Mengatur Pola Tidur Bayi dan Balita

By yeni susanti - 14:58:00

Assalamualaikum Wr. Wb.

Haiii mom and dady yang lagi happy punya new born baby atau yang sudah punya balita aktif.....  Aku yakin semua orang tua disini pasti pernah mengalami masa dimana mesti BERGADANG setiap malam diawal-awal punya bayi, dan itu wajar dialamai oleh semua orang tua karena pada dasarnya bayi yang baru lahir belum memiliki pola tidur yang teratur. Dia baru saja beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga kebiasaan saat didalam rahim masih terbawa sampai lahir dimana alam rahim tidak mengenal siang dan malam yang mana siang adalah waktunya beraktivitas dan malam adalah saatnya beristirahat (tidur). Bayi yang baru lahir (usia 0-3 bulan) memiliki waktu tidur yang panjang yaitu 16-18 jam terbagi baik waktu pagi, siang, sore maupun malam. Dalam 24 jam bayi baru lahir memiliki 4-6 jam waktu terjaga dan sebagian besar bayi akan terjaga saat malam hari bahkan tengah malam. Jadi tidak jarang kita temui new be parent akan punya mata panda hehehe....

Sedikit share pengalaman saya dalam menyesuaikan dan mengatur pola tidur Rafa dari awal kelahirannya sampai saat ini. Diawal kelahirannya sama seperti bayi pada umumnya, dia lebih sering tidur disiang hari bahkan saya harus membangunkannya untuk menyusui setiap 2 jam sekali. Sementara dimalam hari dia justru terjaga dijam-jam orang dewasa tertidur lelap yaitu antara pukul 23:00 sampai menjelang subuh. Kondisi seperti itu terus berlangsung hingga kira-kira dia berusia 1.5 bulan. Dalam rentang waktu itu saya tetap berusaha mengatur pola tidurnya agar terbiasa lebih terlelap di malam hari dan terjaga diwaktu siang. Beranjak usia 2 bulan dia sudah mampu mengikuti pola tidur yang saya biasakan yaitu 3 kali tidur disiang hari dan tidur sepanjang malam (dimalam hari bangun hanya untuk ngASI). 

Siang hari dia akan tidur 3 kali yaitu berkisar pukul 08:00, 12:00, dan 15:00 dengan lama tidur kurang lebih 2-2.5 jam setiap sesi. Sementara di malam hari dia tidur mulai pukul 20:00 sampai pukul 05:00 dan terbangun sekitar 2 atau 3 kali untuk menyusu. Menjelang usia 6 bulan tidur siangnya sudah berubah menjadi 2 kali biasanya dipagi dan siang hari, untuk malamnya tetap sama. Kondisi ini berlangsung sampai sekarang hanya saja waktu sekali tidur disiang hari tidak lagi lebih dari 2 jam.

Menerapkan lampu tidur dimalam hari

Membiarkan cahaya terang masuk kekamar di waktu siang
Berikut beberapa tips yang mungkin bisa momi terapkan untuk mengatur pola tidur bayi :
  1. Lebih sering diajak beraktivitas dising hari dengan mengajaknya bermain.
  2. Memberikan ASI menjelang bayi tidur malam atau memberikan MPASI mendekati waktu tidur malam. Ini akan membantunya terlelap tidur dan akan terbiasa dengan polanya.
  3. Ajak bermain di ruangan yang terang diwaktu siang hari. Bahkan saat tidur siangpun tetap berada di kamar yang terang atau membuka tirai jendela agar cahaya masuk.
  4. Matikan lampu atau gunakan lampu tidur dimalam hari agar dia mengenal perbedaan siang dan malam. Bayi  akan menyesuaikan diri, kapan waktu tidur dan sebaliknya.
  5. Nyalakan lampu ketika pagi tiba, misalnya dia mulai terbangun pukul 05:00 pagi, Ibu bisa menyalakan lampu dan membiasakannya untuk bangun di jam yang sama
  6. Biasakan membersihkan bayi/balita saat akan tidur (mencuci tangan & kaki, gosok gigi dan mengganti pakaian dengan baju tidur yang nyaman serta jangan lupa mengganti diapersnya)
  7. Bacakan dongeng dan doa sebelum tidur menjelang tidur malam.
Nah demikian tips yang dapat saya share. Semoga bisa bermanfaat :)

Wassalamualaikum Wr. Wb. 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar