List Barang Bawaan Saat Liburan Bersama Si Kecil

March 29, 2016
Assalamualaikum Wr. Wb.

Postingan kali ini bermaksud memberi jawaban kepada beberapa teman yang sering bertanya "Bawa apa aja kalo piknik sama bayi?"

Sebenarnya kurang tepat sih tanya seperti itu kepadaku karena jujur aku bukanlah traveler yang sering jalan-jalan keliling dunia. Hanya saja aku pernah beberapa kali pergi liburan mengajak bayi. Tau sendiri kan bagaimana kebutuhan dan perlengkapan bayi saat bepergian itu dua kali lipat lebih banyak dari orang dewasa. Nah kali ini aku akan sedikit sharing tentang barang-barang bawaan yang mesti disiapkan saat pergi liburan bersama bayi atau balita.


Dokuman Perjalanan
Dokumen perjalanan seperti Pasport, tiket dan kartu identitas adalah hal wajib yang tidak boleh sampai terlupa.

Uang Tunai (Rupiah dan Sejumlah uang sesuai dengan mata uang negara tujuan).

Perlengkapan Bayi
  1. Pakaian, tinggal kalikan saja lama liburannya jika berlibur selama 3 hari maka lebih amannya adalah membawa 3 x 3 pasang pakaian, karena biasanya aku mengganti pakaian bayi saat siang hari setelah usai makan siang agar bayi tetap nyaman.
  2. Jaket, selimut dan Topi.
  3. Kaos kaki dan sepatu/sandal (alas kaki).
  4. Diapers. Kebutuhan yang ini wajib a'in bawa dan jangan sampai di pas bawanya karena kita tidak tau bayi bisa BAK dan BAB berapa kali. Jadi lebih baik bawa lebih.
  5. Tisue Basah dan Kering (ukuran travel pack agar hemat tempat).
  6. Gendongan/baby carrier. 
  7. Perlengkapan Mandi Bayi (handuk, baby shoap & shampo pilih yang head to toe agar praktis, minyak telon, baby oil, sikat & pasta gigi, washlap,dll). Perlengkapan mandi bayi juga jangan lupa dibawa. Biasanya beberapa tempat memang menyediakan perlengkapan mandi namun tidak dikhususkan untuk bayi. Karena kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut, menggunakan sabun atau produk mandi untuk dewasa sangat tidak dianjurkan. Bawalah perlengkapan mandi khusus bayi  dengan menyimpannya di dalam wadah kecil nan praktis hingga mudah dan ringan dibawa.
  8. Perlengkapan ASI/Sufor (Botol Susu/dot bawa dobel 2 atau 3 botol, breastpump dan nursing cover bagi yang menyusui). 
  9. Perlengkapan MPASI/feeding set (Botol air mineral, gelas/cup, mangkuk/piring, sendok & garpu, slabber). Khusus untuk bayi yang masih MPASI bubur dapat membawa bahan makanan, mini cooker dan saringan kecil. Sedangkan untuk bayi yang lebih besar bisa mengikuti menu makan kita tinggal menyesuaikan saja dengan kemampuan makan anak. 
  10. Biskuit/camilan bayi dan air mineral.
  11. Obat-obatan.
  12. Kantong plastik kecil untuk membuang diapers kotor dan laundry bag untuk memisahkan pakaian kotor saat akan packing pulang.
  13. Payung kecil.
  14. Perlengkapan mencuci. Sikat botol/sabut dan sabun cuci piring untuk mensterilkan perlengkapan ASI dan MPASI.
Perlengkapan Kita.
Kalau yang ini simple aja sih cukup pakaian secukupnya, kebutuhan ibadah (mukena & sajadah atau sarung untuk ayah) dan makeup set. Untuk pakaian aku memilih yang simple, ringan dan tipis sehingga mudah dipack, juga memilih pakaian khusus menyusui/nursing wear agar lebih nyaman jika menyusui di tempat publik.

Elektronik/Gedget.
Kamera, Handphone, Charger baterenya, Power Bank dan tongsis untuk yang hobi selfie.

Dari sekian barang yang harus dipacking, aku membaginya menjadi 3 tas yaitu koper, diapers bag dan  gedget bag. Diapers bag untuk membawa keperluan si kecil dalam waktu sekali jalan. Di dalam diapers bag yang perlu dibawa adalah satu set pakaian bayi, jaket, tisue, camilan, air mineral, susu dan botol susu cadangan bagi yang bayinya minum sufor, 2 buah popok/diapers, obat-obatan dan minyak telon. Sedangkan Gedget Bag berisi seluruh barang elektronik dan dokumen perjalanan. Diapers bag mesti dibawa ke kabin bersamaan dengan Gedget Bag jika perjalanan menggunkan pesawat dan sisanya seluruh barang masuk koper di bagasi.

Mungkin masih banyak perlengkapan lainnya yang dibutuhkan si kecil atau hanya beberapa dari list diatas yang Mommies perlukan. Sesuaikan saja dengan kebutuhan serta waktu dan tempat berlibur namun yang pasti sebelum pergi berlibur buatlah check list dan periksa kembali bawaan si kecil dan jangan sampai ada yang tertinggal. Asalkan semuanya direncanakan dengan baik, pasti liburan si kecil jadi lebih menyenangkan.


Wassalamualaikum Wr. Wb.

No comments:

Powered by Blogger.