6 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Pernikahan

December 29, 2016
Assalamualaikum Wr. Wb.



Membangun rumah tangga adalah sebuah proses yang tak akan pernah ada ujungnya. Semua pasti membutuhkan tanggungjawab dan komitmen yang sehat antara suami dan istri. Anyway, banyak sekali loh pasangan yang berhasil menciptakan relasi yang harmonis dalam pernikahan. Bahagia bukan? melihat pasangan yang selalu mesra dan bersama-sama berjalan meniti kehidupan diusia tua mereka. Pasti kita akan terus berdoa agar Tuhan mengamini doa-doa kita tentang gambaran rumah tangga yang seharmonis mereka. But, dizaman sekarang ini tidak jarang pula pasangan yang masih gagal membangun rumah tangga. Rata-rata mereka justu berasal dari pasangan muda sekaligus public figure. Amit-amit yah jangan sampai deh kita ikut-ikutan memenuhi deretan dari pasangan yang gagal itu.

So, kita musti banyak belajar dari pasangan-pasangan yang telah berhasil melewati masa kritis dalam sebuah pernikahan. Gak ada salahnya juga loh kita belajar dari pengalaman kakek-nenek kita. Mereka hebat bukan? Buktinya mereka tetap bergandengan bersama dalam melewati usia senja bahkan sampai maut memisahkan. 

Salut kan sama mereka? Well, untuk mengikuti jejak mereka yang langgeng dalam pernikahan ternyata kita harus merubah kebiasaan kita dengan kebiasaan baru yang tentunya dapat menjadi pondasi keberlangsungan pernikahan. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang terkadang kita sepelekan sering loh jadi pemicu keretakan rumah tangga. Lalu, kebiasaan macam apa sih yang akhirnya bisa membuat fatal hubungan pernikahan kita?

Yuks, kita mulai dari diri sendiri dan mengajak pasangan untuk menghindari 6 kebiasaan berikut ini :

1. Terlalu Memusingkan Hal-hal Kecil

Tidak dipungkiri kita sering sekali merisaukan hal-hal kecil yang setelah diamati lagi ternyata sepele banget. Kita menjadi terfokus pada masalah-masalah kecil yang kemudian dibesar-besarkan. Akibatnya uring-uriangan dan pertengkaran mulut tidak lagi bisa kita hindari. Hal-hal kecil seperti  saat salah satu dari moomie atau daddy lupa masih meninggalkan handuk di kamar mandi usai dipakai. Hal itu memang sering membuat kita marah tapi cobalah untuk meredam emosi dan mencoba berbicara dengan pasangan untuk membiasakan diri dengan aturan-aturan yang dibuat bersama. 

2. Terus Menerus Mengulangi Kesalahan Yang Sama

Ini nih yang bikin geram. Siapapun pasti bete jika pasangan selalu melakukan kesalahan-kesalahan yang sama. Terkadang kita akan menganggap diri kita atau pasangan kita bodoh karena terlalu sering dihadapkan pada masalah yang sama karena memang kita melakukan kesalahan yang sama pula. Ada loh peribahasa bahwa "Seekor keledai tidak akan pernah tersandng dengan batu yang sama". Terus apakah kita akan menjadi lebih buruk dari seekor keledai?

Please, belajarlah dari pengalaman !

3. Menolak Bersilaturahmi dengan Keluarga atau Teman Pasangan

Pasangan kita juga punya kehidupan lain selain sebagai seorang suami atau istri loh. Mereka juga mempunyai keluarga dan teman yang mulai sekarang juga menjadi bagian dari kita. Bagaimapun pasangan kita juga mempunyai orang tua dan keluarga yang telah membesarkannya. Meskipun sekarang telah menjadi milik kita tapi bukan berarti kita harus membatasai pergaulan pasangan kita. Apalagi melarangnya bersilaturahim dengan keluarga.

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi]. 

4. Main Gadget Berlebihan Saat Dirumah 

Ini bisa jadi self reminder buat aku sendiri sih sebenarnya. Terkadang aku merasa kehidupan didalam gedget begitu menarik dan membuatku terlena. Tapi tahukah ternnyata inilah kebiasaan berbahaya untuk pernikahan kita. Sering kan, merasa tidak diperhatikan dan merasa tidak disayangi lagi oleh  pasangan gara-gara gedget? Kita jadi baper bukan main  menghadapai pasangan yang terlalu sibuk dengan gedgetnya. Hal itulah yang akhirnya juga memancing ketidakpercayaan terhadap pasangan. Kita akan berpikir macam-macam sampai berpikir ke arah perselingkuhan. 

Selain itu main gedget dirumah juga tidak baik untuk perkembangan anak-anak kita. Jika anak-anak terlalu dini diperkenalkan dengan gedget bisa jadi mereka akan kecanduhan dan akan sulit disembuhkan.


5. Tidak Memiliki Managemen Waktu

Hal ini sering dialami oleh seorang workaholic yang terlalu menikmati dunia kerjanya. Mereka sering lupa jika dirumah ada keluarga yang menunggu  kita untuk bersamanya. Pekerjaan memang prioritas tapi keluarga adalah prioritas utama loh mom, dad. Managemen waktu yang baik juga akan menjadi penyelemat keberlangsungan pernikahan dan rumah tangga kita. Kita sudah terlalu banyak menghabiskan waktu demi pekerjaan jadi cobalah untuk mengatur waktu buat familytime. Bisa dengan mengajak keluarga liburan didekat-dekat rumah di akhir pekan atau sekedar makan malam bersama diluar.

Baca : Semua Working Mother Punya Alasan

6. Tidak Menjadi Pendengar yang Baik

Please hindari bersifat egois yang maunya hanya didengar saja. Pasangan kita juga butuh seseorang yang bisa mendengarkan keluh kesah dan cerita-ceritanya. Salah satu cara untuk menjadi pasangan idaman adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Bayangkan jika  memiliki pasangan yang memperhatikan, mendengarkan, dan berusaha mengerti  saat kita sedang bercerita tentang hari-hari kita dengan berbagai masalah dan lika-likunya, menyenangkan sekali bukan? Nah, kita juga harus menjadi seperti itu !

Finally, yuks mom and dad kita saling memahami pasangan  masing-masing, salah satunya dengan menghindari 6 kebiasaaan-kebiasaan berbahaya diatas. Semoga kita menjadi keluarga yang langgeng dan harmonis sepanjang masa.
Sumber : https://www.instagram.com/mommiesdailydotcom/
Wassalamualaikum Wr. Wb.


10 comments:

  1. Kebanyakan gadget di rumah. Aku banget :( Makasih pengingatnya mak Yen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang gak bisa lepas dari gadget mbak. Harus mulai merubah nih

      Delete
  2. Bisa buat persiapan kalo berumah tangga besok nih mba. Tapi yg paling ku takutin kalo pasangan workaholic banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip2 mbak semoga segera dipertemukan dengan jodoh dunia akhirat aminnn

      Delete
  3. Tak ctet beneran ini, penting ^-^

    ReplyDelete
  4. aku juga nih kebanyakan gadget di rumah.. thanks for reminding me ya mak :)

    ReplyDelete
  5. waaaa, makasi banyak mba sharingnya, jadi paham bagaimana cara membangun keluarga sakinah mawadah warahmah. hehe

    ReplyDelete
  6. Hahahh diyet gejet ya mbaaa, tfs bgt loh semoga pernikahan kita selalu bahagia dan sepanjang masa aamiin

    ReplyDelete
  7. Terima kasih nasihatnya. Hal-hal kecil ini yang terkadang dilupakan namun pada akhirnya dapat menjadi boom waktu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.