Mengenalkan Bentuk Geometri dan Melatih Ketrampilan Menempel Anak 2,5 Tahun

October 13, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Semenjak mulai masuk Kelompok Bermain (KB) fullday kapasitas keaktifan Rafa sepertinya bertambah lebih besar lagi. Ini anak sepertinya tidak pernah punya rasa lelah, sepulang dijemput dari sekolah bukanya istirahat tapi masih saja cari-cari kegiatan, entah itu main bola, lompat-lompat, bersepeda dan kadang lebih ekstrim lagi dengan manjat-manjat pagar atau apapun yang bisa dipanjat. 

Mengenalkan Bentuk Geometri
Mendapati Rafa seperti itu, aku jadi berpikir perlu gak sih aku membuatkan dia permainan yang lebih mengasah kemampuan motorik halus dan kemampuan akademisnya. Well, dari hasil pencarian di internet akhirnya aku mengerti bahwa anak 2 - 3 tahun itu sudah siap untuk diperkenalkan dengan macam-macam bentuk geometri dan warna. Yay, akhirnya aku menemukan ide untuk membuat Rafa mengurangi aktivitas geraknya dengan belajar macam-macam bentuk geometri. Dengan bahan sederhana berupa kertas dan lem aku buatkan dia macam-macam bentuk geometri yang terbuat dari kertas putih polos kemudian dicocokan dan ditempelkan pada kertas berwarna yang sudah tergambar bentuk-bentuk geometri pula.

Baca juga : Mainan Edukasi Paling Cocok Untuk Hadiah Dia yang Kreatif

Harapanku selain membuat Rafa mengurangi aktifikas geraknya juga berusaha mengenalkan bentuk geometri agar dia mampu berkembang sesuai dengan tahapan usianya. 

Saat dia mulai beralih dari lompat-lompatan di kasur ke bermain sepeda, aku bilang "Rafa ayo main sama ibu, ibu punya mainan baru". Kesan pertama yang dia tampilkan adalah penasaran dan langsung serta merta beranjak dari sepedanya. Aku memulai permainan ini dengan mengenalkan bagaimana cara bermainnya. Oke sampai disini dia terlihat sangat tertarik.



Aku keluarkan semua bentuk geometri yang terbuat dari kertas putih polos. Sebenarnya gak harus dibuat dari kertas putih polos sih, bisa dibuat dari kertas warna warni sambil sekalian mengenalkan macam-macam warna. Berhubung aku gak punya printer berwarna, yaudah dibuat dari kertas HVS putih polos aja.

Baca juga : Mengajak Anak Membereskan Mainan? Gak Susah Kok Mom, Cobalah 5 Trik Berikut

Saat aku mengambil satu buah bentuk berupa persegi dan aku meminta Rafa menyebutkan nama bentuk tersebut, tanpa disangka ternyata dia tau kalau itu persegi bahkan dia menyebut juga bahasa inggrisnya adalah square. Wow !

Dari 12 macam bentuk geometri yang aku buat untuknya ternyata hampir semuanya bisa dia sebutkan namanya, hanya sesekali dia menanyakan nama inggrisnya. Good job boy. Keduabelas bentuk tersebut adalah persegi (Square), Segitiga (Triangle), Lingkaran (Circle), Oval, Bintang (Star), Panah (Arrow), Hati (Heart), Palang (Cross), Persegi Panjang (Rectangle), Persegi Lima (Pentagon), Persegi Enam (Hexagon), Jajar Genjang (Parallelogram), dan Bulan Sabit (Crescent Moon).


Selain mengenalkan macam-macam bentuk geometri, ide permainan ini juga dapat mengasah ketrampilan dan kerapian dalam menempel. 


Semoga lain waktu ibu bisa membuatkan mainan yang lain ya nak.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

With Love 
Ibu

3 comments:

Powered by Blogger.