Progress Rafa di Daycare

Assalamualaikum Wr. Wb.


Happy Friday Semuanyahhhh.... Gak terasa ya sudah hari Jumat, kalo udah Jumat gini rasanya semangat karena besuk bisa liburan dirumah bersama si kecil Rafa. Tak terasa juga Rafa sudah 2 minggu sekolah alias saya titipkan di daycare, sejauh ini Alhamdulillah tidak ada masalah apapun saat disana. Kata Bunda (pengasuh) Rafa sangat kooperatif dan tidak pernah cranky atau rewel yang berlebihan. Dari hari pertama di daycare dia sudah menunjukkan antusiasnya. Hari ke-2 di daycare Rafa justru sakit flu (pilek) jadi meler-meler hidungnya gegara ketularan ayahnya yang sebelumnya sudah lebih dahulu terserang virus itu, ditambah lagi di daycare teman-teman Rafa juga ada yang bapil (lagi musim batuk pilek katanya). Saat anak sakit dan harus meninggalkan di daycare pastinya saya sangat kuwatirlah tapi Alhamdulillah lagi dia tetap aktif dan sakitnya tidak menghalangi untuk terus belajar dan bermain. Selama di daycare memang beberapa kali masih nangis, misalnya saja saat saya pamiti mau ditinggal kerja, atau saat dinakali temannya (ada temennya yang sudah gede sekitar 2y agak nakal sih, suka ngeplaki atau mukuli temen). 

Seminggu pertama berjalan lancar walaupun dibarengi dengan sakit flu yang otomatis membuatnya tidak nyaman. Orang dewasa aja kalo lagi flu pengennya cuma tidur-tiduran aja apalagi anak kecil, tetapi tidak berlaku untuk Rafa dia masih sangat aktif lari kesana kemari, sampai-sampai Bundanya ngomong "Dek Rafa itu aktif sekali ya bu, ndak mau diem". 

Minggu kedua Rafa mulai hafal kalau diantar ke daycare berarti akan ditinggalkan Ibunya, jadi saat tiba di halaman sekolah dia sudah mulai mimbik-mimbik nangis. Rafa sangat dekat dengan saya meskipun saya tinggal kerja, kalau ada saya maunya gelendotan (ini dapat mematahkan pandangan orang yang sering mencibir ibu bekerja, jika ibu bekerja akan kehilangan kedekatan dengan buah hatinya). Sampai hari ini Rafa masih nangis saat saya tinggal, tetapi kata Bundanya nangis hanya sesaat dan sudah ceria lagi saat saya berlalu. 
Beberapa perubahan saat sebelum dan sesudah di daycare :
  1. Sebelum masuk daycare Rafa sama sekali gak mau minum susu pakai dot, ini baru 3 hari disana dia sudah lihai lagi minum susu pakai dot (jadi mikir wah bisa-bisa nanti lebih susah dong nyapih dotnya). Selama di daycare dia minum pakai dot bisa habis lebih 400 ml, dan anehnya kalau dirumah dan ada saya didekatnya dia ogah-ogahan ngedot dan lebih milih nenen kalau tidak benar-benar lagi haus banget.
  2. Tidurnya sudah tidak pagi dan sore lagi tetapi cukup sekali di siang hari, selebihnya adalah waktu bermain dan belajar, meskipun kadang-kadang setelah saya jemput sampai rumah tidur hingga menjelang maghrib (kata DSA justru seumuran Rafa sebaiknya tidur siangnya sekali saja dan lebih baik waktunya digunakan untuk beraktivitas).
  3. Sekarang Rafa sudah mulai banyak ngoceh-ngoceh (bangun tidur aja dia nyanyi-nyanyi hacacaca...cacaca.. nanana...nananana). Sayangnya sampai sekarang saya belum mendapati Rafa mengucapkan kata yang berarti selain "Ayah". Harus sabar untuk yang ini, katanya sih anak cowok memang perkembangan bicaranya lebih lambat dibandingkan dengan anak cewek (entah benar atau tidak).
  4. Nafsu makannya juga sedikit demi sedikit mengalami perubahan. Baru kemaren saya mendapatkan kabar dari Bunda kalau Rafa sudah mau makan siang bersama-sama yang lain dan seporsi bisa habis (Wahhhh... yang ini bikin aku jingkrak-jingkrak rasanya, karena Rafa memang kategori anak yang super susah makan kalaupun mau pasti diemut lama banget dan ini berlangsung sejak dia beranjak usia 1 tahunan). 
  5. Malam hari maksimal pukul 19:30 dia sudah terlelap, yang biasanya pukul 21:00 baru mau tidur. Mungkin karena capek seharian dia main-main terus. Kalau anaknya gak tidur malam-malam kan Ibunya bisa beberes pekerjaan rumah atau kalau capek bisa ikutan istirahat lebih awal hehehe...
Semoga kedepannya Rafa semakin nyaman didaycare dan selalu memberikan kejutan tambah pinter kepada Ayah Ibu ya nak....

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4 comments:

  1. meskipun posting mba sudah tahun lalu saya ingin menanyakan berapa lama rafa tidak lagi drama setiap pagi untuk pergi ke daycare? karena sekarang saya sedang mengalaminya sudah 2 minggu anak saya masih nangis2 dari rumah pun sudah nangis tidak mau berabngkat. thanks infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar sebulan udah enjoy mbak. Sambil di sounding aja katakan klo "adek akan baik2 saja main disekolah sama bunda dan temen2 nanti ibu jemput kalo udah pulang kerja, hati2 sayang" Memang awalnya gak ngerti tapi lama2 paham juga koq mbak

      Delete
  2. Selamat siang mb..
    Sy sering mampir ke blog mbk.kebetulan saya domisili solo mbk..dan berencana untuk men-day care kan baby yg usiany 6 bulan..mbk yeni, boleh minta alamat day care dek rafa yg permata hati? Terimakasih..

    Salam
    Nita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang mba, terimakasih sudah mengunjungi blog ini
      Alamatnya Jl. Ir. Kepuh Rt 02/09, Jl. Ir. Sutami, Jebres (Masuk gank depan BNI sekarpace mbak

      Delete

Powered by Blogger.