Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

May 30, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb. 

Bulan puasa adalah momen terpenting bagi seluruh umat muslim, selain banyak yang mengharapkan lipatan pahala dengan memperbanyak ibadah juga banyak orang yang berharap bisa menurunkan berat badannya.  Menurunkan berat badan saat puasa menjadi tujuan lain bagi sebagian orang yang memiliki kelebihan berat badan. Pasalnya saat berpuasa kita harus menahan lapar selama sehari penuh.

Alih-alih ingin menurunkan berat badan tapi terkadang justru jarum timbangan bergeser ke kanan. Lalu apa yang salah? Kalau sudah begini alangkah baiknya kita evaluasi kembali pola makan kita saat menjalani puasa. 

# 1 Menurunkan Berat Badan Saat Puasa
Aku punya pengalaman menjalani diet tempe dengan didampingi oleh ahli teknologi pangan lulusan luar negeri Mbak Indy Bulakana.  Hasil program diet ini cukup memuaskan. Selain itu, diet ini aman dilakukan oleh ibu hamil maupun ibu menyusui karena kita tetap melengkapi kebutuhan tubuh kita dengan gizi lengkap baik karbohidrat, protein, lemak maupun serat tanpa harus mengilangkan salah satunya. 

Seperti apakah program diet tempe ini? Yuk kita kupas lebih dalam lagi.

Tempe Mentah

Tempe yang harus dikonsumsi dalam diet ini adalah tempe mentah atau fresh. Kenapa harus tempe mentah? Karena tempe mentah mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan. Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas. Probiotik dapat membantu tubuh  menyeimbangkan antara bakteri yang baik dan buruk dalam tubuh, sehingga tubuh dapat bekerja seperti sebagaimana mestinya. Probiotik biasanya aku mati disuhu tinggi jadi tempe tidak perlu dimasak.

Sumber probiotik dapat kita peroleh dari bahan lain tetapi pada program diet ini sengaja menggunakan tempe karena mudah didapat. Tempe adalah bahan makanan yang didapatkan dengan mudah di seluruh belahan dunia wilayah Indonesia. Tempe juga minim menimbulkan alergi. Ada sebagian orang yang alergi terhadap susu dan produk olahannya seperti yogurt padahal yogurt juga salah satu sumber probiotik yang enak. Alasana itulah yang kemudian menjadikan tempe sebagai menu utama dalam program diet untuk menurunkan berat badan saat puasa.

Kecukupan Air Putih

Salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan adalah dengan banyak minum air putih. Minum air putih tidak hanya bisa membuat tubuh tetap bugar dan fit, namun air putih juga banyak memberikan manfaat untuk tubuh. Lebih dari setengah tubuh manusia adalah cairan. Air akan membantu fungsi penting dalam menjaga suhu tubuh, melindungi organ-organ vital, dan membantu melancarkan pencernaan.

Air putih adalah salah satu cara menahan lapar saat ingin menurunkan berat badan. Biasanya, orang yang diet disarankan untuk minum air putih saat merasa lapar. Selain itu, meminum  2 gelas air (500 ml) terlebih dahulu di saat berbuka juga akan memproteksi diri kita dari konsumsi makanan secara berlebihan.

Bagaimana aturan minum air putih saat puasa?
  1. Saat bangun tidur menjelang sahur sebanyak 2 gelas atau 500 ml.
  2. Minum air putih sebanyak 2 gelas (500 ml) saat berbuka puasa dan dilanjutkan dengan 3 biji buah kurma.
  3. Minum air putih sebanyak 2 gelas (500 ml) sepulang dari sholat Tarawih.
  4. Minum air putih sebanyak 2 gelas (500 ml) dimalam hari.
  5. Hindari minuman berkarborasi atau mengandung gula tinggi.
  6. Usahan minum air putih minimal 1.5 liter perhari untuk menghindari gangguan sistem pencernaan yang nantinya berperan menjaga sistem imunitas tubuh. 
Menu Sahur

Tempe mentah dapat dikonsumsi saat waktu sahur. Jenis makanan yang dapat kita konsumsi diwaktu sahur bebas tetapi harus memperhitungan jeda waktu. Bahan makanan yang bisa disiapkan adalah 2 slice tempe mentah, buah serta bahan makanan karbohidrat komplek. Jika menjalani diet tempe ini maka kita harus bangun lebih awal saat sahur karena harus ada jeda waktu makan antara tempe mentah, buah dan  karbohidrat komplek. Karbohidrat komplek artinya kita bisa makan apa saja dengan batasan yang wajar.

Saat bangun tidur menjelang sahur dengan keadaan perut kosong minumlah air putih suhu ruang atau hangat  (hindari air putih dingin) sebanyak 2 gelas atau 500 ml kemudian dilanjutkan dengan makan 2 slice tempe mentah. Berikan jeda waktu satu jam sebelum makan buah. Waktu ini bisa kita pergunakan untuk sholat malam atau memperbanyak ibadah sunah lainnya. Setelah selang satu jam bisa dilanjutkan dengan makan buah-buah kesukaan tetapi utamakan pepaya, nanas dan pisang. Jika dirasa masih lapar maka bisa dilanjutkan makan karbohidrat komplek menjelang waktu imsak. 


Karbohidrat komplek yang dimaksud bisa apa saja yang tersedia di meja makan, misalnya kita bisa menyantap pecel atau tumis sayuran dengan kentang sebagai sumber karbohidrat.

Menu Berbuka

# 3 Menurunkan Berat Badan Saat Puasa
Waktu berbuka adalah waktu bahagia karena kita bisa makan apapun tanpa terkecuali. Menu makanan favorit apa saja dapat kita santap saat berbuka puasa. Meskipun demikian namun ada batasan waktu yang seharusnya kita perhatikan. Sejak waktu berbuka yang ditandai dengan adzan Maghrib sampai selambat-lambatnya pukul 19.00 WIB kita masih bisa menyantap jenis karbohidrat dan unsur gizi lainnya. Tidak perlu khawatir dan merasa dibatasi karena setelah lebih dari waktu itu kita tetap bisa ngemil dan menikmati buah-buahan segar.

Berkomitmen dan Minimalisir Cheathing

Kunci dari keberhasilan sebuah program diet adalah berkomitmen dan tidak mudah tergoda. Memupuk niat yang kuat otomatis juga akan menguatkan komitmen. Membuat komitmen pada diri sendiri mungkin menjadi hal yang paling berat, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Selalu mengingatkan diri sendiri bahwa perjuangan ini tidak akan sia-sia.

Cheathing boleh dilakukan sesekali tetapi tidak keterusan ya. Sulit juga kan jika kita mendapat undangan buka bersama dan ternyata kita harus menunggu keluarnya menu utama lebih dari jam tujuh. Program diet untuk menurunkan berat badan saat puasa ini tidak menyiksa kok kita hanya butuh konsistensi.

Happy fasting and keep healthy !!!

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

3 comments:

  1. Wah bagian tips minumnya bakalan tak coba nih. Makasih tipsnya ya kak

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  2. Alasupan air putih ya yang sering bikin kita lupa.kulit jadi kering deh

    ReplyDelete
  3. Tips menaikkan berat badan ada gak mbak? PR banget saya ini. Lagi hamil dan sama dokter disuruh naikin berat badan. Tapi sama ibu di rumah tetap disuruh puasa. Heuheuheu~

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.