PIN Polio (8 - 15 Maret 2016)

By yeni susanti - 15:23:00


Assalamualaikum Wr. Wb.

Sejak tanggal 8 Maret kemaren hingga berakhir pada hari ini masih diselenggarakan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio yang serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia. Ini merupakan program pemerintah yang telah gencar disosialisasikan sejak beberapa bulan belakangan. Sasaran program ini adalah bayi dan anak-anak usia 0-59 bulan tanpa dipungut biaya alias gratis tissss......





Penyakit polio adalah penyakit yang sangat menular yang menyerang anak balita dan disebabkan oleh virus polio. Virus ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan dapat menyerang susunan saraf pusat serta dapat menimbulkan kelumpuhan. Penyakit polio tidak ada obatnya, namun dapat dicegah dengan imunisasi polio. Imunisasi merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat efektif untuk mencegah penyakit polio.Tempat pemberian imunisasi dilaksanakan di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pondok Bersalin Desa (Polindes), Pos Kesehatan Desa (Poskesdes), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Puskesmas Pembantu (Pustu), klinik swasta dan rumah sakit serta pos pelayanan imunisasi lainnya di bawah koordinasi Dinas Kesehatan setempat. 


Imunisasi polio oral merupakan imunisasi yang sangat aman dan diberikan sebanyak 2 tetes ke dalam mulut anak. Namun bila anak sedang batuk pilek tanpa demam, anak tetap BOLEH mendapat imunisasi polio oral. Bila anak sedang demam atau sakit berat lainnya, maka imunisasi polio oral DITUNDA karena biasanya pemberian vaksin pada anak yang sedang sakit justru akan memperparah sakit yang diderita. Anak balita yang imunisasi polio sudah lengkap, PERLU dan HARUS mendapat imunisasi polio oral saat PIN Polio. Imunisasi polio akan melindungi usus anak dan mengeluarkan virus polio liar yang mungkin ada dalam usus anak. Virus polio liar yang keluar dari usus akan mati dalam beberapa hari.

Pada kenyataannya setiap program yang diselenggarakan oleh pemerintah pasti akan muncul pro dan kontra, termasuk pada program ini. Masih banyak kalangan yang kontra dan tidak sadar manfaat imunisasi. Bahkan masih banyak yang menyebarkan berita-berita yang menyudutkan pemberian vaksin atau imunisasi. Sebagai salah satu orang tua yang pro dengan imunisasi sayapun menhadiri undangan untuk mengikutin PIN Polio di POS PIN terdekat. Saya juga memberikan imunisasi wajib kepada bayi saya mulai dari BCG, HIP, Polio dan Campak dengan harapan anak-anak saya sehat dan menjadi genarasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Amiinnn. 


Wassalamualaiku Wr. Wb.


Sumber :
http://www.idai.or.id/
http://www.parenting.co.id/

  • Share:

You Might Also Like

5 komentar

  1. jadi inget waktu TK dulu abis vaksin polio, saya dikasih biskuit sama petugas puskesmas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biskuitnya sebagai awardnya ya krna habis divaksin? hehehe kemaren Rafa dapet telur rebus hihihi

      Delete
  2. rasanya masih agak inget padahal juga gak pait tapi kok dulu nagngis ya pas di vaksin,, takut kali ya ama dokternya.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya baru liat Tim Medisnya aja dah parno dulu wkwkwkw

      Delete
  3. makasih mbak sharingnya, mga keluarga selalu diberi kesehatan..

    ReplyDelete