Batik Mix 2014 (Fashion Competition)

By yeni susanti - 10:22:00

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat siang teman-teman yang berada di Kota Solo sekitarnya dan dimanapun kalian berada :) Kali ini aku akan mengajak kalian untuk melihat bagaimana perkembangan batik dan minat masyarakat terhadapnya. Selain itu aku juga akan menginformasikan tentang salah satu event Batik yang akan diselenggarakan oleh Jurusan Kriya Tekstil FSSR UNS dalam waktu dekat ini.

Kain batik yang diidentikkan sebagai kain Nusantara kini berkembang menjadi industri modern. Konsekuensi dari masuknya batik ke dalam industri modern, perkebangan batik dituntut mengikuti perkembangan zaman, sesuai perkembangan mode dan dengan tuntutan pasar. Perkembangan batik yang mengikuti perkembangan zaman dari tahun ke tahun akhirnya menunjukkan dinamika beragam. Batik sebagai produk seni adiluhung, awalnya kelahirannya banyak diwarnai simbol-simbol keraton. Penggunaannya pun seperti masih terbatas didominasi oleh kalangan keraton. Tapi akibat pergeseran waktu, batik pun kemudian menjadi komoditas yang diperdagangkan secara luas. Dewasa ini, penggunaan batik sudah mulai memasyarakat. Batik juga sudah mulai digunakan tidak hanya dalam upacara adat, namun juga dalam keseharian. Mulai bermunculan baju-baju yang bermotif batik.

Melihat begitu banyaknya tuntutan pasar terhadap karya-karya pengrajin batik, maka  Jurusan Kriya Tekstil FSSR UNS sebagai salah satu institusi yang paham betul terhadap tekstil akan menyelenggarakan sebuah Fashion competition bertajuk "Batik Mix 2014". Salah satu tujuannya adalah memunculkan orang-orang kreatif yang akan membawa perubahan besar terhadap akulturasi budaya batik di Indonesia.

Sumber : http://tekstil.fssr.uns.ac.id
Bagi teman-teman designer yang berminat untuk berpartisipasi dalam event besar tersebut bisa mulai mendaftarkan diri mulai saat ini. Sementara bagi teman-teman pecinta fashion juga dapat ikut menyemarakkannya sebagai audience.

Selamat siang dan selamat berkarya :)
Wassalamualaikum Wr. Wb

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar