Anak-anak dan Emak-emak EPING Solo Belajar Sains di Rumah Banjar Garden Resto

July 18, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb.

Exclusive Pumping Mama Indonesia (EPING) Solo
Anak-anak dan emak-emak EPING Solo belajar Sains di Rumah Banjar Garden Resto. Sabtu (8/7/2017) lalu aku kembali berkesempatan ikut serta dalam acara kumpul bareng emak-emak Exclusive Pumping Mama Indonesia (EPING) Solo dalam rangka Halal Bihalal 1438 H sekaligus belajar bareng tentang Sains bareng anak-anak. Sejak awal kami selalu bertekad untuk menjaga silaturahim antar anggota dan menjadikannya semakin kenal satu sama lain. Kami juga tetap berusaha untuk menjadikan komunitas ini selalu produktif terutama dalam hal ilmu pengasuhan atau parenthing. Sesuai misi itu, maka pada kesempatan kali ini kami menyelipkan materi belajar yaitu tentang Sains untuk anak usia 2-3 tahun dalam rangkaian acaranya. 


Sebagian besar anak-anak kami adalah sebaya jadi mereka bisa belajar bersama sesuai dengan tahapan perkembangnnya. Trainer dalam pembelajaran sains kali ini adalah dari salah satu emak member juga yaitu Mak Indy. Sains yang dikenalkan untuk melatih ketrampilan anak kali ini adalah tentang merangkai "Kereta Tenaga Magnet". Bahan yang dipakai juga sangat sederhana dan pastinya kita bisa bikin DIY (Do It Yourself) atau jika tidak punya waktu membuatnya kita juga bisa memesannya di www.rumahsains-ilma.com.

Berikut ini bahan yang disiapkan dalam percobaan sains kali ini :

KERETA TENAGA MAGNET 

Bahan :
  1. Magnet 2 buah
  2. Stik Es Krim 1 buah
  3. Tutup Botol 4 buah
  4. Sedotan ukuran sedang 2 buah
  5. Lidi/sedotan cup air mineral 2 buah
  6. Kertas karton 
  7. Double tip 
Kereta Tenaga Magnet

Cara Merangkai :
  1. Buatlah kotak dari karton. Rekatkan ujung-ujung lipatan dengan double tip supaya kotak tidak mudah berubah bentuk. Kotak ini berfungsi sebagai kereta.
  2. Dengan bantuan double tip pasang sedotan sedang di bagian bawah kereta. Ini akan menjadikan tempat roda nantinya.
  3. Masukkan lidi/sedotan cup air mineral kedalam sedotan sedang, lalu pasang roda dari tutup botol di kedua ujungnya.
  4. Tempelkan magnet dibagian belakang kereta sebelah dalam.
  5. Tempelkan magnet satunya di ujung stik es krim. Pastikan magnet ini tolak menolak dengan magnet yang ditempel di kereta.
  6. Dekatkan ujung stik es krim pada kereta yang masing-masing telah tertempel magnet.
  7. Kereta siap dijalankan.
Kereta Tenaga Magnet
Cara Kerja :

Kita tahu magnet dapat menarik benda-benda tertentu. Sedangkan jika 2 magnet didekatkan maka keduanya akan saling tolak menolak atau saling dorong mendorong. Mengapa bisa begitu? Pada magnet terdapat 2 kutub utara dan kutub selatan. Jika kutub utara dan kutub selatan magnet maka akan terjadi tarik menarik. Sedangkan jika kedua kutub sejenis saling bertemu satu sama lain maka akan  terjadi dorong-mendorong.


Oh iya, tempat yang dipilih untuk acara ini adalah tempat yang kids friendly dan tentunya bapak-mamaknya juga nyaman alias perutnya kenyang. 

Rumah Banjar Garden Resto, Rumah Makan Kids Friendly di Solo

Rumah Banjar Garden Resto, Rumah Makan Kids Friendly di Solo
Setelah melakukan diskusi singkat dengan beberapa member maka pilihan tempat itu jatuh pada Rumah Banjar Garden Resto yang beralamat di  Jl. Basuki Rahmat No.54, Jajar, Laweyan, Kota Surakarta. Restoran ini cukup unik karena menyediakan semua menu khas Banjar yang sangat jarang kita temui di Kota Solo. Suasana yang di konsep outdoor cukup membuat pengunjung betah berlama-lama disana. Bagi emak-emak rempong yang kemana-mana selalu dibuntuti anak macam kami ini, dengan adanya pojok bermain sungguh membantu kami. Anak-anak bisa terhindar dari yang namanya cranky karena mereka betah mengeksplor banyaknya mainan yang ada di pojok bermain resto ini. 

Rumah Banjar Garden Resto, Rumah Makan Kids Friendly di Solo

How? seru kan acara pertemuan emak-emak EPING Solo yang ke lima ini? 
Bagi mamah-mamah muda maupun mamah tak muda lagi yang kepengen dipanggil "emak" atau pengen nambah ilmu per-emakan dan nambah saudara boleh banget loh gabung sama kami dengan kontak langsung ke aku biar nanti aku invite ke grup Whatsapp.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


No comments:

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.