Tradisi Sungkeman Saat Labaran Jadi Media Paling Ampuh Untuk Menyatukan Keluarga Kami

July 13, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Tradisi sungkeman saat labaran jadi media paling ampuh untuk menyatukan keluarga kami. Haduh bingung deh mau nulis kalimat apa pada paragraf pertama postingan ini, maju mundur mau ngetik, habisnya ini bakal jadi tulisan yang super late post banget. Hmmmm but aku mikirnya lanjut aja deh kan bulan Syawal belum berlalu jadi nuansa lebaran masih terasa kan? hahahah maksa banget deh.

Hari Raya Idul Fitri 1438 H
Pada intinya aku bakalan mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H" semoga kita semua kembali menjadi fitri dan ikhlas untuk saling memafkan antar sesama. Alhamdulillah pada tahun ini Allah masih memberikan kesempatan kepadaku dan keluarga untuk merayakan labaran dan berkumpul bersama keluarga baik dari keluarga besar suami maupun keluarga besarku. Sesuai kesepakatan dengan suami bahwa lebaran kita akan digilir tiap tahunnya. Jadi gini, tahun kemaren kami merayakan lebaran pertama tanggal 1 Syawal di kampung halamanku di Pacitan baru pada tanggal 2 Syawal kami bertolak ke Solo maka pada tahun ini dibalik. Kami merayakan hari pertama lebaran di Solo dulu baru kemudian mudik ke Pacitan pada lebaran kedua. Adil bukan ? hehehehe

Baca juga : Idul Fitri 1437 H 

Sungkeman adalah tradisi yang tidak akan pernah kami tinggalkan saat lebaran. Seperti halnya lebaran tahun ini, wajib bagi kami untuk berkumpul disatu titik di tempat keluarga tertua untuk melakukan sungkeman secara bersama-sama. Tempat yang selalu dipilih dari tahun-ketahun untuk merayakan hari yang suci ini adalah tempat Budhe di Karanganyar. Keluarga tertua dari silsilah ibu mertua. Yaa, ini menjadi moment paling mengharukan bagi kami karena seluruh keluarga dan sanak saudara dapat berkumpul bersama saling bermaaf-maafkan dan bagi-bagi angpau. Moment seperti ini hanya dapat terjadi sekali dalam tahunnya.

Tradisi Sungkeman
Bertemu kembali dengan saudara jauh yang lama tak pernah berjumpa juga menjadi bagian dari hal membahagiakan bagi kami. 

Kami akan selalu berusaha menjaga tradisi sungkeman ini sampai kapanpun karena ini adalah media yang paling ampuh bagi kami untuk mengumpulkan sanak-saudara yang telah tersebar di berbagai kota dan pulau. Selain lebaran kami memang jarang sekali dapat berkumpul seperti ini. Semoga cita-cita untuk meneruskan tradisi ini dapat terus kami jaga agar kami punya alasan untuk mudik, agar kami punya alasan kembali ke tanah air. Amiinnn :)

Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.