Wednesday 24 May 2017

Cara Menggendong Aman dengan Aturan BERAT (Triple T)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bukankah sangat menyenangkan jika bisa selalu bercengkarama dengan bayi sementara masih tetap bisa menyelesaikan pekerjaan mommies? Kalau aku rasanya ada kepuasan sendiri jika bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa menelantarkan bayi. It's true moms?

Cara Menggendong Aman dengan Aturan BERAT (Triple T)
Jaman sekarang sudah banyak orang tua yang mulai mengakui bahwa menggendong bayi dengan teknik hand free membantu mereka melakukan banyak hal. Dengan meningkatnya popularitas babywearing, penting untuk memastikan bahwa mommies telah mengendong bayi dengan benar. Praktek babywearing yang sehat membuat bayi tetap aman dan orang tua merasa nyaman dan bahagia. 

Mengenai praktik babywearing yang aman, The Consortium of UK Sling Manufacturers and Retailers telah membentuk sebuah aturan yang  meliputi 5 hal yaitu Tight, In view at all times, Close enough to kiss, Keep chin of the chest, dan Supported back. Aturan ini mulai dibentuk karena adanya kekuatiran terhadap keamanan dan kesehatan bayi saat digendong terutama dalam penggunaan sling. Kekuatiran itu tertuju pada posisi dudukan bayi yang bisa dengan mudah merosot, dagu mereka bisa turun ke dada dan jalan napas mereka bisa menjadi terganggu. 

Aku akan mengadopsi dan menyebut rule ini sebagai aturan BERAT (Triple T). Sengaja membuat singkatan itu untuk mempermudah mommies dalam mengingat hal-hal penting dalam praktik mengendong atau babywearing yang sekarang mulai booming di masyarakat Indonesia. Yah, menurutku kata BERAT (Triple T) dapat menggambarkan aktivitas menggendong yang pada kenyataannya memang berat sehingga cocok dijadikan kata kunci dalam mengingat rule for safe babywearing di masyarakat kita. Ini semacam dipas-pasin aja ya pemilihan katanya hehehehe...... But it's oke, tidak perlu mempermasalahkan kata singkatan, yang terpenting kita sama-sama paham. 

Perlu untuk mommies catat bahwa aturan BERAT (Triple T) ini penting bagi bayi yang baru lahir, karena mereka memiliki sedikit kemampuan untuk mengendalikan kepala dan leher mereka, jadi risiko tergangunya jalan nafas lebih tinggi. Aturan tentang usia anak juga penting untuk diketahui. Perlu mommies sadari bahwa risiko tergangunya jalan napas tidak hanya untuk penggunaan sling atau carrier. Car seat,  baby chair dan bahkan menggendong dengan tangan kosongpun bisa berbahaya jika bayi tidak diposisikan secara benar atau dipantau dengan hati-hati.

Well, sebenarnya seperti apakah aturan BERAT (Triple T) yang harus mommies ketahui itu? BERAT (Triple T) meliputi 5 poin penting yaitu bernafas, rapat, terlihat, tersangga dan tercium. Yuks kita bahas satu persatu.

BERNAFAS

Dalam menggendong pastikan selalu ada spasi minimal 2 jari di bawah dagu bayi dan jangan biarkan muka bayi terperosok ke dalam dada mommies. Biarkan kepala bayi dalam posisi yang leluasa untuk bernafas. Memposisikan bayi vertikal/tegak juga memungkinkan jalan napas bayi tetap lurus sehingga bayi bisa bernafas lega. Aturan ini juga memberi manfaat agar bayi dapat menikmati pemandangan dunia di sekitar mereka.

Prinsipnya adalah jauhkan dagu bayi dari dada. Jika bayi telah digendong rapat dalam posisi tegak lurus dan tulang belakang melengkung dengan kaki di posisi jongkok, kemungkinan penurunan dagu tidak mungkin terjadi. Ini adalah posisi paling optimal untuk keselamatan, perkembangan dan kenyamanan. Aturan praktisnya adalah bayi harus memiliki celah kira-kira 2 jari di bawah dagu mereka.

RAPAT

Sling dan gendongan model apapun harus diposisikan secara baik sesuai dengan ukuran tubuh bayi dan ibu. Sling harus cukup kuat dan rapat (dalam artian tidak menghambat nafas dan gerak bayi) untuk menopang serta memeluk bayi. Posisi yang tepat seperti ini akan membuat keduanya nyaman. 

Gendongan yang kendur dan terlalu longgar sangat tidak direkomendasikan karena akan membuat bayi melorot dan nyungsep kedalam carrier. Kondisi seperti inilah yang dikuwatirkan akan membahayakan. Bayi akan terhambat pernafasannya dan mommies akan beresiko tertarik tulang punggungnya yang mengakibatkan kelainan tulang belakang menjadi bengkok kedepan/bungkuk (Thorocic kyphosis).

TERLIHAT

Ini adalah aturan babywearing yang paling penting. Memastikan bahwa mommies dapat melihat bayi dan selalu menjaganya tetap aman. Mommies akan tahu apakah bayi memiliki kebutuhan dan dapat merespons kebutuhannya dengan tepat.  Mommies harus bisa melihat si bayi dan sering memeriksanya.  

Lagi pula siapa yang tidak ingin  melihat wajah bayi yang manis tersenyum kembali padamu moms?
 
TERSANGGA

Rapatnya sling apapun akan sangat penting dalam mendukung tulang belakang bayi, penting juga untuk tidak menyimpulkannya terlalu kencang. 

Hindari menahan kaki bayi lurus-lurus atau membiarkan kakinya menjuntai dengan bertopang pada selangkangan. Mommies harus membiarkan bayi duduk di carrier dan mendukung bagian belakang paha bayi.. Saat diposisikan dengan benar, lutut bayi akan sesuai dengan atau lebih tinggi dari sendi pinggulnya. Beberapa sling atau carrier terbaru bahkan menawarkan tali pengikat kaki untuk mengurangi tekanan pada panggul bayi.

TERCIUM

"Your baby’s head should be as close to your chin as is comfortable. By tipping your head forward you should be able to kiss your baby on the head or   forehead".

Posisi paling aman adalah memposisikan kepala bayi dekat dengan dagu mommies. Dengan memiringkan kepala ke depan, mommies seharusnya bisa mencium sang bayi di kepala atau dahi.


Babywearing adalah cara yang bagus untuk menjaga orang tua waras dan membantu mengurangi jumlah waktu bayi menangis. Let's being smart mom !

Waalaikumsalam Wr. Wb.

3 comments:

  1. thanks for sharing this! aku selama ini takut banget gendong, takut salah gendong >_<

    ReplyDelete
  2. Wajar mbak takut gendong buat new mom, tapi dengan banyak membaca dan belajar ketakutan itu akan hilang dengan sendirinya

    ReplyDelete
  3. kalo pakai carrier yang cuma menopang bokong tapi nggak menopang paha hingga lutut si kecil bisa membuat hipdisplasia nggak mbak? soalnya saya punya baby carrier merk lokal dan menahannya cuma sampai bokong aja jadi kaki anaknya menjuntai bebas

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)