"PIKNIK biar gak PANIK"

November 10, 2015
Assalamualaikum Wr. Wb.

Haiii Bro and sist traveler.. :) Weekend lalu tepatnya di hari Sabtu (30-10-2015) aku bersama teman-teman kantor merelaisasikan rencana dolan yang mereka sebut "PIKNIK biar gak PANIK" hehehe. Acara itu bukanlah yang diagendakan dan dirancang matang-matang seperti layaknya jika Company mau pergi wisata. Kita sengaja mencari lokasi yang terdekat namun tetap memberikan kesan yang luar biasa karena memang kita ini orang-orang yang #kurangpiknik. Kita memilih Jogja sebagai tujuan piknik kita kali ini, eh tepatnya Gunung Kidul ding... :D Pantai Indrayanti menjadi tujuan pertama kita untuk melampiaskan kepenatan kita dalam mengahadapi padatnya pekerjaan menjelang akhir tahun. 


Kita menghabiskan waktu di Pantai Indrayanti dengan berenang, bermain pasir, berjemur (gaya bingits) sepuasnya dan ditutup dengan acara Lunch di tepi pantai yang ditemani dengan deburan suara ombak dan semilirnya angin pantai.. huhhhh nikmat dan segernyaaaaaaaaaaa...

Perjalanan selanjutnya adalah eng...ing..eng.. kita belum punya lokasi tujuan selanjutnya huhuhu, pikiran awal kita mau ke Jogja "Malioboro" karena mayoritas peserta piknik kita bapak-bapak jadi agak kurang sreg kalo ke Malioboro karena disana ujung-ujungnya bakal belanja kan. Dengan saran bapak sopir yang kita sewa akhirnya kita ke Taraaaaaaaaaaaaaaaaa "LAVATOUR MERAPI" yaitu salah satu wisata petualangan paling favorit di Jogja. Diawali dengan letusan gunung merapi pada 2010 yang menyebabkan sebagian besar penduduk termasuk Mbah Maridjan sebagai juru kunci menjadi korban, menjadikan kawasan merapi menjadi wilayah yang memiliki nilai sejarah tersendiri bagi warga Jogja dan sekitarnya.


Tiba dilokasi sudah jam 15:30 WIB jadi diputuskan untuk mengambil Short Route agar sebelum waktu Magrib tiba petualangan kita telah selesai sehingga tidak menggangu wajib ibadah kita. Short Route merupakan rute standar yang paling digemari oleh wisatawan, dapat dilakukan oleh perorangan maupun rombongan dengan jumlah penumpang 4 sampai 6 orang dengan rute: Basecamp — Museum — Batu Alien — Kali Opak— Dusun Kepuharjo — Kali Kuning. Tarif Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) dengan waktu Tempuh 1 s.d 1,5 Jam Perjalanan. Selain paket Short Route kita juga bisa memilih paket lain sebagai berikut :
  1. Merapi Sunrise Tour. Lava Tour merapi yang dilakukan pada pagi hari, Perjalanan dimulai pada pukul 4 pagi dari basecamp 86 Merapi Jeep Tour Community menyusuri area – area ekstrim dengan tujuan akhir Dusun Kaliadem yang merupakan wilayah tertinggi yang dapat dijangkau sambil menikmati Sunrise di area lereng Merapi dengan hawa dingin dan udara segar.
  2. Merapi Lava Tour Paket Malam. Nikmati sensasi luar biasa menyelusuri kawasan merapi dimalam hari, Perjalanan dimulai pada pukul 18.30 WIB dari basecamp dengan menyusuri Kali Opak dilanjutkan dengan rute yang telah ada dengan tujuan akhir Dusun Kaliadem sambil menikmati keindahan kota jogja dan sekitarnya dari area lereng Merapi. Biaya yang diperlukan untuk paket ini adalah sekitar Rp. 400.000 yang ditempuh dalam waktu sekitar 1 hingga 2 jam.
  3. Merapi Lava Tour Medium Route/Rute Sedang. Rute ini merupakan rute bagi anda yang menyukai petualangan di alam bebas, cocok digunakan untuk para pecinta alam, pemerhati alam bebas hingga para peneliti. Paket ini meliputi rute: Basecamp — Kali Opak — Dusun Petung — Gardu Pandang Kopeng — Hamparan Material Merapi Kali Gendol — Air Panas Cangkringan — Batu Gajah Kepuharjo Makam Massal Korban Merapi. Tarif : Rp. 400.000,- (Empat Ratus Puluh Ribu Rupiah) yang ditempuh dalam waktu 2 s.d 3 jam Perjalanan. 
  4. Merapi Lava Tour Long Route/Rute Panjang. Rute ini adalah rute yang paling sering digunakan oleh para peneliti baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Rute ini juga sangat sesuai bagi anda yang memiliki kegemaran wisata alam, rute ini melalui: Basecamp — Kali Opak — Dusun Petung — Gardu pandang Kopeng — Batu Gajah Kepuharjo — Makam Alm. Mbah Maridjan — Air Panas Cangkringan — Hunian Sementara Korban Merapi — Makam Massal Korban Merapi. Tarif : Rp. 500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah). Waktu Tempuh rata-rata 3 Jam Perjalanan atau bahkan lebih.



Penasaran ???? Aku yakin kalo kalian punya nyali petualang pasti kebelet pengen menyusuri semua paket Rute Lava Tour ini. Piknik kita kali ini ditutup dengan makan malam di Jejamuran Resto. Kuliner Jogja dengan menu JAMUR.


Wassalamualaikum Wr. Wb.


6 comments:

  1. sekali-kali emang kita butuh piknik biar pikiran fresh juga pastinya...

    ReplyDelete
  2. Heuuuu, adik saya kuliah di UGM, juga sering ke Jogja, tapi kenapa yah kok mainnya nggak pernah nyampe ke tempat-tempat asik tersebut. Makasih referensinya. Nanti ke sana deh :D

    Salam kenal. Saya follow yaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dicoba say tempat2 itu recomendedlah pokonya :)

      Delete
  3. aww jadi pengen piknik abis baca artikel ini :)

    btw, salam kenal ya mba..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan pesan, senang dapat sharing dengan Anda :)

Powered by Blogger.