Indahnya Bukber Sambil Reuni Teman Kuliah

By yeni susanti - 09:30:00

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Acara yang selalu dilakukan pada bulan Ramadhan salah satunya adalah buka puasa bersama. Momen ini ternyata telah menjadi tradisi yang sejak dulu selalu ada. Acara buka puasa bersama atau yang sering dikenal dengan istilah 'bukber' tidak harus dilakukan di restauran mewah, justru akan lebih khidmat dan nyaman jika dilakukan di rumah atau di tempat yang tidak terlalu ramai. Selain itu tentunya juga lebih hemat. Kita tentunya akan memikirkan banyak hal sebagai pertimbangan dimana acara bukber akan dilakukan. Pertimbangan biaya, lokasi dan selera menu yang dihidangkan. 


Selain sebagai ajang temu kangen, bukber juga bertujuan untuk menyambung silaturahmi atau bahkan reuni oleh sebagian keluarga, komunitas, perkumpulan atau pertemanan. Dimana perkara silaturahmi ini sangatlah penting dalam ajaran Islam. 

تَعْبُدُ اللَّهَ لاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا ، وَتُقِيمُ الصَّلاَةَ ، وَتُؤْتِى الزَّكَاةَ ، وَتَصِلُ الرَّحِمَ

Sembahlah Allah, janganlah berbuat syirik pada-Nya, dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan jalinlah tali silaturahmi (dengan orang tua dan kerabat).” (HR. Bukhari no. 5983)

Bukber adalah tradisi yang banyak manfaatnya selain dapat menjalin tali silaturahmi juga banyak memberikan manfaat lain baik bagi peserta ataupun orang lain yang terlibat dalam acara tersebut. Contoh kecil adalah melalui acara bukber maka dapat dilakukan penggalangan dana untuk donasi kepada anak-anak yatim piatu atau orang-orang tidak mampu. Hal itu tentu saja sangat bermanfaat bagi peserta karena mereka akan berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala di bulan suci Ramadhan. Dana yang terkumpul akan memberikan menjadi pertolongan bagi orang lain. 

Well, itulah mengapa aku benar-benar getol untuk membuat acara bukber bersama teman-teman kuliah. Aku lulus kuliah pada awal tahun 2012 dan artinya sudah 6 tahun aku telah dipisahkan oleh jarak dengan mereka. Teman yang selalu bersama-sama berjuang menggapai cita di bangku perkulihan. Setelah melalui diskusi panjang dan bahkan rayuan maut kepada teman-teman akhirnya acara tersebut dapat kami lakukan tepatnya di hari Sabtu tanggal 10 Juni 2017 lalu. Tempat bukber yang dipilih adalah di Pakubuwono Resto UNS Inn Jl. Ir. Sutami No. 36 A Kentingan.  

#1 Indahnya Bukber Bareng Sambil Reuni Teman Kuliah

#2 Indahnya Bukber Bareng Sambil Reuni Teman Kuliah

Kurang lebih 10 peserta dapat hadir bersama dengan keluarga masing-masing. Bukber ini juga menjadi ajang reuni bagi kami karena memang sejak lulus kuliah kami jarang sekali berkumpul. Meskipun tidak ada separoh dari jumlah teman sekelas tapi kali ini cukup berkesan. Waktu yang singkat ini benar-benar berkualitas dengan banyak cerita dan informasi yang kami sharing. 

#3 Indahnya Bukber Bareng Sambil Reuni Teman Kuliah

#4 Indahnya Bukber Bareng Sambil Reuni Teman Kuliah


Harapan kami kedepan adalah terus terjalin silaturahmi diantara kami dan dapat melakukan reuni untuk tahun-tahun kedepan. Tentunya dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi.

Salam kangen Bapak Ibu Guru/Pendidik
Sosiologi Antropologi.

Regards 
Yenny

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wahhhh udah punya anak semua yaa mba hhe :D

    ReplyDelete
  2. Aku belum buka puasa dan reuni barreng teman kuliah nih mba. InsyAllahs etelah lebaran :)

    ReplyDelete