pinggang seperti ini tetapi ternyata pada trimester kedua ini rasa sakit itu lebih parah. Menurut penjelasan dokter hal itu wajar karena beban semakin bertambah berat dan perut semakin membesar. 

Intinya aku harus banyak-banyak berdoa dan bersabar karena bisa jadi sakit pinggang ini akan terus dirasakan sampai persalinan nanti karena dikehamilan ini aku mengalami indikasi plasenta privea.

4. Gatal-gatal pada Bagian Kulit Tertentu

Bagian kulit yang mengalami peregangan akan terasa gatal pada saat-saat tertentu. Ingin rasanya terus menggaruk pada kulit di bagian perut, paha, bokong dan payudara karena terkadang rasanya benar-benar sangat tidak nyaman. Untuk mengurangi rasa gatal itu biasanya aku akan selalu menjaga kelembaban kulit dengan mengoleskan baby oil atau minya zaitun pada area-area kulit tersebut.

5. Payudara Membesar dan Nyeri

Payudara juga semakin membesar pada trimester kedua karena terjadi penambahan penumpukan lemak dan kelenjar susu juga makin besar dalam payudara untuk memproduksi ASI. Sepertinya aku harus segera hunting maternity bra agar rasa nyeri tidak semakin parah karena memakai bra yang sempit.

6. Kram Kaki

Seperti pada kehamilan anak pertama, kram kaki juga aku alami pada kehamilan ini. Posisi duduk lesehan benar-benar bukan pilihan yang tepat karena aku sering sekali kepayahan bangkit dari posisi tersebut dan berakhir dengan kram di sekujur kaki.

Kondisi seperti itu sebenarnya wajar dialami oleh ibu hamil karena adanya tekanan dari janin yang semakin besar pada pembuluh darah dan saraf  menuju kaki. Hal yang aku lakukan untuk mengurangi frekuensi kram kaki adalah dengan mengambil posisi duduk atau tidur yang tepat yaitu duduk dikursi yang lebih tinggi atau tidur dengan posisi berbaring kesisi kiri. Juga sering-sering melakukan peregangan otot, banyak minum air putih dan sekali-kali mandi dengan air hangat.

Baca juga : Hal-Hal Yang Aku Lewati Pacsa Keguguran dan Tindakan Kuretase

Hamil adalah sebuah anugrah yang tidak semua wanita dapat merasakannya, maka apapun yang dirasakan selama masa kehamilan janganlah pernah mengeluh. Menyuskuri setiap perubahan dan selalu menjaga kesehatan adalah kunci kehamilan yang membahagiakan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5 comments:

  1. Waah lg hamiil, selamat menjalani hari2 selanjutnya mba sampai ke trimester ketiga, melahirkan, menyusui.. Semua punya tantangannya sendiri, tp psti bs dilewati dg bahagia klo kita iklas ya mbaa

    ReplyDelete
  2. aku waktu itu mual2 hebat, mbak. sampe dikasih obat tidur biar bisa istirahat, hiks....

    ReplyDelete
  3. Selamat ya Mba! ^_^. Dulu pas aku hamil, di trimester kedua, nafsu makan naik drastis. Pokoknya apa saja kok ya enak.. hehehe

    ReplyDelete
  4. Bagian merasakan gerakan janin adalah the most amazing part of pregnancy yah mbak. Rasanya seneng campur terharu gimana gitu ada makhluk hidup di dalam rahim perempuan. Subhanallah..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.