Tips jika bayi DBD

By yeni susanti - 14:44:00

Assalamualaikum Wr. Wb.


Dua bulan yang lalu, tepat saat Arrafa berumur 7 bulan Allah memberikan ujian sakit kepadanya. Bayi sekecil itu harus merasakan sakit akibat serangan viruse DBD yang konon katanya berbagai rasa sakit bisa dirasakan saat virus itu menyerang.Gejala awal DBD terkadang tidak kita sadari namun jika kita cermati dengan baik tanda-tanda itu sudah muncul sejak awal.
  1. Bayi akan mengalami demam diatas 38 derajat Celcius hingga 3 hari. Berikan obat penurun panas (Paracetamol) untuk meredakan panasnya dan berikan cairan lebih banyak dari biasanya karena demam tinggi akan mengakibatkan dehidrasi.
  2. Segera konsultasikan ke Dokter jika demam tidak turun2, biasanya dokter akan menyarankan untuk cek darah di lab. Lebih baik lakukan cek darah pada hari ke 3 sejak mulai panas karena gejala DBD pada hari sebelum hari ke 3 kadar trombosit masih normal. 
  3. Jika melakukan cek darah disarankan tidak hanya cek darah rutin saja tapi sekaligus pemeriksaan Dengue NS1 Antigen. Pemeriksaan terhadap antigen non struktural-1 dengue (NS1) dapat mendeteksi infeksi virus dengue dengan lebih awal dari pemeriksaan antibodi dengue, dan bahkan dapat terdeteksi pada hari pertama mulai demam. Pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan pada penderita demam yang disertai dengan gejala klinis infeksi virus dengue pada hari 1-3 mulai demam. Bila hasilnya negatif tetapi gejala infeksi virus dengue menetap, dianjurkan untuk periksa Anti-Dengue IgG & IgM, serta hematologi rutin.
  4. Jika positif (+) terkena virus DBD segara saja lakukan perawatan inap untuk memastikan terpenuhinya cairan tubuh melalui infus.
  5. Berikan asupan dengan gizi seimbang untuk menghindari kadar trombosit yang terus menurun.
  6. Jika kadar trombosit mencapai < 25.000/mm3 jangan lakukan hal-hal yang akan memicu terjadinya luka seperti menggosok gigi yang mengakibatkan pendarahan pada gusi atau memotong kuku.
  7. Bayi akan rewel dan terus menangis karena menahan sakit jadi selalu hibur untuk mengalihkan sakitnya. 
  8. Agar tetap nyaman gantilah popok bayi setiap 2 jam karena bayi akan terus BAK untuk menurunkan suhu tubuhnya.
  9. Penderita DBD tidak ada obat, namun akan sembuh dengan sendirinya asalkan asupan yang masuk ketubuh cukup, jadi selalu tawarkan makan dan minum dan jika terpaksa berikan suplemen tambahan untuk meningkatkan nafsu makannya.
  10. Pasien dapat dirawat dirumah setelah kadar trombosit sudah kembali ke angka diatas 100.000/mm3. 
Wassalamualaikum Wr. Wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar