Februari : Bulan Pemberian Vitamin A

February 09, 2017
Assalamualaikum Wr. Wb. 

Hayo bulan ini siapa yang belum mengantarkan anaknya ke Posyandu? Jangan melawatkan pemberian vitamin A buat si kecil ya mom.

Sumber Gambar : http://www.micronutrient.org
Ya, bulan Februari dan Agustus sering dikenal dengan 'Bulan Vitamin A' dimana seluruh balita dan anak-anak usia 6 sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A secara gratis di Posyandu atau Puskesmas. Pemberian vitamin A adalah salah satu program dari pemerintah yang sudah aktif dikampanyekan sejak tahun 1970an dan masih terus dilaksanakan sampai sekarang. Hal tersebut harus terus dilaksanakan setiap tahunnya karena menurut data dari WHO, diperkirakan terdapat 250 juta anak pra-sekolah diseluruh dunia yang mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun terdapat sekitar 250 ribu sampai 500 ribu anak mengalami kebutaan dan separuhnya meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A.

Vitamin A merupakan zat gizi yang penting (essensial) bagi manusia. Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber vitamin A sebagian besar berasal dari produk hewani seperti daging, telur, susu dan hati. Namun beberapa produk nabati juga mengandung vitamin A terutama sayur-sayuran berwarna seperti wortel, bayam, kol, brokoli, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong. Disamping dari produk alami, vitamin A juga dapat berasal dari hasil rekayasa yang diperkaya (fortifikasi) pada beberapa bahan pangan seperti dalam minyak goreng, margarin dan susu. Selain itu ada satu sumber vitamin A yang sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh khususnya pada bayi dan balita yaitu suplementasi vitamin A melalui pemberian kapsul Vitamin A.

Mengapa balita dan anak-anak usia 6 sampai 59 bulan membutuhkan suplementasi vitamin A? 

Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan. Terpenting lagi bahwa vitamin A dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang cukup mendapat vitamin A akan menjadi lebih kebal dan apabila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwa anak.

Suatu penelitian yang dilakukan di Pakistan pada tahun 2011 membuktikan bahwa pemberian suplemen Vitamin A pada anak usia 5-59 bulan di negara tersebut mampu menekan angka kematian sampai 20% dan menunjukkan adanya pengurangan Balita yang menderita penyakit akibat infeksi, diare, campak maupun kebutaan. Dari penelitian tersebut terlihat bahwa pentingnya vitamin A tidak hanya sebatas pada pencegahan kebutaan, namun yang lebih penting lagi adalah kaitannya dengan kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangan serta kesehatan anak.

Bagaimana cara memberikannya?

Ada 2 jenis kapsul Vitamin A dosis tinggi yang diberikan dalam kegiatan suplementasi Vitamin A yaitu kapsul biru (mengandung Vitamin A 100.000 IU) yang diperuntukkan bagi bayi usia 6-11 bulan dan kapsul merah (mengandung Vitamin A 200.000 IU) yang diperuntukkan bagi Balita usia 12-59 bulan. Jadwal pemberian Vitamin A pada bayi dan Balita adalah 2 kali setahun setiap Bulan Februari dan Agustus.
Cara pemberian kapsul pada bayi dan anak balita :
  • Berikan kapsul biru (100.000 SI) untuk bayi dan kapsul merah (200.000 SI) untuk balita
  • Potong ujung kapsul dengan menggunakan gunting yang bersih
  • Pencet kapsul dan pastikan anak menelan semua isi kapsul (dan tidak membuang sedikitpun isi kapsul)
  • Untuk anak yang sudah bisa menelan dapat diberikan langsung satu kapsul untuk diminum. (Bungkus kapsul lunak insya Allah aman untuk ditelan, namun pastikan anak sudah bisa menelan kapsul. Jika takut tersedak sebaiknya kapsul digunting dan diberikan isinya saja.)
  • Pastikan anak belum menerima pemberian kapsul vitamin A dalam 1 bulan terakhir.

Berapa biaya yang harus disiapkan untuk mendapatkan vitamin A?

Suplementasi Vitamin A dapat diperoleh secara gratis di sarana pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, Puskesmas, Pustu, Poskesdes dan Posyandu.


Nah loh banyak banget kan manfaat dari pemberian suplementasi vitamin A buat si kecil. Buruan deh yang belum mendapatnya segera datang ke Posyandu atau sarana kesehatan terdekat ya mom.

Sumber : 
http://dinkes.inhukab.go.id
https://duniasehat.net

Wassalamualaikum Wr. Wb.


1 comment:

  1. Wah brati bulan ini ya. Makasih ya mom udh diingetin

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.