3 Langkah untuk Kembali Muda Ala Emak-emak Blogger Solo

October 10, 2016
Assalamualaikum Wr. Wb.

Happy monday dan selamat kembali beraktivitas teman-teman semua. Bagaimana dengan weekend kalian ?

Sebelumnya aku sangat berterimakasih buat emak-emak blogger Solo karena telah ngadain acara metime yang super kece dan banyak ilmu pada hari Minggu 2 Oktober kemaren. Acara rutin yang diadakan KEB Solo tiap 2 bulan ini selalu disebut dengan Arisan Ilmu karena emak-emak kan emang doyan banget kan sama yang namanya arisan. Yang penting bukan arisan brondong loh ya (puk puk pak suami wkwkwkwk). Pada Arisan Ilmu yang ke 3 ini temanya adalah tentang kecantikan dengan mendatangkan narasumber dari dokter ahli kulit dan dilanjutkan dengan beauty class dari wardah kosmetik. Tempat yang dipilih untuk acara arisan itu adalah Morocco Lounge di Jalan Serayu 7 Semanggi Surakarta.


Dapet apa dari arisan itu?

Ilmu yang didapat tentunya sangat banyak dan tidak jauh-jauh dari kebutuhan diri kita masing-masing yaitu tentang kesehatan kulit dan menjaga penampilan tetap muda juga lookable.  Ada 3 point penting yang aku dapatkan dan insyallah dapat diterapkan dengan mudah yaitu:



1. Merawat Kulit Ala Alia Skin Care

Sesi pertama acara arisan ilmu kita adalah diisi dengan materi tentang kesehatan kulit dan bagaimana cara untuk merawat kulit agar selalu tampak muda. Dalam sesi ini diisi oleh dokter kulit dr. Zakiyah dari Alia Skin Care. Baliau memberikan gambaran singkat kepada kami tentang bagian-bagian kulit mulai dari kulit epidermis sampai dengan kulit terdalam yaitu Hipodermis. dr. Zakiyah juga menjelaskan jenis-jenis kulit yang terdiri dari kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi dan kulit berjerawat.

dr. Zakiyah dari Alia Skin Care Solo

dr. Zakiyah menjelaskan tentang bagian kulit
Sementara untuk perawatan kulit ada dua proses yaitu perawatan untuk menyembuhkan dan mempertahankan. Menyembuhkan disini maksudnya adalah mengobati kulit yang telah mengalami masalah dengan beberapa treatment yang sebelumnya telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit. Penyembuhan ini bisa dilakukan dengan pemberian serum dan vitamin serta facial sesuai kondisi kulit. Sedangkan untuk mempertahankan keindahan kulit kita bisa dengan home care treatment yaitu merawatnya sendiri dirumah bisa memakai produk dari Alia Skin Care atau produk lain yang cocok dengan kulit kita dengan catatan untuk tidak mencoba berganti-ganti atau mix merk produk perawatan. Treatment lain antara lain dengan menggunakan cairan mentimun untuk mengurangi munculnya kantong mata yang menghitam.

2. Menggunakan Makeup Natural

Inilah sesi yang ditunggu-tunggu dalam arisan ilmu minggu lalu yaitu beauty class bersama Wardah Kosmetik. Sebelum sesi ini dimulai, trainer dari wardah menawarkan kepada kami untuk latihan natural makeup atau makeup ala kondangan. Pilihannya adalah beauty class natural makeup karena memang kita adalah emak-emak yang lebih suka yang praktis, simpel dan cepat. Berikut before afterku yang tak disangka ternyata dipilih sebagai makeup terbaik dari emek-emak yang lain :

Sumber gambar : Selfie pribadi :D
Menerima bingkisan sebagai makeup terbaik
Arisan ilmu minggu lalu itu ternyata sangat berkesan buatku, aku jadi semakin mengenal apa itu makeup dan pentingnya bagi kehidupan sehari-hari khususnya bagi ibu bekerja yang mesti tampil lebih segar dan enak dipandang. Sepulang dari arisan itu aku mencoba mengikuti tutorial makeup natural dari wardah di rumah dengan menggunakan beberapa produk wardah dan produk lainnya yang aku punya dirumah.

Seperti apa? Like this !




Langkah-langkah :
  1. Membersihkan muka dengan cleanser dari Wardah yaitu Hydrating Cleanser. Cara penggunaannya adalah tuang produk seukuran telapak tangan dan usapkan dengan gerakan melingkar pada wajah dan leher yang kotor. Bersihkan dengan gerakan memutar hingga kotoran terangkat sepenuhnya dari pori-pori. Bersihkan sisa-sisa produk dan kotoran dengan menggunakan tisue wajah. Bersihkan wajah dengan menggunakan Essential Facial Wash lalu tepuk bersih muka dengan menggunakan Hydrating Toner.
  2. Gunakan produk perawatan Skin Care bisa dari Alia Skin Care atau yang lainnya berupa cream pagi sebelum memoleskan Exclusive Liquid Foundation. Alas bedak cair dengan kandungan UV Protection dan teknologi soft focus agent membantu menutupi garis halus kulit. Teksturnya lembut, ringan, dan mudah meresap serta mudah diratakan. Tersedia dalam 5 pilihan warna: Light Beige, Sheer Pink, Sandy Beige, Natural, dan Coffee Beige. Pilihlah warna yang natural agar bisa dipadukan dengan warna makeup lainnya. Penggunaanya adalah dengan meratakan satu sisi wajah terlebih dahulu baru kemudian diikuti pada sisi lainnya.
  3. Setelah Fundation rata, dilanjutkan dengan memoleskan Wardah Two Way Cake dengan menggunakan brush yang besar, bisa dimix warna terang dan gelap. Berhubung dirumah aku pakainya bedak tabur/cushions maka aku cukup memakai yang ada saja.
  4. Selanjutnya adalah pada bagian mata, keluarkan brush yang ujungnya lancip dan tipis kemudian pilihlah eyeshadow warna hitam/coklat tua untuk membuat alis mata semakin tebal.
  5. Lukis alis dari tengah ke ujung luar dan dilanjutkan dari arah tengah ke ujung dalam. Hindari membuat alis rata kotak atau bulat, sebisa mungkin buatlah arsiran alis senatural mungkin. 
  6. Selanjutnya adalah memberikan eyeshadow warna coklat pada kelopak mata dengan menggunakan brush yang berbentuk bantal kecil, cukup ditepuk-tepuk dan hindari menyeret brush agar eyeshadow bisa masuk kepori-pori kulit mata.
  7. Selanjutnya adalah membuat eyeliner. Bisa menggunakan eyeshadow warna hitam atau memakai produk Wardah EyeXpert Staylast Gel Eyeliner dan Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black Liner.
  8. Buatlah garis eyeliner atas dari bagian dalam ke luar. Eyeliner bawah dengan membuat garis tipis dari bagian tengah ke luar dan bisa menutup bagian tengah ke arah dalam menggunakan eyeshadow warna putih. Selanjutnya adalah membuat shading di bagian hidung menggunakan eyeshadow warna coklat pada bagian pinggir hidung dengan menarik garis lurus seperti angka sebelas, dan menambahkan eyeshadow putih terang pada  tengah dahi antar mata lurus kepuncak hidung.
  9. Ambil wardah blush on dan poleskan pada dua sisi pipi diatas rahang dengan posisi bibir tersenyum.
  10. Jika Anda berani dengan warna merah klasik a la Taylor Swift silahkan ambil lipstik wardah  Exclusive Mette Lip Cream warna Red-dicted. Pilihan lain adalah warna Pink Me yang menampilkan warna pink terang yang girly, See You Latte yang menampilkan warna cokelat natural, Fuschionately for your night out, dan Speachless yang akan membuatmu tampil segar.
  11. Untuk menyempurnakan penampilan tambahkan mascara untuk menebalkan bulu mata.
  12. Finish !

Sumber gambar : Dokumen Mak Witri

3. Hijab Ala Wardah

Selanjutnya, bagi yang berhijab kita bisa mempraktekkan cara berhijab yang lebih menarik dari trainer Wardah. Mereka memberikan tutorial hijab sebanyak 4 model yaitu 2 model dengan hijab square, 1 model dengan pasmina dan 1 model turban dengan ninja.

Berikut salah satu model dengan menggunakan pasmina yang bisa aku adopsi dan praktekkan dirumah :



 Langkah-langkah :
  1. Ambil pasmina dengan posisi sama panjang,
  2. Ambil bagian pasmina sebelah kanan dan kaitkan pada ninja dibagian atas telinga kiri. Kaitkan menggunakan peniti atau jarum pentul,
  3. Ambil pasmina bagian kanan buat lipatan dan tarik kedagu agar lebih rapi,
  4. Ambil pasmina bagian kiri, 
  5. Tarik kearah kanan melingkari leher, dan 
  6. Bawa ke atas kepala,
  7. Kaitkan ujung pasmina diatas kepala menggunakan peniti/jarum pentul,
  8. Rapikan dan finish !
 * * *

Selain banyak ilmu yang didapatkan dalam arisan emak-emak blogger minggu lalu kita juga mendapatkan banyak saudara dan teman yang memiliki passion yang sama yaitu sama-sama suka menulis. Semoga acara arisan ilmu ini bisa terus berlanjut untuk saling berbagi. Terimakasih kepada mak ety abdoel yang telah menjadi host acara seru ini.


"Salah satu golongan orang yang tidak akan mencium bau surga ialah golongan orang suka memutuskan tali persaudaraan atau tali silaturahmi"

Semoga kita adalah termasuk orang-orang yang selalu menjaga tali persaudaraan :) Peluk cium emak-emak blogger Solo satu-satu.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


17 comments:

  1. Wuhuuui, komplit nih tutorialnya.
    Terampil beneerr bikin alisnya.
    Nanti kalau butuh Alia aku lari ke kentingan dulu lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha Alia ala-ala yeni ya mak wkwkwkwk

      Delete
  2. Aq suka bgt tulisannya mbak yeni..keren, komplit

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba menuliskan apa yang bisa ditangkep dan diingat pas arisan kemaren mbak hehe

      Delete
  3. Komplittttt,,,, ada aku jugaaa. Heheh
    Seneng bisa ketemu dan deket sama mak yeniii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii mak witri biar ikut mejeng di blogku

      Delete
  4. Ini dia yg komplt..dan Uti suka.g rugi jd bagian emak blogger y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar ti kita termasuk yang beruntung bisa gabung di KEB Solo banyak ilmu yang bermanfaat dan tentunya nambah teman

      Delete
  5. Cantik bgt lah itu hasil olesan mbak Yeni, pantes lah jadi pemenangnya..;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya masih belum sehalus emak-emak yang biasa nulis di label beauty blogger itu mbak. Masih harus terus trial nih

      Delete
  6. Cakeeep Maaakk..pantes deh jadi pemenang.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak nyangka mbak dipilih jadi yg terbaik perasaan makeup emak2 yang lain gak kalah kece deh

      Delete
  7. Mbak Yeni jadi cantik banget hehehe
    Hasilnya juga bagus, eh btw tampilan blognya sekarang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak mei ini hasil dari arisan ya begini wkwkwkwk
      iya kamren sempet diubeg-ubeg biar agak informatif

      Delete
  8. Mba Yeni, komplit sama keren banget tulisan nya. Pas baca yang langkah2 diatas aku sambil kebayang waktu praktek disana nya waktu itu. Hahaha. Seruuuu. Ga sabar nunggu arisan ilmu berikut nya lagi

    ReplyDelete
  9. Wah keren nih tipsnya bisa dicoba. Memang kalau ngga make-up sama sekali itu terlihat kurang seger (pengalaman pribadi)


    anggiputri.com

    ReplyDelete
  10. Wah mb yeni. Pas banget lah kalo kemarin menang. Dandannya emang paling keliatan bagus sih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.