Menjadi Calon Ibu

October 15, 2014
Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillah usia kandunganku sekarang sudah menginjak usia 30 minggu pada hari ini. Sejauh ini, telah banyak hal yang aku rasakan dalam menjalani masa kehamilan. Aku seperti menemukan pengalaman baru yang penuh dengan perasaan haru. Senin (13/10) kemarin adalah jadwal konsultasi ke Dokter Sp.OG dan menurut hasil pemeriksaan Alhamdulillah kondisi janin sehat dan selalu bergerak aktif. Memang setelah masuk trisemester ketiga berbagai perasaan muncul, terkadang kecemasanpun juga melanda, yang dapat aku lakukan hanyalah memohon kepada Allah agar senantiasa diberikan kesehatan kepada calon bayiku sampe kelak ia lahir dan melihat indahnya dunia ini. Aku juga berharap dan berdoa semoga kelahirannya nanti normal dan lancar.. Amiin ya Robbal alamin.

Pada minggu ke 30 ini banyak perubahan yang aku alami dan aku rasakan, terkadang merasa lelah karena tubuh membawa berat janin tambahan dan rahim yang terus berkembang memberikan tekanan tambahan pada organ-organ dan sistem-sistem tubuh yang lainnya.

30 Weeks of Pregnancy

Dari berbagai sumber yang aku baca, pada usia 30 minggu janin akan terus bertambah berat secara stabil dan memiliki lapisan-lapisan penyekat lemak yang penting pada tubuhnya. Pada kehamilan 30 minggu, janin beratnya sekitar 1500 gram dan panjangnya sekitar 27 cm dari puncak kepala sampai bokong, atau kira-kira sepanjang seikat seledri. (Tungkai dan kakinya menambah ukuran ini beberapa cm lagi). Berdasarkan hasil periksa yang terakhir aku lakukan berat janinku sudah 1600 gram dan menurut Dokter masih masuk kategori normal artinya tidak kekurangan atau kelebihan berat dan masih sesuai.

Sejak minggu ini sampai kehamilan minggu 37, janin mendapatkan pertambahan berat yang mengesankan, yaitu 250 gram seminggu. Janin mungkin menghasilkan gerakan-gerakan bernapas ketika ia menggerakkan diafragma secara berirama. Bahkan aku telah merasakan kedutan ringan di dalam rongga perut. Otak janin juga terus meluas dan berkembang, menciptakan alur dan lipatan tambahan di permukaan otak. Lipatan - lipatan ini memberikan kepada jaringan otak janin ruang yang dibutuhkan untuk meluas ketika ia berkembang dan belajar sepanjang hidupnya.

Subhanallah Maha Besar Allah :)
Wassalamualaikum Wr. Wb

2 comments:

  1. selamat ya mbak,,ikut senang deh,,semoga aku ketularan juga ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbk :) Mudah-mudahan segara ketularan.. Amiinnn

      Delete

Powered by Blogger.