Chest Therapy membantu menyembuhkan Batuk Pilek pada anak

By yeni susanti - 12:43:00

Assalamualakum Wr. Wb.


Seperti yang telah aku tulis dibeberapa postinganku sebelumnya tentang Rafa yang lagi sakit batuk pilek.  Pada postingan kali ini aku akan sedikit bercerita bagaimana ikhtiarku bersama suami untuk mempercepat kesembuhannya, kasihan kan anak kecil harus sakit batuk pilek berkepanjangan begitu. Pergi ke Dokter Spesialis Anak itu sudah pasti karena dengan obat yang diresepin DSA harapannya bisa meredakan sakitnya tetapi batuk pilek kali ini awet juga bahkan sampai sekarang aja Rafa masih sering terbatuk-batuk waktu malam menjelang pagi hari. 

Flash back sedikit ya, Rafa sejak masih bayi sudah rutin aku ajak pijat bayi ke terapis yang ada di klinik atau di RS seringnya di RS Triharsi Solo, nah di ruang pijatnya ternyata juga dipakai untuk  chest therapy atau terapi dada bagi bayi atau anak-anak yang mempunyai masalah pada paru-paru seringnya juga karena batuk pilek. Dari situ akhirnya kita sedikit tahu tentang chest therapy, makanya saat Rafa batuk suami langsung saja usul agar Rafa diajak untuk chest therapy mengingat sudah 3x ke DSA belum juga sembuh-sembuh batuknya. 

Beberapa waktu yang lalu saat periksa ke DSA di RS Hermina, suami juga menanyakan langsung ke dokter tentang manfaat dari chest therapy, eh dokternya malah ngasih surat rujukan untuk terapi yang artinya chest therapy itu banyak manfaatnya. Di RS Hermina juga ada loh terpisnya (ya iyalah RS besar masa kalah sama RS swasta lainnya) tetapi aku dan suami memilih ke RS Triharsi karena sudah sering liat prosesnya, sudah kenal terapisnya dan yang penting biayanya lumayan murah cukup Rp 50.000,00 tanpa biaya pendaftaraan.


Chest teraphy bisa membantu menyembuhkan bayi dan anak yang menderita batuk pilek dengan lendir yang sangat kental. Batuk dan pilek pada anak seringkali menjadi berkepanjangan, khususnya pada kasus infeksi saluran pernapasan dan pada anak yang hipersensitif. Pada kondisi tersebut, lendir yang keluar biasanya lebih banyak dan lebih kental. Sayangnya, anak belum memiliki reflek yang kuat untuk mengeluarkan dahak itu. Lendir yang dihasilkan ketika anak mengalami batuk pilek, dapat menganggu proses oksigenisasi dan menjadi tempat berkembangbiaknya kuman sehingga masa infeksi pun akan menjadi lebih panjang. Oleh karena itu, chest therapy atau terapi dada dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu proses penyembuhannya.  




Tahapan chest therapy  :
Langkah pertama : Posisikan bayi sesuai letak secret , apabila bayi masih sangat kecil, posisi postural drainage dapat dilakukan dengan meletakkan bayi di pangkuan ibu yang merupakan tempat yang nyaman buat bayi. 
Langkah ketiga : Mengusahakan agar bayi batuk,  jika bayi sudah mampu meniru batuk, ajak dia untuk batuk setiap kali selesai menepuk satu area dan meludahkannya. Jika belum bisa dan dia menelan sekret, jangan khawatir, karena sekret tersebut akan terbuat lewat feses. 

Tips sebelum chest therapy :
  1. Hindari chest therapy jika kondisi batuk pilek yang dialami anak tergolong berat atau disertai demam.
  2. Hindari chest therapy jika anak mengalami sesak yang parah karena dengan fisioterapi malah bisa menambah sesaknya.
  3. Jangan memberikan makan pada anak sebelum chest therapy karena dapat mengakibatkan muntah.
  4. Sebelum  chest therapy berikan air minum yang banyak.
  5. Jika anak sedang minum obat usahakn dilakukan chest therapy minimal 2 jam setelah minum obat.
Semoga bermanfaat :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. ini bisa dipraktekan sendiri di rumah berarti ya

    ReplyDelete